COVID-19
17 Juni 2020

Perlindungan dari COVID-19 Lebih Maksimal, Ini Aturan Pakai Face Shield

Face shield tak kalah awet dari masker kain
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memasuki era new normal, nampaknya melakukan perlindungan diri terhadap virus corona tidak hanya sekadar dengan menggunakan masker kain, tetapi juga penggunaan face shield atau pelindung wajah.

Beberapa orang terlihat menggunakan face shield dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Lalu, bagaimana aturan serta perawatan memakai face shield? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Lindungi Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19 dengan 5 Cara Mudah Ini

Aturan Memakai Face Shield

Jika Moms hendak membuat atau membeli pelindung wajah, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebagai aturan dari memakai face shield. Mulai dari bahan yang digunakan, cara pemakaian, dan perawatannya.

1. Jenis Bahan dan Bentuk

aturan pakai face shield-1.jpg

Foto: inceptivemind.com

Mengutip Journal of American Medical Association, ada ragam bentuk face shield yang tersedia. Tetapi pastikan pilih produk yang terbuat dari plastik bening yang menutupi wajah sebagai aturan memakai face shield.

"Untuk perlindungan optimal, panjang face shield harus berada hingga di bawah dagu, panjang samping tidak menutupi cuping telinga, dan seharusnya tidak ada celah terbuka antara dahi dan penutup kepala," tulis jurnal tersebut.

Perusahaan Apple memberikan tips cara membuat face shield, dengan keterangan sebagai berikut:

  • Lapisan pelindung, terbuat dari plastik bening PET atau PETG dengan ketebalan 0,50 mm
  • Pita dahi, terbuat dari plastik bening PET atau PETG dengan ketebalan 0,50 mm
  • Tali silikon bebas lateks, dengan ketebalan 1,4-1,6 mm

Selain itu, pastikan bahan yang digunakan jelas secara optik dan tidak retak saat dilipat ke atas hingga sudut 180 derajat untuk membentuk lipatan.

Baca Juga: Tips Melindungi Diri dari COVID-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui

2. Tetap Gunakan Masker

aturan pakai face shield-2.jpg

Foto: health.com

Spesialis penyakit menular di NYU Winthrop Hospital, Ross Polski, mengatakan bahwa face shield memang dapat melindungi bagian wajah yang terbuka, seperti mata, yang tidak dapat ditutup ketika melakukan kontak dekat.

"Namun, masker wajah medis lebih menutup rapat di sekitar wajah, sehingga bisa mencegah droplet dengan COVID-19 masuk ke tubuh melalui hidung dan mulut, menjadikan masker alat pencegahan yang lebih efektif," jelasnya mengutip Egypt Independent.

Karena itu, sebagai aturan memakai face shield, akan lebih baik jika Moms juga menggunakan masker kain sebagai perlindungan terhadap paparan COVID-19 saat berada di luar dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Anti Panik, Ini Cara Melindungi Keluarga dari Virus Corona Novel Menurut Pakar

3. Perawatan Face Shield

aturan pakai face shield-3.jpg

Foto: chicagotribune.com

Sama seperti masker kain, pelindung wajah juga bisa dibersihkan agar bisa digunakan beberapa kali.

Aturan membersihkan face shield juga mudah, cukup bersihkan bagian dalam secara hati-hati, bersihkan bagian luarnya, menggunakan sabun dan air, atau disinfektan rumah tangga biasa.

Face shield dapat digunakan berkali-kali selama belum rusak dan masih nyaman dipakai, dapat menjadi 'penghalang' masuknya virus corona, dan mencegah pemakainya untuk menyentuh wajah mereka.

Itu dia Moms, aturan pemakaian dan perawatan dari penggunaan face shield yang bisa diketahui.

Artikel Terkait