BALITA DAN ANAK
20 November 2019

Perlukah Mengonsumsi Suplemen Vitamin Anak?

Anak yang menerapkan pola makan vegetarian atau vegan mungkin butuh suplemen vitamin
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Agar mendukung tumbuh kembang anak, penting bagi mereka untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup melalui menu makanan mereka.

Sebagian besar anak-anak mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang cukup, tetapi pada kondisi tertentu, anak-anak mungkin perlu menambah asupan vitamin atau mineral.

Moms perlu mengetahui, bahwa kebutuhan vitamin dan mineral anak bisa berbeda-beda, tergantung dari usia mereka.

"Anak-anak membutuhkan sejumlah vitamin dan mineral untuk pertumbuhan dan kesehatan yang baik, tetapi jumlah persisnya bervariasi menurut usia," jelas Elizabeth Streit, MS, RDN, LD, ahli diet terdaftar, mengutip Healthline.

Baca Juga: Perlukah Bayi Diberi Suplemen Vitamin?

Apakah Perlu Mengonsumsi Suplemen Vitamin Anak?

suplemen vitamin anak-3.jpg

Lebih lanjut Elizabeth menjelaskan, "Secara umum, anak-anak yang makan makanan sehat dan gizi seimbang tidak perlu suplemen vitamin anak."

Tetapi, beberapa kelompok seperti bayi di usia menyusui, mungkin perlu suplemen vitamin anak tertentu.

"Bayi memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dari anak-anak dan mungkin memerlukan suplemen vitamin anak tertentu, seperti vitamin D untuk bayi yang disusui," lanjut Elizabeth.

American Academy of Pediatrics dan United States Department of Agriculture Guidelines for Americans menyarankan agar anak-anak makan buah, sayuran, biji-bijian, susu, dan protein untuk mendapatkan nutrisi yang memadai.

Makanan ini mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang yang optimal pada anak-anak.

Baca Juga: Mengenal 5 Manfaat MPASI untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

Beberapa Anak Mungkin Butuh Nutrisi Tambahan

suplemen vitamin anak-2.jpeg

Meskipun sebagian besar anak-anak yang sudah makan makanan sehat tidak membutuhkan suplemen vitamin anak, tetapi ada beberapa anak yang mungkin perlu suplemen vitamin anak.

Suplemen vitamin dan mineral tertentu mungkin diperlukan untuk anak-anak yang berisiko kekurangan asupan nutrisi dari makanan alami, yaitu anak yang:

  • Menerapkan pola makan vegetarian atau vegan
  • Memiliki kondisi yang memengaruhi penyerapan kebutuhan nutrisi, seperti penyakit seliaka, kanker, fibrosis kistik, atau penyakit radang usus (IBD)
  • Telah menjalani operasi yang berdampak pada kondisi usus atau perut
  • Anak yang yang sangat pemilih dan berjuang untuk makan berbagai makanan

Baca Juga: 3 Tips Atasi Anak yang Melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut)

"Secara khusus, anak-anak yang makan makanan nabati mungkin berisiko kekurangan kalsium, zat besi, seng, vitamin B12 dan D. Terutama jika mereka makan sedikit atau tidak makan produk hewani," terang Elizabeth.

Jika anak gagal dalam memenuhi nutrisi yang kurang ini dalam menu makannya, maka dapat menyebabkan konsekuensi serius, seperti pertumbuhan abnormal dan keterlambatan perkembangan.

"Diet seimbang termasuk susu atau alternatif susu, buah-buahan dan sayuran, biji-bijian dan protein seperti unggas, ikan, telur, dan kacang-kacangan," jelas Esther Ellis, MS, RDN, LDN, ahli diet terdaftar, melansir Eat Right.

Jadi, orang tua harus memberikan menu makan gizi seimbang untuk memastikan anak mereka memenuhi asupan vitamin dan mineral yang direkomendasikan setiap hari, sehingga meminimalisir untuk mengonsumsi suplemen vitamin anak.

Artikel Terkait