NEWBORN
23 Juli 2020

5 Perlengkapan Bayi yang Bisa Dipakai Turun Temurun, Biar Hemat!

Prioritaskan untuk keamanan barangnya ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika Si Kecil telah lahir, Moms mungkin merasa ingin membeli baru semua perlengkapan bayi yang dibutuhkan. Hal ini yang dapat membuat pengeluaran menjadi semakin meningkat.

Sebetulnya, Moms bisa lho, menghemat dengan menggunakan perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun. Apalagi, beberapa barang ini memiliki harga yang tidak murah.

Perlengkapan Bayi yang Bisa Dipakai Turun Temurun

Kebanyakan barang bayi pun umumnya tidak rusak dan masih punya kualitas bagus apabila baru digunakan oleh satu anak saja. Nah, tidak ada salahnya kan untuk menggunakan perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun ketimbang beli baru.

Baik itu perlengkapan yang dipakai oleh sang kakak, maupun diberikan oleh saudara sepupu, berikut ini daftar perlengkapan bayi yang dapat digunakan.

Baca Juga: Tak Perlu Gengsi, Ini 4 Keuntungan Menyewa Perlengkapan Bayi

1. Baby Crib

perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun-baby crib.jpg

Foto: todaysparent.com

Kebutuhan utama untuk bayi baru lahir adalah untuk tidur, karena itu, ketimbang membeli baby crib yang baru lagi, Moms dapat menggunakan baby crib yang tidak lagi dipakai.

Meskipun menjadi perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun, Tetapi, pastikan baby crib tersebut masih layak pakai dan cek kembali standar keamanannya sebelum digunakan ya, Moms.

2. High Chair

perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun-high chair.jpg

Foto: independent.co.uk

High chair, atau kursi makan bayi pasti akan selalu dapat digunakan. Terutama ketika Si Kecil sedang memasuki usia MPASI. Karena itu, kursi makan ini juga merupakan perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun.

Untuk dapat menghemat pengeluaran, Moms bisa meminta kepada saudara, teman, atau tetangga yang memiliki kursi ini dan tidak lagi terpakai.

Jika bisa dipakai, jangan lupa dibersihkan dengan baik, dan pstikan kursi tersebut masih memiliki struktur yang kokoh dan aman digunakan untuk Si Kecil ya, Moms.

Baca Juga: 5 Jenis Baby Stroller yang Cocok untuk Bayi Baru Lahir

3. Stroller

perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun-stroller

Foto: Orami Stock Photos

Stroller bayi menjadi alat transportasi utama Si Kecil yang tentunya sangat dibutuhkan. Tetapi, bagi beberapa ibu, stroller bisa memiliki harga yang mahal, dan masa waktu terbatas.

Jika stroller sang kakak, atau saudara sepupu masih dalam kondisi terawat baik, Moms bisa menunda dulu untuk membeli stroller baru.

Tetapi, meskipun menjadi perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun, Moms perlu ingat bahwa masa pakai stroller sekitar 5 tahun. Bila sudah melewati tanggal pakai, sebaiknya jangan digunakan lagi ya, Moms.

4. Bak Mandi

perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun-bak mandi bayi

Foto: Orami Stock Photos

Bak mandi bayi boleh digunakan kembali selama Moms kembali memeriksa dan memastikan tidak ada jamur atau lumut yang tumbuh di bak mandi tersebut.

Karena bayi tumbuh dan berkembang lebih cepat, jadi Moms harus dapat menghemat uang pada peralatan bayi yang hampir tidak digunakan ketika ia tumbuh besar.

Sehingga, bak mandi adalah perlengkapan bayi yang sesuai agar bisa dipakai turun temurun.

Baca Juga: 7 Permainan yang Mama Bisa Lakukan Bersama Bayi 10-12 Bulan

5. Mainan

perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun-mainan bayi

Foto: Orami Stock Photos

Nampaknya, tidak ada anak kecil yang tidak menyukai mainan. Tetapi, Moms mungkin akan sulit menebak jenis mainan apa yang bisa dinikmati Si Kecil. Ini karena masih belum mengetahui apa yang digemarinya.

Ketimbang membeli banyak mainan, Moms dapat menggunakan mainan yang dipakai turun temurun dari saudara kandung untuk mencari tahu jika ada jenis mainan yang disuka.

Pastikan mainan tersebut memiliki ukuran yang tidak membuat bayi tersedak, dan hindari partikel mainan kecil dan perlu memakai elektronik, misalnya seperti baterai.

Pilih mainan sederhana dengan sedikit atau tanpa bagian yang bergerak, seperti balok, mainan kerincingan dan susun balok, yang merupakan pilihan mainan yang aman.

Nah, itulah beberapa perlengkapan bayi yang bisa digunakan turun temurun. Selain menghemat biaya, Moms juga bisa menghemat ruang di dalam rumah karena tidak perlu barang baru.

Untuk berbagai perlengkapan bayi yang esensial seperti popok dan botol susu, Moms bisa belanja di Orami! Mulai 21-24 Juli, ada promo Serba Hemat dari Orami.

Moms bisa mendapatkan berbagai kebutuhan bayi dan anak dengan potongan harga hingga 50%, mulai dari Rp4.000-an! Gratis ongkos kirim juga, lho.

Klik di sini untuk belanja keperluan bayi di Orami dengan diskon menarik!

Artikel Terkait