RUPA-RUPA
16 September 2019

Peringati Ulang Tahun Chrisye, Ini 5 Lagunya yang Harus Kita Dengarkan

Lagu-lagu ini memiliki lirik yang menyentuh
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi kita yang menelusuri Google hari ini, pasti akan menemukan sesuatu yang berbeda di Google Doodle.

Mungkin banyak yang sudah familiar, sosok yang ditampilkan pada Google Doodle hari ini adalah Chrismansyah Rahadi atau yang dikenal dengan sosok Chrisye.

Google Doodle mengangangkat sosok Chrisye untuk memperingati hari ulang tahun Chrisye ke-70 yang jatuh pada Senin (16/9).

Chrisye merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu pop yang telah berkarir selama kurang lebih 40 tahun, berhasil menempatkan Chrisye dalam jejeran legenda dalam dunia permusikkan Indonesia.

Baca Juga: 7 Lagu untuk Membuat Anak Anteng dan Tidur Nyenyak

Dilansir dari CNN Indonesia, sepanjang karier bermusiknya, Chrisye telah membuat 18 album solo, bahkan sempat juga bermain dalam satu film berjudul Seindah Rembulan di tahun 1981.

Sayangnya, ia didiagnosis mengidap kanker paru-paru pada 2005, lalu meninggal tahun 2007 setelah berjuang melawan kanker yang menggerogotinya.

Dari banyaknya album yang telah dihasilkan oleh sang legenda, ada beberapa rekomendasi lagu Chrisye yang wajib didengarkan karena lantunan lagunya yang asik. Apa saja? Simak yuk di bawah ini.

Lilin-Lilin Kecil

Dan kau lilin-lilin kecil

sanggupkah kau mengganti

Sanggupkah kau memberi, seberkas cahaya

Itulah sepenggal lirik dari lagu Lilin-Lilin Kecil yang diciptakan oleh James F. Sundah dan adiknya Linda. Mendiang Chrisye didapuk untuk menyanyikan lagu ini karena vokalnya yang halus.

Baca Juga: Nostalgia 6 Lagu Anak Paling Hits Era 90-an, Mana Favorit Moms?

Berbicara mengenai harapan dan tumbuh dewasa, lagu Lilin-Lilin Kecil ini berhasil melambungkan nama Chrisye dan menjadi salah satu lagu yang melekat pada nama Chrisye.

Bahkan majalah Rolling Stone Indonesia menempatkan lagu Chrisye ini dalam "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa” peringkat ke-13, edisi Desember 2009.

Seperti yang Kau Minta

Lagu patah hati yang paling populer di masanya ini diciptakan oleh mantan vokalis Jikustik, Pongki Barata.

Liriknya memang sangat romantis jika dilihat lagi, namun suasana yang dibawakan dalam lagu ini sangat melow dan dramatis.

Meski begitu, bukan Chrisnye namanya kalau tidak berhasil menyampaikan pesan dalam lagu lewat suara merdunya.

Lagu berirama pop rock ini memiliki instrumen yang gamoang dicerna oleh telinga kita dan mudah melekat diingatan.

Menunggumu

Merupakan sebuah lagu duet yang dinyanyikan oleh Peterpan yang memang sedang naik daun dan Chrisye yang juga dimasa kepopulerannya.

Baca Juga: Yuk Nostalgia Lagu-Lagu Anak Ciptaan AT Mahmud yang Melegenda

Lewat lagu Menunggumu ini, Chrisye seperti masuk dalam ranah musik pop rock atau britpop, dan seperti biasa, mediang Chrisye mampu beradaptasi dan menghasilkan chemistry yang kuat dengan Peterpan, sehingga menjadikan lagu ini menjadi salah satu lagu yang populer hingga masa kini.

Andai Aku Bisa

Lagu Chrisye selanjutnya yang wajib didengarkan adalah Andai Aku Bisa. Lagu ini merupakan lagu yang diciptakan oleh duo maut Bebi Romeo dan Ahmad Dhani.

Dengan sentuhan orkestra yang lirih dan liriknya yang sendu, lagu ini berhasil mengajak setiap penikmatnya ikut mengharu biru.

Ditambah dengan suara Chrisye yang halus dan merdu, lagu Chrisya ini sukses membuat pendengarnya merasakan kerinduan akan seseorang yang dicintainya dengan begitu dalam.

Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada

Melihat dari liriknya, mungkin kesan terseram terlihat dari lagu ini. Dalam lagu Chrisye ini, ia berkolaborasi dengan musisi Ahmad Dhani.

Mendengar lagu ini, otomatis akan membuat kita berpikir dan langsung instropeksi diri.

Apakah kita sudah mengikuti Tuhan dengan benar dan ikhlas atau demi imbalan untuk menghindari neraka?

Itu dia Moms beberapa lagu Chrisye yang menyentuh dan asik untuk dinikmati. Apakah salah satunya merupakan favorit Moms?

Artikel Terkait