TRIMESTER 3
25 Juli 2020

14 Perlengkapan untuk Persalinan yang Wajib Dibawa

Ada banyak hal yang perlu Moms masukan dalam tas yang akan dibawa ke rumah sakit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kelahiran bayi merupakan salah satu momen paling membahagiakan bagi para orang tua. Penantian panjang selama 9 bulan, akhirnya akan berakhir karena Si Kecil lahir sudah.

Namun di samping perasaan bahagia, pasti ada perasaan tegang dan was-was. Tegang karena ini merupakan pertama kalinya melahirkan, dan mungkin was-was karena takut perlengkapan yang akan dibawa untuk persalinan belum lengkap.

Baca Juga: Ini 3 Fakta Mengenai Kehamilan Kembar

“Terlebih lagi jika ibu hamil tersebut memiliki kehamilan risiko tinggi dan dokter kandungan merasa dia mungkin akan melahirkan lebih awal, biasanya akan direkomendasikan untuk mengemas perlengkapan untuk persalinan sekitar minggu ke-35 kehamilan," kata Nicole Randazzo-Ahern, direktur medis bayi baru lahir di MassGeneral Hospital for Children.

Perlengkapan untuk Persalinan

Nah, untuk Moms yang baru saja akan melahirkan anak pertama, mungkin bingung apa saja kira-kira perlengkapan untuk persalinan yang harus dibawa ke rumah sakit. Di bawah ini ada beberapa perlengkapan yang wajib Moms bawa. Apa saja? Kita lihat yuk!

1. Dokumen Penting

perlengkapan untuk persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari situs Parents, bawalah dokumen salinan rencana kelahiran Moms (jika ada), foto identitas, informasi asuransi kesehatan, dan formulir pendaftaran rumah sakit.

Bahkan jika Moms sudah mendaftar di rumah sakit, beberapa rumah sakit perlu mengonfirmasi catatan kita sebelum mereka dapat menerima kelahiran kita.

2. Handphone dan Charger

perlengkapan untuk persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Memang di saat sekarang ini tidak ada yang pergi tanpa membawa handphone. Tetapi pastikan Moms (dan pasangan) memiliki charger yang praktis atau powerbank.

Baca Juga: Apakah Anak Sudah Siap Punya Handphone Sendiri?

Selain membutuhkan ponsel untuk alasan yang jelas (menelepon, mengirim pesan teks, dan memperbarui akun sosial dengan berita menarik), Moms juga ingin mengunduh aplikasi yang bermanfaat, seperti penghitung waktu kontraksi, dan sebagainya.

3. Musik, Film, dan Majalah

perlengkapan untuk persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Moms perlu memenuhi handphone atau tablet yang dibawa dengan lagu, netflix, atau apa pun yang bisa memberikan Moms hiburan selagi menunggu waktu kelahiran si bayi di rumah sakit.

Barang-barang ini akan membantu Moms dan pasangan selama menunggu dan proses persalinan yang panjang.

4. Beberapa Pasang Kaos Kaki

perlengkapan untuk persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Dr. Nicole, perlengkapan untuk persalinan lainnya adalah dua atau tiga pasang kaos kaki yang hangat (untuk berjalan di ruangan sebelum dan sesudah melahirkan). Kita bisa memilih kaos kaki yang berbulu tebal karena lebih hangat.

Tetapi jika Moms lebih suka sesuatu yang lebih sederhana, coba kaus kaki pendek yang dapat digunakan kembali untuk kelas latihan postpartum kita.

Baca Juga: Perlukah Waspada Terhadap Bahaya Postpartum Psychosis?

5. Camilan dan Minuman

perlengkapan untuk persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Camilan dan minuman merupakan salah satu perlengkapan untuk persalinan yang wajib dibawa oleh para ibu hamil,” kata Anya Hayes, ahli pengasuhan anak.

Dengan membawa camilan yang cukup untuk Moms sendiri dan juga pasangan yang menjaga, tentu akan sangat membantu saat butuh sesuatu untuk dimakan. Permen lolipop sangat bagus untuk menghilangkan mulut kering selama persalinan.

6. Pakaian yang Nyaman

perlengkapan untuk persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Moms akan membutuhkan pakaian dalam, celana dalam, dan beberapa pasang pakaian yang nyaman selama di rumah sakit.

Namun jangan lupa, pasangan Moms mungkin perlu sepasang baju dan celana baru jika akan lama menjaga Moms di rumah sakit. Kita cenderung melupakan kebutuhan pasangan karena terlalu sibuk dengan kebutuhan diri sendiri. Terlebih lagi, baju tidur yang terbuat dari katun akan jauh lebih nyaman daripada jubah rumah sakit, dan baju tidur akan sangat berguna untuk berjalan di koridor.

Maka dari itu, ada baiknya dalam menyiapkan perlengkapan untuk persalinan, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan suami juga ya Moms.

7. Bantal Lembut

perlengkapan untuk persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Bantal yang disediakan oleh rumah sakit mungkin sedikit membuat Moms merasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu, membawa satu bantal dari rumah, akan membantu Moms untuk lebih santai saat berada di rumah sakit.

Jangan lupa membawa satu lagi untuk suami Moms ya, terlebih jika pasangan kita akan menemani kita bermalam di rumah sakit.

Baca Juga: Lebih Hemat Budget, Ini 7 Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Disewa Saja!

8. Perlengkapan Toilet

perlengkapan untuk persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Deodoran, sabun mandi, sampo, tisu pembersih wajah, pasta gigi, dan sikat gigi adalah salah satu perlengkapan untuk persalinan yang penting.

Jangan lupakan lip balm dan pelembap, karena hawa rumah sakit cenderung kering, dan kehamilan akan mempengaruhi kulit kita.

9. Popok Orang Dewasa

perlengkapan persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Selama Moms di rumah sakit, perawat akan meminta Moms untuk menggunakan bantalan dan pakaian dalam yang sedikit tidak nyaman, tetapi banyak orang tua mengatakan bahwa popok dewasa, seperti lebih nyaman dan membuat penggunanya merasa lebih aman. Semprotan perineum juga merupakan tambahan yang tak ternilai untuk arsenal postpartum Moms.

10. Ikat Rambut

perlengkapan persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms memiliki rambut yang panjang, maka mungkin terkadang ingin diikat agar tidak menghalangi proses saat persalinan. Moms disarankan untuk membawa rambut yang bisa mengikat semua rambut dan tidak menyisakan rambut.

Dengan begitu, rambut Moms akan tampak rapi setelah melahirkan, tidak akan ada kerutan di rambut Moms! (Hindari mengenakan klip saat persalinan, karena Moms berisiko tertusuk).

Baca Juga: 5 Tips Cepat Melahirkan, Yuk Coba!

11. Speaker Bluetooth Portabel dan Playlist Spotify

perlengkapan persalinan

Foto: thebump.com

Memutar musik selama persalinan dapat menjadi hiburan berharga bagi sebagian orang. Jika Moms membuat daftar lagu untuk diputar, tambahkan banyak lagu ke dalamnya, karena proses persalinan dapat berlangsung 24 jam lebih, dan Moms tentu tidak ingin mendengarkan 10 lagu yang sama berulang-ulangkan sepanjang waktu. Meskipun mungkin terkadang Moms menginginkan ketenangan.

12. Kamera

perlengkapan persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti ingin mengabadikan momen-momen kelahiran Si Kecil. Jadi sebaiknya Moms membawa sendiri kamera untuk mengambil foto dan satu atau dua video proses persalinan. Banyak orang tua kehabisan memori di ponsel mereka, jadi senang membawa kamera khusus untuk momen spesial ini.

13. Bra Menyusui

perlengkapan persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Jika proses persalinan Moms berjalan dengan lancar, dan Moms melahirkan bayi yang sehat dan segar, Moms mungkin hanya akan tinggal di rumah sakit selama dua atau tiga hari saja.

Baca Juga: Penanganan Mastitis, Payudara Bengkak pada Ibu Menyusui

Moms disarankan untuk membawa dua atau tiga baju menyusui atau bra menyusui agar bisa menyusui lebih mudah dan tetap nyaman selama Moms tinggal. Jika memutuskan untuk memakai bra menyusui, bawalah baju dengan bagian depan yang bisa dibuka, jadi lebih mudah bagi Moms untuk menyusui Si Kecil.

14. Pompa ASI

perlengkapan persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms berencana untuk menggunakannya, saya sarankan membawa milik sendiri. Sebagian besar rumah sakit memiliki konsultan laktasi yang mengunjungi setiap kamar sehingga mereka dapat membantu Moms menyusui dan menunjukkan cara menggunakan pompa ASI dengan benar.

Itu dia Moms beberapa perlengkapan untuk persalinan yang perlu Moms kemas sebelum beranjak ke rumah sakit. Dipersiapkan dari jauh-jauh hari ya Moms!

Artikel Terkait