NEWBORN
21 Oktober 2020

7+ Perlengkapan Mandi Bayi yang Wajib Dimiliki, Catat!

Jangan lupa, beli perlengkapan mandi bayi yang alami dan aman Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sepenting apa mempersiapkan perlengkapan mandi bayi? Apa saja perlengkapan mandi bayi yang wajib dimiliki? Simak ulasannya di bawah ini.

Bagian yang menyenangkan dalam mempersiapkan kedatangan bayi adalah berbelanja semua hal kecil yang akan diperlukan. Ada kaus kaki super mungil dan topi pom-pom menggemaskan, kain bib yang terlalu imut, kaus dalam yang mungil, dan (tentu saja) popok dalam kantung penuh.

Tapi jangan berhenti sampai di situ. Bayi juga membutuhkan perlengkapan mandi bayi dan produk perawatan lainnya. Untungnya, tidak banyak yang harus dibeli.

Lupakan lotion, sampo, dan sabun yang harum. Begitu mencium aroma bayi baru yang manis, Moms akan menyadari bahwa tidak perlu menutupinya dengan parfum.

Untuk bayi baru lahir, UK National Health Service menyarankan untuk tidak menggunakan apa pun selain tisu katun dan air bersih untuk membersihkan bayi, karena sabun dan produk lainnya lebih keras pada kulit bayi baru yang lebih tipis daripada orang dewasa.

Dr Diane Truong, seorang dokter anak mengatakan, saat ini banyak orang tua yang lebih cerdas dalam memilih perlengkapan dan kosmetik bayi.

“Khususnya dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat lebih banyak permintaan untuk produk bayi yang lebih berkualitas. Orang tua lebih cerdas, sering bepergian, dan terdidik dengan baik tentang bahan, fitur, dan manfaat daripada sebelumnya,” jelasnya, dilansir Cosmetics Business.

Briony Davies, manajer akun IMIS, C&T untuk Euromonitor mengatakan, banyak konsumen yang semakin tidak melirik merk berbahan sintetis.

“Dalam perawatan bayi, ketakutan akan kemungkinan efek samping bahan kimia yang digunakan dalam kosmetik dan perlengkapan mandi adalah yang paling akut, mengingat betapa lembutnya kulit bayi,” jelasnya.

Perlengkapan Mandi Bayi

Berikut adalah hal-hal penting yang perlu dimiliki sebagai perlengkapan mandi bayi mungil Moms.

Baca Juga: 4 Ritual Memandikan Bayi Yang Perlu Mama Ketahui

1. Bola Kapas

8 Perlengkapan Mandi Bayi -1.jpg

Foto: Whattoexpect.com

Perlengkapan mandi bayi yang wajib dimiliki pertama adalah bola kapas. Selama beberapa minggu pertama, bola kapas yang dicelupkan ke dalam air biasa adalah cara paling lembut untuk membersihkan kotoran yang menempel sebelum mandi.

Tapi itu bukan satu-satunya alasan untuk menyimpan sekantong bola kapas steril.

Bola kapas juga akan berguna untuk menyeka mata Si Kecil yang indah itu. Moms dapat mengusapkannya sebelum mandi, karena menggunakan penyeka tidak aman digunakan pada bayi yang baru lahir.

2. Baby Oil

Perlengkapan mandi bayi yang wajib dimiliki selanjutnya adalah baby oil. Dokter mungkin akan menyarankan pemberian baby oil sebagai cara untuk menghilangkan cradle cap di kulit kepala.

Baby oil di atas bola kapas juga merupakan metode yang lembut untuk membersihkan kotoran yang sangat lengket dari kulit bayi.

Tetapi tidak perlu menggunakannya secara rutin atau untuk menutupi bayi hingga licin. Cukup gunakan seperlunya. Moms juga bisa menggunakan baby oil untuk tambahan lain dalam campuran untuk memijat bayi, baik sebelum atau sesudah mandi.

3. Tisu Bayi

8 Perlengkapan Mandi Bayi -3.jpg

Foto: Dhgate.com

Perlengkapan mandi bayi yang wajib dimiliki selanjutnya adalah tisu bayi. Setelah beberapa minggu membersihkan Si Kecil dengan bola kapas dan air biasa, bayi akan beralih ke tisu tisu popok.

Tisu juga bagus untuk mencuci tangan saat bepergian dan untuk membersihkan tumpahan popok yang bocor dan ludah pada pakaian.

Dalam keadaan darurat, tisu bayi juga dapat berfungsi sebagai pengganti air. Misalnya saat harus membersihkan pup bayi dalam perjalanan, atau menyeka tubuhnya saat Si Kecil sudah terlelap tidur malam tanpa membangunkannya untuk mandi.

Ada juga tisu popok kain yang dapat digunakan kembali atau jika bayi memiliki alergi terhadap merek tertentu. Moms juga harus membeli tisu bayi dalam bentuk kecil, untuk mengetahui mana yang cocok untuk Si Kecil.

Baca Juga: Cara Menstimulasi Indra Bayi Saat Mandi dengan Menyenangkan

4. Sabun dan Sampo Bayi

Perlengkapan mandi bayi yang wajib dimiliki selanjutnya adalah sabun dan sampo bayi. Tentu ini menjadi perlengkapan mandi bayi yang utama, terutama setelah bayi melewati minggu-minggu pertamanya. Baik berbentuk cair atau batang, cari tahu dulu kecocokan bayi dalam suatu produk. Biasanya, semakin pendek daftar bahannya, semakin baik.

Moms bisa juga membaca label dan memilih sabun dan sampo yang tidak terlalu banyak mengandung bahan tambahan dan pewangi. Memandikan bayi yang lembut sudah cukup untuk saat ini.

Selain itu, pilih juga sampo dan sabun yang memiliki formula bebas air mata, karena buihnya cenderung tertinggal dan bayi tidak selalu dapat menutup mata dengan rapat saat dimandikan.

5. Krim atau Salep Bayi

8 Perlengkapan Mandi Bayi -5.jpg

Foto: Webmd.com

Perlengkapan mandi bayi yang wajib dimiliki selanjutnya adalah krim atau salep bayi. Sebenarnya, krim atau salep bayi yang terbaik adalah yang mendapatkan rekomendasi dokter, setidaknya untuk memulai. Kemudian, Moms dapat bereksperimen untuk menemukan krim atau salep yang paling cocok untuk bayi.

Mengoleskan sedikit agar-agar atau salep pada termometer untuk melumasinya agar mempermudah Moms sebelum mengukur suhu bayi secara rectal. Salep atau krim ini juga dapat digunakan untuk mencegah ruam popok, meskipun bukan sebagai pengobatan untuk ruam popok.

Berguna untuk melembabkan kulit bayi, Mom bisa mengoleskan krim atau salep tersebut setiap habis mandi. Jika tidak yakin apakah krim itu cocok untuk Si Kecil, lakukan uji tempel dan tunggu beberapa saat. Jika kulit bayi tidak bereaksi, Moms bisa mengaplikasikannya ke seluruh tubuhnya.

6. Gunting Kuku Khusus Bayi

Perlengkapan mandi bayi yang wajib dimiliki selanjutnya adalah gunting kuku khusus bayi. Memegang gunting di dekat jari-jari mungil mungil itu mungkin akan cukup menakutkan, jadi Moms bisa memilih gunting kuku khusus untuk bayi yang berukuran kecil dan ketajaman dan model yang disesuaikan dengan Si Kecil.

Membeli gunting kuku yang dilengkapi dengan kaca pembesar akan mempermudah Moms untuk melihat potongan dan kerapihan setelah memotong kuku. Gunting kuku masuk dalam perlengkapan mandi bayi karena akan lebih mudah memotong kukunya setelah mandi.

Baca Juga: Tips Agar Bayi Tidak Menangis Saat Mandi

7. Bathtub

8 Perlengkapan Mandi Bayi -7.jpg

Foto: Nytimes.com

Perlengkapan mandi bayi yang wajib dimiliki selanjutnya adalah bathtub. Newborn akan sering menggeliat, sehingga akan basah dan licin bila sedang dimandikan. Untuk memastikan bayi tetap aman saat sedang mandi, baik di kamar mandi atau di dalam kamar, pilih bathtub atau bak mandi yang mengikuti kontur bayi dan mencegah Si Kecil meluncur ke air.

Berdasarkan ukuran bayi dan kenyamanan, pilih bathtub yang ideal dari berbagai pilihan yang tersedia di pasaran. Meskipun bak plastik lebih mudah dibersihkan, bak plastik dapat dibuka seiring dengan pertumbuhan bayi. Moms juga dapat memilih bak yang ditiup atau lipat, yang berguna saat bepergian.

Moms bisa memilih bak mandi yang memiliki bagian bawah yang tidak licin di bagian luar dan dalam, memiliki tepian bulat halus, mudah dicuci dan memiliki drainase yang cepat, bantalan busa tahan jamur, dan menopang kepala dan bahu bayi.

8. Handuk

Perlengkapan mandi bayi yang wajib dimiliki selanjutnya adalah handuk. Handuk berfungsi sebagai pengering kepala dan badan bayi setelah mandi. Karena termasuk dalam peralatan mandi yang essesnsial, Moms harus memilih handuk berbahan yang nyaman, ringan, halus, lembut namun cepat menyerap cairan.

Pemilihan bahan tersebut dimaksudkan untuk menghindari kekeringan di kulit bayi, juga tidak akan terjadinya gesekan terlalu keras yang akan mengkibatkan kulit bayi iritasi atau terluka. Moms bisa membeli 2 hingga 3 handuk mandi katun lembut berwarna cerah.

Tips Memilih Perlengkapan Mandi Bayi

Kulit newborn sangat sensitif dan lembut. Karenanya, tidak heran jika orang tua baru kesulitan menemukan produk yang tepat untuk bayi. Untuk membuatnya lebih mudah, ada beberapa tips memilih perlengkapan mandi bayi yang bisa Moms gunakan.

  • Baca label dengan cermat. Untuk bayi yang terbaik adalah tetap menggunakan produk yang sedekat mungkin dengan ‘sealami’ mungkin yang tertera pada label. Hindari membeli produk yang mengandung pewarna, dan bahan kimia seperti paraben, sulfat, dan ftalat.
  • Pastikan bayi tidak alergi terhadap bahan yang digunakan. Perhatikan tanda-tanda alergi pada bayi setiap kali mengoleskan losion baru atau produk bayi lainnya. Pilihan teraman adalah memilih produk alami yang bebas dari bahan kimia berbahaya.
  • Periksa kemanjuran produk. Pastikan produk tersebut telah teruji secara dermatologis dan disetujui oleh dokter anak juga. Produk apa pun yang mendapat 'persetujuan' dari dokter biasanya aman digunakan.
  • Hindari wewangian buatan. Wewangian memang menenangkan, tetapi juga bisa mengiritasi kulit Si Kecil. Cari produk yang memiliki wewangian ringan hingga dapat diabaikan; terutama untuk area sensitif seperti area popok bayi.
  • Pentingkan kualitas daripada kuantitas. Meski sedikit mahal, produk yang diformulasikan untuk kulit bayi adalah yang terbaik. Pilih produk yang tepat dan periksa umur simpan yang tertera pada kemasan. Membeli dalam jumlah besar terkadang membuat Moms berisiko menggunakan produk kedaluarsa.

Baca Juga: Benarkah Mandi Malam Bisa Bikin Rematik?

Alergi pada Kulit Bayi

Selain perlengkapan seperti bak dan handuk, perlengkapan mandi bayi tentu tidak akan terlepas dari beberapa produk kosmetiknya. Seperti disebutkan di atas, produk-produk perawatan bayi tersebut adalah yang akan paling sering diaplikasikan ke kulit Si Kecil.

Oleh karena itu, hal yang paling membutuhkan perhatian adalah terkait dengan alergi. American Academy of Allergy Asthma and Immunology mengatakan, kulit yang teriritasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Ini termasuk gangguan sistem kekebalan, obat-obatan dan infeksi. Ketika alergen bertanggung jawab untuk memicu respons sistem kekebalan, maka itu adalah kondisi kulit alergi.

Ini juga diamini oleh pernyataan dari Allergy Asthma and Clinical Immunology yang mengunkapkan bahwa masalah kulit jangka pendek pada bayi usia 0–3 bulan akan mempengaruhi alergi makanan atau dermatitis atopik hingga usia 2 tahun.

Mulai tuliskan daftar perlengkapan mandi bayi mulai sekarang, agar lebih tenang saat menghadapai hari persalinan nanti.

Artikel Terkait