NEWBORN
1 April 2019

Perhatikan 5 Tanda Bayi yang Mau Tumbuh Gigi

Demam dan rewel identik dengan kondisi bayi yang mau tumbuh gigi, ini ulasan selengkapnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sudah menjadi anugerah bagi orang tua mendapat kesempatan untuk merawat anaknya sejak dilahirkan sampai tumbuh dewasa.

Salah satu fase yang menyenangkan tapi juga menantang yang dialami Moms adalah fase bayi yang baru tumbuh gigi. Bayi pertama kali tumbuh gigi biasanya di usia 6 sampai 10 bulan.

Pertumbuhan gigi adalah fase yang penting karena berpengaruh pada tumbuh dan kembang anak ke depannya. Perlu diketahui bahwa gigi merupakan gerbang utama dalam sistem pencernaan, sehingga kesehatannya perlu dijaga sejak gigi anak pertama kali tumbuh.

Fase tumbuh gigi memang membuat tidak nyaman karena sakit yang ditimbulkan. Tak seperti orang dewasa yang mudah mengutarakan apa yang dalam pikirannya, bayi yang baru tumbuh gigi tidak mampu menyampaikan hal yang ia rasakan.

Jadi, proses tumbuh gigi pada bayi identik dengan rewel dan sering menangis. Tenang saja, Moms, hal tersebut adalah hal yang wajar.

Yang terpenting adalah orang tua mengetahui tanda-tanda yang ditunjukkan pada bayi ketika mau tumbuh gigi.

Dokter Gigi Spesialis Anak Brawijaya Children and Women Clinic Bandung, drg. Rizka Aulia Zaim, mengatakan bahwa Moms harus mengenali tanda-tanda bayi yang mau tumbuh gigi.

Apa saja tanda-tandanya? Yuk kita cari tahu Moms!.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Teething Alias Tumbuh Gigi Pada Bayi

1. Mengeluarkan Air Liur

perhatikan 5 tanda bayi yang mau tumbuh gigi 2

Foto: momjunction

Menurut drg. Rizka, tanda utama yang dapat dikenali ketika bayi mau tumbuh gigi adalah hipersalivasi atau mengeluarkan air liur atau yang lebih dikenali dengan istilah ngeces. Produksi air liur bertambah menjadi hal yang wajar ketika bayi mau tumbuh gigi.

Produksi air liur berlebih juga membuat area mulut bayi menjadi lembap, untuk itu selalu lap bersih dengan kain atau tisu lembut untuk menghindarkan ruam kemerahan di area mulutnya.

2. Gusi yang Terasa Gatal

perhatikan 5 tanda bayi yang mau tumbuh gigi 3

Foto: parents

“Biasanya bayi yang mau tumbuh gigi juga merasakan gatal, linu, dan agak kebas di bagian gusinya,” ujar drg. Rizka kepada Kulwap Orami Community pada Kamis (14/2).

Untuk itu, Moms bisa melihat bagian gusi bayi jika terlihat memerah dan bengkak yang disebabkan rasa gatal tadi, maka hal tersebut bisa jadi tanda ia akan segera tumbuh gigi.

3. Bayi Menjadi Mudah Rewel

perhatikan 5 tanda bayi yang mau tumbuh gigi 4

Foto: parenting.firstcry

Kondisi ini dipengaruhi oleh rasa tidak nyaman yang bayi rasakan ketika mau tumbuh gigi. Bayi menjadi mudah rewel terlebih di malam hari karena pertumbuhan gigi mengalami peningkatan pada waktu malam.

Baca Juga: Kenali Proses Pertumbuhan Gigi Bayi

4. Hilang Nafsu Makan

perhatikan 5 tanda bayi yang mau tumbuh gigi 5

Foto: momjunction

Bayi yang mau tumbuh gigi juga biasanya hilang nafsu makannya. Kondisi ini terjadi karena gusi yang terasa gatal sehingga membuat makanan yang masuk menjadi tidak nyaman.

Untuk menyiasatinya, Moms bisa memberikan potongan buah atau makanan yang sudah didinginkan agar ia tetap bisa makan. Ingat, meskipun bayi sedang tumbuh gigi, asupan gizinya harus tetap terpenuhi ya.

5. Demam

perhatikan 5 tanda bayi yang mau tumbuh gigi 6

Foto: babycarejournals

Demam dapat menjadi tanda bayi yang tumbuh gigi karena peradangan gusi yang dialaminya. Namun, menurut drg. Rizka, gejala demam ini tidak sepenuhnya terjadi karena pertumbuhan awal gigi bayi.

“Pada dasarnya, demam merupakan tanda awal dari adanya suatu infeksi, bisa infeksi bakteri, jamur, atau parasit-parasit lain. Demam yang sering dikaitkan dengan tumbuh gigi sebenarnya terjadi karena infeksi akibat kebersihan bayi tidak terjaga. Anak cenderung memasukkan apa pun ke mulutnya, bajunya jadi basah karena ngeces, dan ini bisa menjadi pemicu infeksi,” ungkap drg. Rizka.

Nha, sudah tahu kan Moms apa saja tanda-tanda Si Kecil sedang tumbuh gigi? Tanda-tanda di atas akan membuat Moms harus lebih teliti dalam melihat perkembangan bayi dan tentunya tidak lupa untuk menjaga kebersihan tubuhnya.

Fase tumbuh gigi memang sedikit menantang, tapi fase ini penting untuk masa depan Si Kecil.

(DG/AND)

Artikel Terkait