2-3 TAHUN
30 April 2019

Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Anak Tak Tenggelam Saat Berenang, Catat!

Agar kegiatan berenang tak jadi berbahaya, perhatikan hal berikut!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Kolam renang menjadi salah satu kegiatan favorit bagi para anak-anak. Karenanya, banyak juga wisata air dengan ragam wahana yang bisa dimainkan oleh Si Kecil.

Namun, penting juga bagi Moms untuk selalu mendampingi Si Kecil saat bermain di kolam renang. Menjadi ketakutan terbesar orangtua jika Si Kecil belum mampu berenang dengan baik dan akhirnya tenggelam.

Karenanya penting bagi para orangtua untuk memastikan cara menjaga anak-anak tetap aman saat bermain di air. Tenggelam adalah penyebab utama kematian karena kecelakaan di kalangan anak-anak usia 1 hingga 4 tahun, menurut CDC.

Dikutip dari Parents.com, Sue Mackie, direktur eksekutif USSSA (United States Swim School Association), menyarankan mengikuti pedoman ini sehingga Moms tidak menempatkan anak-anak pada risiko yang lebih tinggi saat anak berenang:

Baca Juga: Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Mengajak Anak Camping

1. Jangan Cuek Saat Memasuki Air

renangg1

Foto: familyvacationcritic.com

Buat proses yang harus dilalui anak sebelum memasuki kolam, seperti memakai popok berenang, mengganti pakaian renang, dan mengoleskan tabir surya.

"Memiliki rutinitas akan mengajarkan anak Anda bahwa berenang tidak bisa dilakukan langsung dan kapan saja, dan itu dapat membantu mengurangi kemungkinan anak Anda tergoda untuk mencoba berenang tanpa Anda sadari," kata Mackie.

2. Jangan Biarkan Anak Memutuskan Kapan Ia Bisa Memasuki Kolam Renang

"Buat isyarat verbal untuk anak yang harus Anda berikan sebelum ia bisa memasuki kolam," kata Mackie.

"Ini menciptakan penghalang tambahan bagi anak jika digunakan secara konsisten. Dia akan mengetahui bahwa untuk melompat ke kolam memerlukan izin terlebih dahulu," tambahnya.

3. Jangan Pernah Menggunakan Alat Untuk Mengapung

renangg2

Foto: kkrv.com

Jaket pelampung dirancang untuk menyelamatkan anak dari tenggelam, namun harus selalu dipakai di dekat perairan terbuka seperti danau atau laut, alat pengapungan dapat terlepas dari genggaman anak jika dipakai di daerah kolam renang.

"Ini bisa menciptakan rasa aman palsu di sekitar air," kata Mackie. "Lebih baik, ajari anak-anak bagaimana menemukan jalan keluar, dengan mengamati, memanjat, atau berenang menuju tangga keluar yang aman di sekitar kolam," jelas Mackie.

4. Jangan Selalu Gunakan Kacamata Renang di Kolam Renang

"Ajari mereka untuk membuka mata mereka di bawah air sehingga jika mereka jatuh, mereka dapat membuka mata mereka dan menemukan sisi atau langkah dan meninggalkan kolam dengan aman," kata Mackie.

Karenanya, kurang disarankan untuk membuat anak sedikit tergantung dengan kacamata renang.

Baca Juga: Benarkah Ada Hubungannya Kecakapan Anak Berbicara dan Sikat Gigi pada Anak?

5. Jangan Biarkan Rasa Takut Moms Menahan Si Kecil Untuk Belajar Berenang

healthy boy butterfly style swims in swimming pool asian young kid training with swim goggles h0 jiehm f0012

Foto: videoblocks.com

Jangan panik jika Si Kecil mencelupkan diri mereka ke bawah permukaan kolam atau mentransfer perasaan takut kepada anak jika itu terjadi.

"Untuk anak-anak yang sangat muda, latihlah agar mereka meletakkan seluruh wajah mereka di bawah air di bak mandi dan meniupkan gelembung untuk membangun kenyamanan mereka dengan air," kata Mackie.

Tentu saja, selalu jaga anak-anak di bawah pengawasan saat ia berada di sekitar air, perhatikan area yang berbahaya untuk anak seusianya, dan ketahui teknik CPR.

(AP/INT)

Artikel Terkait