BALITA DAN ANAK
9 Oktober 2019

Perhatikan, Ini 5 Tanda Pencernaan Balita Moms Bermasalah!

Gangguan pencernaan pada balita sangat menyiksa buat si penderita.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Moms, selalu perhatikan si kecil. Terutama saat masih balita. Karena, ada beberapa hal yang bisa sangat mengganggu kesehatannya.

“Gangguan pencernaan misalnya. Meski bisa diderita siapa saja, gangguan pencernaan pada balita sangat menyiksa buat si penderita. Untuk itu, kita perlu menanganinya sejak dini.” Kata Amy Lynn Stockhausen, M.D., seorang profesor asosiasi pediatri umum dan kedokteran anak di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Wisconsin.

Apa saja tanda-tanda pencernaan si kecil bermasalah? Baca tanda-tanda ini!

Baca Juga: 3 Masalah Pencernaan Anak

1. Sakit Perut Berulang

treating-kids-belly-aches-article-4-3.jpg

Foto: scholastic.com

Gejala sakit perut ini sakitnya lebih dari sakit perut biasa, dan bisa berlangsung lama. Bisa sampai tiga bulan.

Penyebabnya bermacam-macam, bisa diakibatkan karena sosial, psikologis, atau sesuatu yang memicu stres pada anak.

Penanganannya adalah dengan mengetahui penyebab dari masalah anak, yaitu masalah sosial atau psikologisnya. Coba Moms tanyakanpada si kecil, lalu konsultasikan dengan psikolog anak, selain dengan dokter anak.

2. Feses Keras, Kering, dan Sulit Keluar

Kondisi ini kerap menimbulkan rasa nyeri ketika anak buang air besar (BAB). “Gejala ini sering disebut sebagai gejala konstipasi. Jika hal ini terjadi dan diikuti dengan demam, muntah, serta berat badan turun, segera periksakan si kecil ke dokter,” jelas Dr Stockhausen.

Baca Juga: GERD, Gangguan Pencernaan yang Mirip Serangan Jantung

3. Feses Cair dan Frekuensi BAB Sering.

stool-soiling.jpg

Foto: familydoctor.com

Frekuensi sering bisa dikatakan jika buang air besar (BAB) lebih dari tiga kali sehari, biasa disebut sebagai diare. Penyebab diare pun beragam, bisa dari infeksi bakteri atau virus, reaksi terhadap sesuatu yang dimakan.

Penanganannya dengan memberikan cairan seperti air putih, jus buah, atau larutan elektrolit untuk mencegah dehidrasi. Bila diare disertai dengan perdarahan, jangan ragu untuk datang ke dokter.

4. Muntah Darah dan Feses Kehitaman.

Jika hal ini terjadi pada si kecil, biasanya ada luka atau masalah pada bagian tukak lambung. Segera bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lebih cepat, lebih baik untuk kesehatan pencernaannya.

5. Kram Perut

anak sering mengeluh sakit perut hero banner magz (1510x849)

Bisa muncul berbagai diagnosis jika gelaja yang muncul adalah kram perut, yang disertai sakit perut. “Namun bila diikuti juga dengan demam, sakit kepala, muntah-muntah, adanya perdarahan pada feses, bisa jadi si kecil terkena flu perut. Untuk memastikan hal ini, segera bawa ke dokter anak,” tandas Dr Stockhausen.

Baca Juga: Jika Ini terjadi, Pencernaan Balita Moms Bermasalah!

Jika tanda-tanda pencernaaan balita bermasalah ini ada pada buah hati Moms, harus waspada dan cepat-cepat ke dokter, ya, Moms!

(RYO/DIN)

Artikel Terkait