COVID-19
17 Juni 2020

Perkembangan Vaksin COVID-19 di 5 Negara, Angin Segar untuk Dunia Kesehatan!

Ilmuwan di seluruh dunia sedang berusaha mengembangkan vaksin Covid-19.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang PS Brodjonegoro, mengungkapkan bahwa hingga saat ini Indonesia masih terus mengkaji perkembangan vaksin Covid-19.

Vaksin inilah yang nantinya diharapkan mampu menekan dan menghilangkan layu penyebaran virus Corona.

Hingga kini pemerintah bekerja sama dengan akademisi juga para ahli di Indonesia dalam menemukan pendekatan vaksin yang sesuai untuk jenis virus Corona di Indonesia. Selain itu, pemerintah Indonesia juga bekerja sama dengan China dan Korea Selatan untuk uji coba klinis vaksin yang telah ditemukan di kedua negara tersebut.

Seperti yang diutarakan jurnal ilmiah berjudul Open Access Article Preliminary Identification of Potential Vaccine Targets for the COVID-19 Coronavirus (SARS-CoV-2) Based on SARS-CoV Immunological Studies oleh Syed Faraz Ahmed, Ahmed A. Quadeer, Matthew R. McKay, mengungkapkan bahwa vaksinasi yang efektif mampu mengendalikan penyebaran virus dan menghilangkannya dari populasi manusia.

Namun, upaya ilmiah untuk mengatasi Covid-19 baru saja dimulai dan masih banyak hal terkati virus ini harus terus dikembangkan dan dipelajari hingga menemukan formula yang tepat.

Baca Juga: Darah Tom Hanks dan Istrinya Diambil untuk Jadi Vaksin Covid-19

Perkembangan Vaksin di Berbagai Negara

Sesuai dengan jurnal penelitian yang dipublikasikan oleh The New England Journal of Medicine berjudul Developing Covid-19 Vaccines at Pandemic Speed menyebut bahwa kasus Covid-19 ini menekankan para peneliti untuk terus mengembangkan platform dan terus memproduksi vaksin-vaksin lainnya yang disesuaikan dengan patogen baru dari berbagai keluarga virus untuk menghindari kematian dan penyebaran yang meluas secara tiba-tiba.

Dalam hal ini, tak hanya Indonesia yang disibukkan dengan perkembangan vaksin Covid-19, negara-negara dengan jumlah kasus terbanyak juga melakukan hal serupa demi menyembuhkan warganya. Berikut ini perkembangan vaksin Covid-19 dari berbagai negara.

Baca Juga: Dari Persatuan Dokter Emergensi Indonesia, Ini Panduan Mencuci Tangan untuk Hindari Virus COVID-19

1. China

4 Alasan Vaksin Covid-19 Belum Ditemukan.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kendati telah berhasil menurunkan jumlah populasi penyebaran Covid-19 di China, pemerintah negeri tirai bambu itu terus melakukan perkembangan dan uji coba vaksin Covid-19 sejak 8 Mei 2020. Bahkan dalam uji coba vaksin tahap ke-3 menunjukkan bahwa vaksin buatan China mampu menghasilkan antibodi.

Layaknya angin segar, keberhasilan ini pun mengundang banyak negara untuk bekerja sama dengan China tak terkecuali Indonesia. Meski begitu, hingga kini lima vaksin yang dikembangkan oleh China masih dalam tahap uji coba pada tubuh manusia.

Sementara itu, pemerintah China menyebut bahwa vaksin siap digunakan dan disebarkan mulai bulan September 2020.

2. Amerika

vaksincovid3.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Amerika Serikat kini menjadi negara terbesar dengan jumlah penduduk yang terinfeksi mencapai lebih dari 1 juta orang.

Hingga kini Presiden Trump masih terus bersama para ilmuwan masih terus melakukan perkembangan dan uji coba vaksin Covid-19.

Terbaru, pada bulan Juli 2020 mendatang, vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi AS Moderna akan memasuki tahapan ketiga atau terakhir uji klinis dengan diikuti oleh 30 ribu peserta.

3. India

vaksincovid2.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Menteri Kesehatan India, Harsh Vardhan, menyebut bahwa empat dari 14 kandidat vaksin Covid-19 buatan India kini sedang memasuki tahapan uji klinis yang akan dilakukan dalam tiga hingga lima bulan ke depan.

Tercatat, di India kasus Covid-19 telah menginfeksi 286.579 orang dengan total kematian 8.102 jiwa.

Pemerintah India optimis akan menemukan vaksin Covid-19 pada akhir tahun 2020.

Sementara itu, Dewan Penelitian Medis India (ICMR) menyebut bahwa uji coba vaksin terhadap tubuh manusia akan dilakukan dalam waktu 6 bulan ke depan.

Sejauh ini, India memiliki 30 kelompok peneliti yang sedang mengembangkan vaksin Covid-19 dan mengklaim bahwa perkembangan vaksin tersebut sangat baik dan signifikan.

Baca Juga: Pentingnya Tingkatkan Imunitas Tubuh dari Infeksi Virus Corona Novel (COVID-19), Berikut Tipsnya

4. Rusia

vaksincovid1.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Rusia akan segera mendaftarkan vaksin Covid-19 buatannya pada Agustus 2020.

Direktur Pusat Penelitian Nasional untuk Epidemiologi dan Mikrobiologi Alexander Gunzburg berharap pendaftaran vaksin tersebut berjalan lancar dan sesuai rencana mengingat jumlah kasus Covid-19 sudah menginfeksi lebih dari 500 ribu jiwa.

Kini vaksin buatan Rusia sedang dalam tahap uji praklinis yang kemungkinan akan memakan waktu 1 bulan.

Pada tahapan ini vaksin toksisitas dan reaktogenisitas beserta kriteria lainnya akan ditentukan sebelum memulai menguji coba vaksin pada tubuh manusia. Jika berhasil, pendistribusian vaksin akan dilakukan secara serentak di Rusia.

5. Korea Selatan

Peneliti Kembangkan Vaksin Virus Corona Novel, Rencananya Tersedia 18 Bulan Lagi.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Pemerintah Korea Selatan berjanji akan mendistribusikan vaksin pada tahun 2021.

Sebelumnya, pada Rabu, 3 Juni 2020, dalam rapat komite yang digelar oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan, Park Nueng-hoo, mengatakan bahwa vaksin akan diproduksi secepatnya setelah memastikan semua uji klinis vaksin berhasil dilakukan.

Pemerintah Korea Selatan juga telah mempersiapkan dana 100 miliar won untuk mengembangkan hingga uji klinis vaksin Covid-19.

Selagi menunggu vaksin Covid-19 selesai dibuat dan didistribusikan, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya Moms dan Dads.

Mulai dari cuci tangan, menjaga jarak, dan selalu memakai masker sebagai langkah untuk menghambat penyebaran virus Corona.

Baca Juga: Dampak Terpapar COVID-19 Saat Hamil, Waspada!

Artikel Terkait