SELEBRITI
15 September 2020

Perjalanan Karier Ade Firman Hakim, Ini Kenangan yang Ditinggalkannya

Mengawali kariernya sebagai finalis Abang None Jakarta
placeholder

Foto: instagram.com/adefirmanhakim

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Dina Vionetta

Ade Firman Hakim meninggal dan diduga disebabkan oleh COVID-19. Firman yang lebih banyak bermain layar lebar banyak meninggalkan duka bagi kawan-kawannya.

Memulai Karier dari Abang-None

Ade Firman Hakim 11.jpg

Foto: instagram.com/adefirmanhakim

Ade Firman Hakim mengawali kariernya sebagai finalis Abang None Jakarta wilayah Jakarta Barat pada tahun 2008. Ade yang memiliki fisik yang menarik dan segudang talenta, membuatnya lebih mudah untuk masuk ke dunia hiburan.

Di kompetisi Abang-None, Ade menyandang juara harapan satu, saat dirinya berusia 20 tahun.

Baca Juga: Tengok Cara 5 Artis Ini dalam Menghadapi Virus Corona

Film Pertama 2010

Ade Firman Hakim 21.jpg

Foto: instagram.com/garin_film

Kemudian Ade memulai karier di dunia seni peran dalam film Bebek Belur pada tahun 2010. Namun, namanya baru benar-benar mulai dikenal setelah tampil apik dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka pada tahun 2013.

Berkat aktingnya memukau itu, Ade Firman Hakim pun kembali mendapat tempat di film sejarah, Guru Bangsa: Tjokroaminoto karya Garin Nugroho.

Garin Nugroho juga menuliskan rasa dukanya di Instagram dan mengenang Ade dengan mengunggah potret Ade bersama pemeran lain film Tjokroaminoto.

"Dimanakah Kiblatku ? ; sahabat Firman Hakim (bersama dlm film Tjokro) , doaku kamu dlm kiblat terbaik. Selalu mengenangmu : energi kebaikan yang hangat, keinginan tumbuh dan terbuka . Sesuatu yang langka untuk seorang aktor . Selamat jalan kiblat terbaikmu Firman," tulis Garin.

Beberapa film lain yang pernah dimainkan olehnya adalah Ayah Menyayangi Tanpa Akhir, Midnight Show, Kalam Kalam Langit, hingga Ibu Maafkan Aku.

Baca Juga: Tahu Gak? 5 Aktor Ini Ternyata Dulu Anggota Boyband!

Nominasi Pemeran Pembantu Pria Terpuji Kategori

Ade Firman Hakim 52.jpg

Foto: instagram.com/adefirmanhakim

Memulai karier pada 2010, akhirnya Ade menjadi salah satu nominasi Festival Film Bandung 2017 untuk kategori Pemeran Pembantu Pria Terpuji Kategori Film di Festival Film Bandung 2017 lewat film Bid'ah Cinta. Bukan peran biasa, dalam film tersebut, Ade berperan sebagai waria bernama Sandra.

Baca Juga: Tak Disangka, 6 Pemeran Laki-laki di Film Ini Ternyata Perempuan

Mencoba Berbagai Seni Lain

Ade Firman Hakim 42.jpg

Foto: instagram.com/adefirmanhakim

Bukan hanya bermain film, kecintaan Ade terhadap dunia seni juga dirinya perlihatkan dengan mencoba berbagai hal, termasuk dengan bermain teater dan juga bernyanyi.

Namun tidak banyak yang tahu, kalau Ade lebih dahulu masuk ke dunia teater dengan bergabung dengan Teater Koma sebelum seni lainnya.

Justru banyak yang menyebutkan kalau tawaran iklan dan film pun mulai masuk semenjak Ade mengambil peran cukup menonjol saat bermain teater. Bahkan pada masa pandemi ini, Firman sempat mengajak orang untuk menontonnya secara virtual saat dirinya bernyanyi lagu Betawi.

Artikel Terkait