KEHAMILAN
20 Juni 2020

Ini 8 Perlengkapan Ibu Melahirkan yang Penting, Jangan Sampai Lupa!

Bawa baju ganti untuk Moms dan Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Memasuki detik-detik kelahiran Si Kecil, Moms tentu sudah tidak sabar dan menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk dibawa ke rumah sakit.

Jika Moms masih belum mengetahui barang-barang apa saja yang penting untuk dibawa, berikut ini beberapa perlengkapan ibu melahirkan, mengutip dari Parents.

Perlengkapan Ibu Melahirkan yang Patut Dibawa

Dalam Journal of Perinatal Education, persiapan, dan suasana yang mendukung selama persalinan dapat membuat perbedaan dalam menciptakan pengalaman yang optimal untuk kelahiran, khususnya melahirkan normal.

Karena itu, pastikan Moms telah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk menjalani proses persalinan yang bisa berjalan lancar.

1. Dokumen Penting

perlengkapan ibu melahirkan-1.jpg

Bawa dokumen penting yang berhubungan dengan rencana kelahiran, KTP, informasi asuransi kesehatan, dan formulir pendaftaran rumah sakit sebagai perlengkapan ibu melahirkan.

Bahkan jika Moms sudah mendaftar di rumah sakit, beberapa rumah sakit perlu mengonfirmasi catatan untuk memastikannya kembali.

Baca Juga: 4 Manfaat Luar Biasa Menyusui Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

2. Ponsel dan Charger/Power Bank

perlengkapan ibu melahirkan-2

Tentunya ponsel menjadi salah satu perlengkapan ibu melahirkan yang wajib dibawa, sembari menunggu detik-detik persalinan dan untuk mengatasi rasa jenuh.

Karena itu, jangan lupa membawa charger dan/atau power bank. Moms juga bisa mengisi ponsel dengan tontonan menarik dan aplikasi yang dapat mengisi waktu.

3. Alat Relaksasi

perlengkapan ibu melahirkan-3

Wajar jika mendekati detik-detik melahirkan Moms akan merasakan cemas atau gugup. Sebagai salah satu perlengkapan ibu melahirkan, Moms dapat membawa alat relaksasi.

Baik itu alat pijat sederhana, bola remas yang bisa menghilangkan stres, bantal bertekstur lembut, atau essential oil dan losion.

4. Perlengkapan Mandi

perlengkapan ibu melahirkan-4

Perlengkapan mandi seperti deodoran, sabun mandi, sampo, tisu pembersih wajah, pasta gigi, dan sikat gigi adalah perlengkapan ibu melahirkan yang perlu dibawa.

Jangan lupakan lip balm dan pelembap. Karena rumah sakit punya sirkulasi udara yang kering, sehingga penting menjaga kelembapan kulit.

Baca Juga: 4 Kegiatan Harian yang Melatih Balita Jadi Lebih Mandiri

5. Pakaian Ganti dan Pakaian Dalam

perlengkapan ibu melahirkan-5

Bawa pakaian ganti dan juga pakaian dalam yang nyaman dikenakan selama berada di rumah sakit untuk perlengkapan ketika melahirkan.

Pastikan pakaian ganti tersebut memiliki bahan yang menyerap keringat dan tidak membuat Moms merasa kedinginan atau kegerahan ketika dipakai di rumah sakit.

Pastikan juga untuk membawa pakaian yang dikenakan saat Moms beranjak keluar dari rumah sakit dan membawa Si Kecil.

6. Alas Kaki

perlengkapan ibu melahirkan-6

Bawa sandal jepit untuk mandi atau dipakai di kamar jika kaki bengkak. Pilih sandal yang terbuat dari bahan yang nyaman ya, Moms.

Jika Moms mudah kedinginan, bisa dengan membawa beberapa pasang kaus kaki sebagai perlengkapan ibu melahirkan agar tetap menjaga kehangatan tubuh.

Baca Juga: Perkiraan Biaya Melahirkan Normal dan Caesar di Rumah Sakit Jabodetabek

7. Pakaian untuk Si Kecil

perlengkapan ibu melahirkan-7

Perlengkapan ibu melahirkan lainnya adalah membawa baju ganti yang hendak digunakan saat Si Kecil sudah lahir. Pastikan pakaian tersebut hangat ketika dikenakan.

Moms mungkin akan mendapatkan selimut dan topi di rumah sakit, jadi tidak perlu dibawa kecuali memang ingin menggunakan selimut sendiri.

8. Tas Ekstra

perlengkapan ibu melahirkan-8

Dengan semua barang dari rumah sakit, seperti popok, selimut, dan krim, dan semua hadiah dari pengunjung, Moms pasti akan memiliki lebih banyak barang daripada saat masuk.

Bawa beberapa tas ekstra yang dapat menampung semua barang-barang yang didapatkan. Pilih tas kuat dan mudah digenggam bahkan saat terisi penuh.

Nah, itu dia Moms beberapa perlengkapan ibu melahirkan yang perlu dibawa ke rumah sakit. Semoga proses persalinan dapat berjalan lancar!

Artikel Terkait