PROGRAM HAMIL
2 Desember 2017

Perkembangan Janin Minggu Ke-6

Selain lebih moody, Mama juga jadi sering pipis. Tapi, ketahui juga tanda-tanda kehamilan bermasalah di trimester 1 ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

PERKEMBANGAN JANIN

Perkembangan pesat minggu ini adalah pembentukan awal mulut, hidung, dan telinga embrio. Selama 8 bulan ke depan, bentuk organ-organ ini akan semakin sempurna.

Minggu ini, embrio akan memiliki bentuk seperti kecebong, dengan kepala yang lebih besar dari organ lain dan ia pun tampak memiliki buntut atau ekor. Tabung saraf yang akan membentuk saraf tulang belakang dan otak, memanjang dari atas sampai bawah embrio.

Pembentukan otak, jantung, pembuluh darah, sistem saraf, dan organ lain mulai terjadi. Embrio Moms memiliki panjang sekitar 1,25 mm – 3 mm. Jantungnya juga sudah berdetak sebanyak 100-160 kali per menit, hampir dua kali lebih cepat dibanding detak jantung Moms.

Pembuluh-pembuluh darah kecil juga mulai terbentuk dan saling berhubungan satu sama lain. Pembentukan tunas pembuluh darah akan membentuk hubungan dengan pembuluh darah lain di dalam embrio, sehingga menghubungkan embrio dan plasenta (ari-ari).

TUBUH MOMS

Moms mungkin akan mulai merasa moody (sedih di satu waktu dan bahagia di waktu berikutnya), hal tersebut wajar dan disebabkan oleh hormon yang berfluktuasi (naik-turun).

Beberapa ibu hamil juga sering merasakan mudah lelah. Disarankan untuk berolahraga ringan untuk meningkatkan energi selama kehamilan. Cobalah untuk berjalan kaki atau mengikuti kelas yoga khusus kehamilan.

Namun, jangan lupa untuk mengonsultasikan pilihan olahraga Moms dengan dokter kandungan.

Sering berkemih atau kencing juga merupakan tanda umum kehamilan. Hal ini terjadi karena hormon hCG akan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.

Selama kehamilan, kerja ginjal juga semakin membaik sehingga membantu tubuh untuk menyingkirkan produk sisa metabolisme lebih cepat.

Selain itu, rahim yang membesar akan mulai menekan kandung kemih, menyisakan tempat yang lebih kecil untuk menampung air seni dan mengakibatkan peningkatan frekuensi berkemih.

TIPS: TANDA-TANDA KEHAMILAN BERMASALAH

Terkadang ada beberapa tanda kehamilan yang berbahaya bagi Moms, yaitu:

  • Perdarahan atau bercak dari vagina
  • Nyeri perut tiba-tiba dan berkelanjutan
  • Rembesan cairan dari vagina
  • Muntah terus menerus (Hiperemesis Gravidarum)
  • Nyeri berkemih
  • Sakit kepala hebat dan terus-menerus
  • Gangguan penglihatan pada mata
  • Pembengkakan pada tangan dan kaki

Jika ini terjadi pada Moms, segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Narasumber: dr. Ariefandy Pambudi, SpOG (RSIA Kendangsari MERR Surabaya)

Artikel Terkait