2-3 TAHUN
21 Februari 2019

Ingin Si Kecil Makin Cerdas? Coba 5 Permainan Ini Agar Anak Tumbuh Cemerlang

Menyenangkan dan membuat anak lebih cerdas!
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Membuat anak cerdas dan tumbuh menjadi sosok yang cemerlang adalah impian setiap orang tua. Untuk mewujudkan hal ini, banyak cara yang dapat dilakukan dan salah satunya adalah lewat permainan.

Setiap anak tentu suka bermain, pilihlah permainan anak yang dapat membuatnya tumbuh cemerlang. Di antaranya beberapa permainan di bawah ini:

1. Bermain Kartu

cemer1

foto: giftsforcardplayers.com

Salah satu permainan yang menyenangkan untuk anak-anak adalah bermain kartu.

Gunakanlah kartu yang memiliki warna dan gambar yang beragam untuk bermain memori dengan mereka.

Latih daya ingat mereka dengan memintanya mengingat beberapa gambar pada kartu tersebut.

Tak hanya itu, Moms juga dapat mengurutkan kartu, mengacaknya, dan meminta mereka kembali mengurutkannya sesuai dengan urutan awal.

Kartu yang memiliki angka juga dapat digunakan sebagai media untuk mengajarkannya berhitung, sama halnya dengan kartu berwarna untuk membantunya menghafal berbagai macam warna.

2. Board Game

cemer2

foto: brisbanekids.com.au

Banyak sekali permainan seru dari board game atau permainan di atas papan. Mulai dari catur, puzzle, scrabble, dan masih banyak lagi.

Permainan ini memang tak membuat Si Kecil banyak bergerak namun melatih kecerdasan dan kemampuan berpikirnya yang akan sangat berguna pada masa pertumbuhannya.

Permainan ini dapat membuat anak tumbuh cemerlang karena menuntut mereka untuk mampu menyusun strategi serta memiliki pengaturan diri yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 4 Ide Permainan Konstruktif dan Manfaatnya untuk Balita

3. Permainan yang Melibatkan Fisik

cemer3

foto: parenting.firstcry.com

Game yang menggabungkan aktivitas fisik tidak hanya baik untuk tubuh Si Kecil, tetapi juga bagus untuk otaknya.

Banyak tantangan dan kontrol yang diperlukan saat melakukan permainan yang melibatkan fisik.

Selain itu, bermain dengan melibatkan fisik secara tak langsung akan menyehatkan tubuh Si Kecil yang dituntut untuk bergerak.

Permainan ini umumnya akan dilakukan di luar rumah dan bersama teman-teman, yang tentunya dapat meningkatkan keberaniannya terhadap dunia luar serta sosialisasinya terhadap lingkungan.

4. Menyanyi Bersama

cemer4

foto: myk104.com

Jangan anggap menyanyi hanyalah hal kecil yang dilakukan disela-sela keseharian Si Kecil.

Membuat rutinitas menyanyi bersama merupakan langkah yang baik sekali untuk mempertajam ingatan dan pengendalian dirinya.

Anak akan tumbuh cemerlah bila Moms sering mengajaknya menyanyi bersama. Sebab, selain menghafal lirik, Moms juga dapat mengajarkan banyak hal lewat nyanyian.

Ketika Moms sedang mengajarkannya untuk berhitung, menghafal nama, atau benda gunakanlah nyanyian yang akan membuatnya mudah mengingat.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengajak Anak Beraktivitas di Alam Bebas, Dapat Mengurangi Stres!

5. Bermain Teka-teki

cemer5

foto: westmonktonprimaryschool.co.uk

Permainan menyenangkan lainnya yang dapat dimainkan bersama Si Kecil adalah teka-teki. Moms dapat memanfaatkan permainan ini untuk melatih daya pikir dan daya ingatnya.

Tak perlu memberikan teka-teki yang terlalu sulit karena hanya akan membuatnya berpikir terlalu keras dan menjadi bosan dengan permainan tersebut.

Gunakanlah hal-hal sekitar untuk dijadikan bahan teka-teki yang menyenangkan dan dapat menambah pengetahuannya.

Permainan di atas tampaknya sangat mudah bukan untuk dimainkan bersama Si Kecil? Selain mudah dan menyenangkan, permainan tersebut akan membuat mereka tumbuh cemerlang, lho.

(MDP)

Artikel Terkait