TREN
3 Oktober 2016

Perilaku Ramah Lingkungan dari Lingkungan Rumah

Yuk, ikut berkontribusi menjaga bumi
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Moms, perilaku ramah lingkungan bagi kehidupan semesta sangatlah penting. Seperti sudah kita ketahui, lapisan ozon yang semakin menipis menyebabkan masuknya sinar ultraviolet. Selama ini, lapisan ozon berperan menahan 99% sinar ultraviolet untuk masuk ke bumi, jadi hanya 1% yang masuk ke bumi sehingga tidak membahayakan kehidupan. Jika lapisan ozon masuk ke bumi dalam jumlah banyak, akan berbahaya bagi kesehatan. Kanker kulit dan katarak akan menjadi mimpi buruk bagi kita semua. Belum lagi efek pemanasan global (global warming). Mengerikan, ya, Moms?

Apa Penyebab dan Dampak Menipisnya Lapisan Ozon?

Ternyata, menipisnya lapisan ozon akan mengancam ekosistem, baik darat maupun air! Es di kutub utara akan mencair sehingga mengakibatkan naiknya volume air laut dan menyebabkan daratan tenggelam. Fitoplankton yang merupakan basis rantai makanan akan mengalami kepunahan. Selain itu, penggundulan hutanpun turut menyumbang bencana alam, lantaran tanaman dan pohon yang berguna menyerap gas-gas berbahaya pemicu kerusakan lapisan ozon justru ditumbangkan. Dua zat yang berbahaya dan paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah chlorofluorocarbon (CFC) dan hydrochlorofluorocarbon (HCFC).

Penggunaan CFC dan HCFC

Dalam kehidupan sehari-hari, dua zat berbahaya tersebut sering kita gunakan pada lemari es dan AC sebagai pendingin, peralatan kosmetik, serta bahan dorong (aerosol) untuk kaleng semprot. Hairspray termasuk, lho, Moms. Zat tersebut tertahan dalam bentuk gas hingga terkumpul dalam jumlah yang besar, melayang sampai lapisan stratosfer, dan diuraikan oleh sinar ultraviolet hingga menjadi atom klor yang mampu menghancurkan ribuan molekul ozon. Selain itu, peningkatan karbondioksida yang dihasilkan asap kendaraan bermotor dan pabrik juga ikut berkontribusi merusak lapisan ozon.

Berperilaku ramah lingkungan

Sudah saatnya kita sadar bahwa memiliki lingkungan yang aman dan nyaman berdampak pada kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Lapisan ozon yang semakin menipis menyebabkan bumi menjadi kritis. Berikut ini langkah-langkah sederhana yang dapat Anda dan keluarga lakukan guna menyelamatkan bumi:

1. Mari ajak keluarga menggunakan listrik dengan bijak. Mulailah untuk membiasakan hemat listrik. Saat siang hari, matikan lampu yang tidak digunakan. Penggunaan AC dapat dialihkan ke kipas angin dan jangan biarkan TV tetap menyala ketika tidak digunakan.

2. Yuk, kurangi penggunaan kantong plastik! Hal ini sudah digagaskan oleh pemerintah namun belum ada hasil yang signifikan. Diperlukan kesadaran dari setiap orang untuk tahu bahwa membutuhkan waktu sampai 100 tahun untuk benar-benar menguraikan sampah plastik. Anda dapat menggantinya dengan tas berbahan kain atau kertas saat berbelanja.

3. Sebisa mungkin manfaatkan fasilitas kendaraan umum. Anda dapat mengurangi frekuensi menggunakan kendaraan pribadi dengan menggunakan angkutan publik jika ingin berkontribusi menyelamatkan bumi. Penggunaan angkutan publik juga dapat mengurangi besarnya jumlah kendaraan pribadi yang berakibat semakin besarnya karbondioksida. Jika dalam jarak dekat, cobalah untuk menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

4. Mulailah menanam pohon. Hutan adalah payung dunia. Dengan begitu, Anda juga dapat menanam pohon di sekitar lingkungan rumah. Sebarkan benih dan rawatlah sampai tanamannya tumbuh. Aktivitas ini dapat Anda ajarkan pada anak-anak dan menjadi kebiasaan yang sangat baik ketika mereka sadar bahwa mereka bukan hanya sekedar menanam pohon, tapi juga menjaga buminya.

Menerapkan perilaku ramah lingkungan dapat dimulai dari lingkungan rumah dengan menjadi aktor utama. Orangtua dapat berperan dalam mendidik anak-anak sehingga mampu menciptakan generasi yang sadar lingkungan.

Langkah ramah lingkungan apa yang sudah Anda terapkan di rumah? Yuk, share di kolom komentar!

--DA

Artikel Terkait