PERNIKAHAN & SEKS
17 September 2019

Perlu Dibaca, Ini Penyebab Ejakulasi Dini pada Pria!

Ejakulasi dini jelas menimbulkan masalah untuk pria dan pasangannya. Namun, apa sih yang menjadi penyebab ejakulasi dini.
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

“Ejakulasi dini terjadi saat sperma dan mani terlalu cepat keluar, dan tidak sesuai dengan harapan. Entah itu saat melakukan penetrasi atau saat melakukan masturbasi,” jelas Zvi Zuckerman, dokter medis dan terapis seks bersertifikat

Namun, masalah ini bukanlah masalah khusus. Menurut data, setidaknya 1 dari 3 pria pernah mengalaminya sekali dalam seumur hidup.

Sebagian besar pakar seks mengartikan ejakulasi dini sebagai pencapaian klimaks yang berlangsung kurang dari dua menit. Hal ini bisa mengakibatkan pasangan merasa tidak puas. Dan bisa juga menumbuhkan kecemasan untuk sang suami, yang mungkin bisa membuat masalah jadi panjang.

Baca Juga:Ini Dampak Ejakulasi Dini Pada Pasangan

Apa Penyebab Ejakulasi Dini?

lidocaine-cream-vs-spray-for-premature-ejaculation.jpg

Foto: forhim.com

Faktor pertama sifatnya psikologis. Seperti terlalu senang, terlalu cemas, rasa bersalah, trauma, depresi, atau tekanan karena pasangan menuntut untuk memberikan performa terbaik, adalah penyebab paling umum dan mendasar dari ejakulasi dini.

Sebenarnya ejakulasi dini wajar saja di beberapa situasi. “Semisal, saat seks pertama. Atau saat kita mengalami hipersensitivitas dari rangsangan yang terlalu intens, atau jarak antar ejakulasi yang terlalu singkat atau panjang,” terang Dr Zuckerman.

Baca Juga: Hubungan antara Ejakulasi Dini dan Infertilitas pada Pria

Penyakit yang Menyebabkan Ejakulasi Dini

PREMATURE-EJACULATION@2x.jpg

Foto: mazemanshealth.com

Namun, saat seorang pria jadi rutin mengalami ejakulasi dini, itulah yang nantinya akan berkembang menjadi disfungsi seks primer, alias terus-menerus seumur hidup.

Selain masalah psikologis, ketidakmampuan untuk mengontrol ejakulasi, juga bisa diakibatkan oleh kondisi medis. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan ejakulasi dini adalah:

  • Diabetes
  • Impotensi
  • Gangguan prostat
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Kadar senyawa kimia dalam otak (neurotransmitter) abnormal
  • Kadar hormon abnormal (masalah pada kelenjar tiroid)
  • Riwayat penyalahgunaan alkohol, zat, dan obat-obatan
  • Kerusakan sistem saraf; oleh trauma atau bekas operasi
  • Peradangan uretra

Intinya, sulit untuk menentukan apa sebenarnya akar penyebab ejakulasi dini. Bisa karena faktor psikologis, masalah fisik, dan bisa juga kombinasi keduanya.

Jika Moms menemukan kondisi ini pada pasangan, ajaklah berkonsultasi ke dokter terdekat untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut

Baca Juga: Mengapa Disebut Ejakulasi Dini?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait