BAYI
18 Juli 2019

Perlengkapan Bayi Second: Yes or No?

Tidak untuk barang tertentu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Mulai dari popok hingga stroller, jumlah barang yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir yang harus Moms beli untuk menyambut kelahiran Si Kecil memang cukup banyak.

Oleh karena itu, untuk mengurangi pengeluaran, Moms mungkin berpikir untuk membeli perlengkapan bayi second.

Namun, bolehkah membeli perlengkapan bayi dalam kondisi bekas? Jawabannya, ada yang boleh dan tidak boleh untuk perlengkapan bayi tertentu.

Nah Moms, ini beberapa daftar perlengkapan bayi yang boleh dibeli dalam kondisi bekas.

1. Baju Bayi

Perlengkapan Bayi Second Yes or No 1.jpg

Foto: southernliving.com

Membeli pakaian bayi bekas adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat uang. Bayi tumbuh sangat cepat sehingga biasanya mereka tidak akan memiliki ukuran baju yang sama selama lebih dari 1 atau 2 bulan.

Namun, saat membeli pakaian bekas, hindari model yang dilengkapi dengan tali dan pastikan bahwa semua kancing, ritsleting, dan pengaitnya aman/ tidak ada yang terlepas.

2. Mainan Bayi

Perlengkapan Bayi Second Yes or No 2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Orang tua tidak bisa memprediksi mainan seperti apa yang disukai bayi.

Membeli mainan bekas dapat membantu Moms mengetahui mainan manakah yang sekiranya disukai Si Kecil, tanpa perlu membuang-buang uang.

Namun, waspadalah terhadap perangkat keras yang longgar atau catnya terkelupas. Selain itu, pastikan untuk tidak membeli mainan bayi dengan bagian-bagian kecil yang dapat dilepas dan berpotensi membuat bayi tersedak.

Mainan sederhana dengan sedikit atau tanpa bagian yang bergerak, seperti blok, kerincingan, dan gelas susun dapat menjadi pilihan terbaik.

Baca Juga : 20 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Sering Dibeli Namun Jarang Dipakai

3. Sepatu Bayi

Perlengkapan Bayi Second Yes or No 3.jpg

Foto: astonbaby.com

Perlengkapan bayi bekas lainnya yang aman Moms beli adalah sepatu. Layaknya pakaian bayi, sepatu juga lebih cepat diganti karena faktor pertumbuhan.

Bayi, terutama yang belum bisa berjalan tidak membutuhkan sepatu.

Jadi jika Moms ingin mendandani Si Kecil menggunakan sepasang sepatu yang lucu, pilihlah sepasang sepatu bayi bekas dibandingkan menghabiskan uang untuk membeli sepatu baru yang hanya akan dikenakan beberapa kali saja.

4. Popok Kain

Perlengkapan Bayi Second Yes or No 4.jpg

Foto: thebump.com

Popok kain yang dapat digunakan kembali juga termasuk perlengkapan bayi second yang dapat Moms pertimbangkan untuk dibeli.

Moms harus membuatnya higienis sebelum dipakaikan pada Si Kecil, cuci menggunakan mesin cuci dan sabun cuci khusus untuk pakaian bayi.

5. Bak Mandi

Perlengkapan Bayi Second Yes or No 5.jpg

Foto: verywellfamily.com

Bak mandi bayi juga boleh dibeli dalam kondisi bekas, selama tidak berjamur dan tidak berbau. Bayi tumbuh dengan cepat sehingga bak mandi yang Moms gunakan harus lebih sering diganti dibandingkan perlengkapan bayi lainnya.

Baca Juga : Tak Perlu Gengsi, Ini 4 Keuntungan Menyewa Perlengkapan Bayi

Tidak semuanya peralatan Si Kecil boleh dibeli dalam keadaan bekas, beberapa kebutuhan di bawah ini harus Moms beli dari baru.

1. Kursi Mobil untuk Bayi

Perlengkapan Bayi Second Yes or No 6.jpg

Foto: idealbabycare.com

“Saya akan meminta orang tua untuk tidak menggunakan kursi bayi bekas atau memberikannya dalam kondisi bekas pada orang lain, kecuali mereka yakin akan sejarah penggunaannya. Biasanya, kursi mobil bayi bekas tidak seaman yang baru,” kata Mark Zonfrillo, MD, dokter anak bidang Emergency Medicine di Children’s Hospital of Philadelpia, seperti dikutip dari Parents.com.

“Jika kondisinya masih bagus, belum pernah jatuh, tidak ditarik kembali oleh pabriknya, belum kadaluwarsa masa berlakunya, atau belum pernah dibersihkan menggunakan bahan kimia keras, lalu ingin diberikan pada teman, mungkin ada pengecualian.”

2. Boks Bayi dengan Bukaan Samping

Perlengkapan Bayi Second Yes or No 7.png

Foto: rookiemoms.com

Mengutip Whattoesxpect.com, peraturan federal yang mengalami perubahan pada tahun 2011, melarang produsen untuk memproduksi boks bayi dengan bukaan samping yang bisa membahayakan bayi dan bahkan mematikan.

Jika Moms tidak mampu membeli boks baru, boks portabel baru yang lebih murah dapat menjadi pilihan. Meskipun lebih murah, tingkat keamanannya diklaim sama dengan boks fullsize yang lebih mahal.

Baca Juga : Beli Perlengkapan Bayi Bekas, Perhatikan 7 Hal Ini

3. Kasur Bayi

Perlengkapan Bayi Second Yes or No 8.jpg

Foto: gentlenursery.com

Kasur merupakan perlengkapan yang sangat penting untuk tidur bayi yang berkualitas.

Bayi yang masih dalam masa pertumbuhan membutuhkan kasur yang aman, bersih, dan suportif. Sementara perlengkapan bayi second yang satu ini bisa jadi menyimpan bahaya yang tidak terduga.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diduga ada kaitan antara SIDS dengan kasur bayi bekas yang mengandung jamur, bakteri, dan tungau debu.

Apalagi kasur bekas kemungkinan juga sudah kehilangan bentuknya dan tidak lagi kencang seperti saat baru, yang tentunya dapat membahayakan bayi.

Jadi, menurut Moms, yes or no membeli perlengkapan bayi second?

(RGW/CAR)

Artikel Terkait