2-3 TAHUN
31 Oktober 2019

Perkembangan Batita Bulan Ke-20

Karena Si Kecil mulai banyak bicara, boleh kenalkan bahasa asing?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Perkembangan Anak:

Menjelang usia 2 tahun, kemampuan bahasa anak berkembang semakin pesat setiap hari. Namun masih cukup terbatas sehingga kemungkinan besar ada jauh lebih banyak hal yang ada di kepalanya daripada apa yang bisa dia ungkapkan kepada Moms.

Bayangkan bagaimana rasanya Si Kecil menghadapi semua ini. Ia juga bisa frustrasi lho! Apalagi bila orang-orang di sekelilingnya tampak tidak mengerti apa yang ia ingin sampaikan.

Catatan Untuk Orang Tua:

Cobalah berempati pada Si Kecil. Beri ia perhatian penuh, dengarkan baik-baik apa yang disampaikannya baik secara lisan maupun melalui bahasa tubuhnya. Berikan respon yang tepat agar anak merasa percaya diri dan tidak patah semangat mengembangkan kemampuannya.

Bila anak kesal karena Moms tidak mengerti maksudnya, cobalah tetap tenang dan bantu anak dengan memberi beberapa pilihan kata atau minta ia menunjuknya.

Baca Juga : 5 Bahasa Asing Yang Sebaiknya Dipelajari Anak Sejak Dini

Tips Bulan Ini:

Karena Si Kecil mulai banyak bicara, boleh kenalkan bahasa asing? Boleh, tapi Moms perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Terapkan prinsip “one place, one language” atau lebih baik lagi “one person, one language”. Tentukan misalnya, anak akan selalu bicara bahasa Inggris dengan ibu, dan bahasa Indonesia dengan ayah. Pastikan Moms juga tidak mencampur dua bahasa dalam satu kalimat atau dalam percakapan agar dua bahasa yang dipelajari anak benar-benar terpisah
  • Usahakan bicara satu bahasa dalam satu waktu. Saat membaca buku misalnya. Ketika membaca kata “bola” di satu halaman jangan berubah jadi “ball” pada halaman lain di buku yang sama. Intinya, Moms harus konsisten.
  • Anak harus diekspos ke dua bahasa ini dalam jangka waktu yang lamanya berimbang. Semua aktivitas, permainan dan kegiatan sehari-hari harus mengekspos dua bahasa tersebut

(AK)

Narasumber Ahli : Belinda Agustya, M.Psi., Psikolog Anak (Rainbow Castle, Jakarta Selatan)

Artikel Terkait