TRIMESTER 1
31 Mei 2019

Perhatikan, Begini Cara Memenuhi Asupan Vitamin A untuk Ibu Hamil

Ada banyak manfaat vitamin A saat hamil, ini cara memenuhinya!
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Asupan vitamin saat hamil sangat penting untuk diperhatikan. Nah, salah satunya Moms harus memperhatikan vitamin A untuk ibu hamil. Vitamin A berkontribusi untuk perkembangan mata. Ini juga penting untuk kekebalan dan produksi sel kulit serta kantung udara kecil, yang disebut alveoli, di paru-paru janin. Lalu, bagaimana memastikan asupan vitamin A untuk ibu hamil cukup?

Aturan Asupan Vitamin A untuk Ibu Hamil yang Aman

Begini Cara Memenuhi Asupan Vitamin A untuk Ibu Hamil 01.jpg

Vitamin A terdiri atas dua jenis yaitu retinol dan beta karoten. Retinol ditemukan beberapa produk daging, ikan serta olahan susu dan telur. Sementara beta-karoten adalah zat dalam buah dan sayuran yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A1.

Lantas, apakah vitamin A ini buruk untuk kehamilan?

“Mendapatkan jumlah vitamin A yang tepat dalam kehamilan adalah tindakan yang seimbang; terlalu banyak dapat membahayakan bayi Anda yang sedang berkembang dan menyebabkan cacat lahir,” kata Pascal G dalam bukunya Vitamin A in Pregnancy: Requirements and Safe Limits.

Sementara vitamin A terlalu sedikit membawa risiko tertentu untuk janin dan perkembangan janin. Maka, agar asupannya seimbang ada baiknya Moms melakukan beberapa panduan berikut ini.

Baca Juga: Seberapa Penting Pemberian Vitamin Pada Balita?

Vitamin A dalam kehamilan sedikit lebih tinggi dari normal, yaitu 100mcg per hari. Setelah Moms mulai menyusui, kebutuhan akan meningkat lebih lanjut, menjadi 350mcg per hari.

Vitamin A ditemukan dalam makanan susu dan beberapa buah dan sayuran, kebanyakan orang mendapatkan semua vitamin A yang mereka butuhkan dari makanan yang seimbang. Untuk mendapatkan sumber retinol, Moms bisa mendapatkannya dari keju, yoghurt, dan telur.

Sementara asupan beta-karoten dalam vitamin A bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Wortel, jeruk, ubi jalar dan aprikot menjadi penting untuk asupan vitamin A untuk ibu hamil. Moms juga harus menghindari beberapa hal yang dapat membuat asupan vitamin A berlebihan.

Makanan tertentu yang tinggi vitamin A, seperti hati, ada dalam daftar makanan yang harus dihindari dalam kehamilan. Selama Moms menghindari makanan-makanan ini, asupan Moms harus berada dalam tingkat yang aman dan tidak menimbulkan risiko pada perkembangan janin. Beberapa suplemen non-kehamilan juga mengandung vitamin A tingkat tinggi, seperti minyak ikan cod, yang harus dihindari.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Vitamin D Bagi Kesehatan

Mengapa Vitamin A Penting Bagi Ibu dalam Kehamilan?

Begini Cara Memenuhi Vitamin A Saat Hamil 02.jpg

Setelah mengetahui asupan vitamin A untuk ibu hamil yang cukup, tentu Moms bertanya apa alasan vitamin A penting untuk ibu hamil? Nyatanya, vitamin A berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Vitamin A bermanfaat bagi kesehatan Moms selama kehamilan. Asupan yang memadai dan aman adalah penting pada semua tahap.

Namun, risiko defisiensi lebih tinggi selama trimester ketiga ketika kebutuhan meningkat karena percepatan perkembangan janin dan peningkatan volume darah. Tubuh akan secara alami memprioritaskan kebutuhan janin dalam kandungan, itulah sebabnya Moms perlu lebih banyak lagi.

Suplai vitamin A yang sehat selama kehamilan meningkatkan persediaan alami bayi dalam persiapan untuk beberapa bulan pertama kehidupan Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak, artinya disimpan dalam hati dan sel-sel lemak di tubuh.

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Vitamin Ikan?

Suplai vitamin A yang sehat selama kehamilan meningkatkan persediaan alami bayi Anda dalam persiapan untuk beberapa bulan pertama kehidupan6 Kadar vitamin A yang rendah dapat memengaruhi fungsi kekebalan bayi Anda setelah lahir, menjadikannya lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Nah, apa cara Moms untuk memenuhi asupan vitamin A untuk ibu hamil?

(GSA)

Artikel Terkait