PROGRAM HAMIL
6 Februari 2019

Perhatikan ya Moms, Ini Hal yang Perlu Diperiksa Oleh Dokter Jelang Waktu Melahirkan

Memasuki minggu ke 40? Wajib lakukan pemeriksaan ini!
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Pemeriksaan kandungan perlu dilakukan meski sudah jelang waktu melahirkan. Mungkin Moms sudah merasa deg-degan dan khawatir jelang waktu melahirkan.

Maka dari itu, pemeriksaan perlu dilakukan agar Moms tidak lagi merasa takut jelang melahirkan.

Selain itu, Moms juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk proses kelahiran normal.

Baca Juga : Siasati 5 Masalah Kehamilan dengan Tips Ini!

Hal yang Harus Dilakukan Pada Pemeriksaan Terakhir Kehamilan

biltmoreob-gyn.com

Saat pemeriksaan akhir jelang waktu melahirkan, Moms harus menjelaskan kepada dokter apa yang Moms harapkan untuk proses persalinan.

Diskusikan pada dokter apakah mungkin Moms melalukan persalinan secara normal misalnya. Atau jika harus sesar, tanyakan pada dokter apa saja risikonya.

Selain membahas mengenai persiapan proses melahirkan, Moms juga akan melalui serangkaian pemeriksaan kandungan.

Dokter akan memeriksa berat badan dan juga tekanan darah. Tinggi rahim juga akan diukur untuk mengukur pertumbuhan janin serta mengukur detak jantung janin.

Gerakan janin juga diminta untuk sering dipantau serta biasanya dokter akan meminta tes urin untuk membaca kadar gula dan protein.

Lalu, jangan lupa untuk membahas kemungkinan yang terjadi jika proses persalinan berlangsung lama.

Banyak Moms yang merasakan kontraksi yang tak kunjung datang. Agar proses persalinan tidak terlalu lama, Moms bisa membahas induksi secara alami yang bisa dilakukan.

Misalnya saja dengan menyapu jari di antara kantung ketuban dan dinding rahim secara lembut. Cara ini ternyata dapat membuat tubuh Moms melepaskan hormon sehingga dapat memulai persalinan secara alami.

Induksi juga bisa dilakukan dengan obat-obatan di rumah sakit. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk menggantikan hormon yang dibutuhkan saat melahirkan.

Ingat bahwa proses ini mungkin tidak selamanya berhasil sehingga persiapkan diri pula untuk operasi sesar.

Jangan takut untuk menanyakan hal-hal seputar persalinan yang membingungkan seperti apakah boleh makan atau minum selama proses persalinan?

Atau apakah sakit jika bagian vagina harus digunting untuk mempermudah kelahiran? Moms juga boleh menanyakan hal teknis setelah melahirkan seperti proses menyusui dan proses pemulihan.

Jangan sampai Moms khawatir berlebihan sehingga pemeriksaan kandungan di waktu jelang melahirkan adalah hal yang penting.

Baca Juga : Bahayakah Placenta Previa Selama Kehamilan?

Kondisi Tubuh Sebelum Melahirkan

birthandbeyondmagazine.com

Memasuki akhir kehamilan, Moms mungkin mengalami beberapa kondisi yang tak terduga.

Kontraksi palsu mungkin Moms akan mengalaminya. Moms mungkin akan merasa bahwa kontraksi itu palsu karena frekuensinya tidak meningkat dan tidak semakin parah. Atau kontraksi tersebut akan reda ketika Moms berjalan-jalan.

Janin yang semakin besar membuat gerakannya mungkin berubah dan sedikit melambat. Namun, Moms harus memperhatikan jumlah gerakannya sebab minimal janin harus bergerak 10 kali dalam satu jam.

Janin juga semakin bergerak ke bawah sehingga ada perasaan kurang nyaman pada bagian panggul. Kepala janin mungkin akan menyentuh pinggul dan kantung kemih.

Moms juga mengalami beberapa gangguan jelang waktu melahirkan salah satunya diare. Usus akan mengalami tekananan selama hamil sehingga pencernaan mungkin saja terganggu.

Janin yang semakin membesar juga menyebabkan kaki semakin berat menanggung beban. Moms mungkin akan mengalami kram pada bagian kaki. Moms juga mungkin akan mengalami kondisi susah tidur.

Ternyata ada banyak hal yang Moms perhatikan khususnya pemeriksaan kandungan jelang waktu melahirkan. Kalau Moms punya pengalaman apa saat melakukan pemeriksaan di waktu menjelang melahirkan?

(GSA)

Artikel Terkait