2-3 TAHUN
16 Maret 2018

Peristiwa Tragis Tanjakan Emen, Ini 5 Tips Membawa Balita Traveling dengan Bus

Tanjakan Emen terus memakan korban jiwa.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Akhir-akhir ini nama kawasan Tanjakan Emen di Subang, Jawa Barat menjadi salah satu kawasan jalan yang paling sering menjadi lokasi kecelakaan di Indonesia. Bahkan pada 15 Februari 2018 lalu, nama tanjakan jalan ini telah diganti menjadi Tanjakan Aman untuk mengubah pandangan masyarakat yang berpendapat bahwa tanjakan Emen merupakan jalan berbahaya.

Angka kecelakaan di Tanjakan Emen ini memang terbilang cukup tinggi. Sejak 2004 hingga saat ini, setidaknya sudah ada lebih dari 50 jiwa yang menjadi korban dari kecelakaan di Tanjakan Emen. Bahkan Direktur Pengembangan Jaringan Jalan, Ditjen Bina Marga Rachman Arief Dienaputra, mengatakan jalan ini membutuhkan kewaspadaan yang tinggi dalam melaluinya. Hal ini tak lain karena sering terjadi rem blong, belokan tajam, hingga tanjakan, dan turunan yang curam.

Mengingat semakin meningkatnya angka kecelakaan di tanjakan ini, epmerintah akan segera membangun jalur khusus atau escape road di jalur Tanjakan Emen. Jalur khusus tersebut disediakan bagi pengendara yang memiliki masalah di sistem pengereman saat berjalan di turunan. Jalur penyelamat tersebut akan dibangun langsung oleh pemerintah provinsi Jawa Barat dengan bantuan dari pemerintah pusat atau dalam hal ini Kementerian PUPR.

Baca juga: 4 Area di Rumah Yang Berbahaya Untuk Si Kecil

Tips Membawa Balita Traveling dengan Bus

shutterstock 308284109

1. Bawa mainan Si Kecil

Perjalanan panjang terutama menggunakan kendaraan umum kerap membuat Si Kecil tak nyaman dan akan cenderung menjadi rewel. Guna mengantisipasinya, Moms harus memiliki siasat tersendiri, salah satunya dengan membawa mainan kesukaannya agar ia merasa nyaman dan tidak rewel.

Selain mainan, Moms bisa membawa buku cerita untuk mendongengkannya selama perjalanan. Dengan begitu, ia akan terdistraksi dan tidak terpikir untuk menangis atau meminta keluar dari bus.

2. Duduk dekat jendela

Si Kecil tentu suka bila melihat pemadangan, baik itu alam maupun hanya mobil yang sedang berlalu lalang. Untuk itu, saat mengajaknya traveling dengan bus upayakan agar Moms mendapatkan posisi duduk di samping jendela untuknya. Hal ini akan membuat Si Kecil merasa nyaman dan betah meskipun menempuh perjalanan jauh.

Baca juga: Ini Tips Agar Anak Aman Ditinggal Bersama Pengasuh

3. Siapkan obat-obatan

Segala kemungkinan bisa saja terjadi, terutama yang menyangkut masalah fisik Si Kecil. Mereka mungkin saja mendadak tak enak badan di tengah perjalanan.

Untuk itu, pastikan Moms menyiapkan segala jenis obat-obatan untuk mengantisipasi kondisinya yang mungkin saja tiba-tiba buruk. Setidaknya Moms membawa minyak angin jika tubuh buah hati kedinginan atau saat ia mual karena perjalanan yang berliku.

4. Camilan dan air minum

Selain obat-obatan, hal yang tak kalah penting untuk Moms bawa adalah berbagai jenis camilan dan air minum. Si Kecil yang lapar atau haus tentu akan menjadi sulit ditangani, untuk itu siapkanlah segala jenis perbekalan guna mencegah hal tersebut terjadi.

Upayakan pula Moms untuk membawa camilan favoritnya, jikalau Moms membawa sesuatu yang kurang disukai bisa saja ia malah semakin rewel, lho.

Baca juga: Ada Balkon di Rumah? Pastikan Balita Aman dengan 4 Tips Ini

5. Pastikan kondisi sopir baik

Terakhir, Moms harus memastikan bahwa kondisi sopir dalam keadaan baik tak sedang sakit apalagi mengantuk. Hal ini sebenarnya adalah yang paling penting, karena kunci keselamatan semua terletak pada sopir dan kondisi bus.

Selalu lakukan persiapan dengan matang sebelum melakukan perjalanan dengan kendaraan umum bersama Si Kecil ya, Moms!

(MDP)

Artikel Terkait