BALITA DAN ANAK
25 Juli 2019

Tak Bisa Sembarangan, Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Sekolah untuk Anak dengan Autisme

Jangan memilih sekolah bilingual bila anak tidak dibiasakan berkomunikasi dengan bahasa asing.
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Berbicara mengenai pendidikan, setiap orang tua tentu memiliki harapan, impian, dan rencana untuk anak mereka. Pendidikan adalah satu hal wajib yang perlu didapatkan oleh setiap anak, termasuk bagi anak dengan autisme.

Sayangnya, meskipun anak merasa siap untuk sekolah, tetapi belum tentu lingkungan sekolah siap untuk anak dengan autisme.

Peran Moms penting dalam memilih sekolah untuk anak dengan autisme, karena Moms yang paling mengerti akan kondisi dan kebutuhan Si Kecil.

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Konsultan Psikiatri Anak - Remaja RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr. Anggia Hapsari, Sp. KJ (K), menjelaskan hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam memilih sekolah untuk anak dengan autisme.

Baca Juga: 7 Tips Mengasuh Anak dengan Autisme

Pertimbangan Memilih Sekolah untuk Anak dengan Autisme

memilih sekolah untuk anak dengan autisme

"Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah apakah anak perlu dimasukkan ke sekolah khusus atau tidak, orang tua perlu mencermati keseharian anaknya dengan sejumlah pertanyaan," jelas dr. Anggia.

Beberapa pertanyaan yang dimaksud yaitu sebagai berikut:

  • Bisakah dia duduk diam di kelas selama jangka waktu yang lama?
  • Bisakah dia mengikuti aturan?
  • Bisakah dia memahami instruksi orang lain?
  • Bisakah dia mengendalikan emosinya ketika ada sesuatu yang tak berkenan terjadi?

Jika dari pertanyaan tersebut memiliki jawaban "tidak”, maka menurut dokter Anggia tidak ada sisi positifnya memaksa anak masuk sekolah umum.

"Lebih baik masukkan Si Kecil ke sekolah khusus saja (sekolah inklusi/homeschooling/lainnya) untuk mendukung perkembangannya," tambah dr. Anggia.

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Traveling Bersama Anak dengan Autisme

Menentukan Lingkungan Sekolah untuk Anak dengan Autisme

memilih sekolah untuk anak dengan autisme

Usai Moms sudah menentukan jika anak lebih baik masuk ke sekolah khusus atau sekolah umum, setelah itu Moms bisa mencari tahu bila lingkungan calon sekolah yang akan menjadi tempat belajar Si Kecil baik untuknya.

"Setelah memutuskan untuk memilih jenis sekolah yang mana, maka mulailah Anda memilih lingkungan sekolah dengan mempertimbangkan beberapa hal," terang dr. Anggia.

Beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan bagi Moms untuk menentukan lingkungan sekolah yang baik bagi Si Kecil dengan autisme yaitu sebagai berikut:

  • Cari lingkungan sekolah yang kondusif.
  • Pilih sekolah yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah sehingga bisa menghemat waktu, biaya transportasi dan tenaga.
  • Pilih kurikulum yang sesuai kebutuhan anak.
  • Pilih bahasa pengantar yang dapat dipahami anak. Jangan memaksakan dimasukkan ke sekolah bilingual, jika anak tak bisa berbahasa asing dan keluarga juga tidak menerapkan kebiasaan berbahasa asing. Hal ini dapat menghambat perkembangan komunikasi.
  • Perhatikan rasio jumlah murid per kelas. Sebaiknya, satu kelas memiliki 2 guru dengan jumlah anak maksimal 15 orang.
  • Pilih sekolah dengan biaya yang sesuai dengan kemampuan orang tua karena pendidikan merupakan program jangka panjang.
  • Lakukan survei dan observasi terlebih dahulu, pada saat proses belajar mengajar sedang berlangsung.
  • Cari informasi tidak hanya dengan pengelola sekolah, tapi juga dari orangtua murid yang anaknya sudah bersekolah di sana. Hal ini akan sangat berguna untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sekolah tersebut bila sudah ada komentar dari kerabat.

Baca Juga: Kondisi Keuangan Tidak Stabil, Begini Cara Mengatur Dana Pendidikan Anak

Nah, itu dia beberapa hal yang harus Moms perhatikan dalam memilih sekolah untuk anak dengan autisme. Tentu kita ingin yang terbaik untuk Si Kecil bukan?

Artikel Terkait