3-12 BULAN
22 Januari 2020

5 Permainan Bayi di Playground yang Menyenangkan

Coba permaian bayi di playground ini dan mulailah bersenang-senang!
Artikel ditulis oleh Fia
Disunting oleh Intan Aprilia

Meski masih berusia muda, bayi akan sangat senang jika Moms membawanya ke tempat yang memiliki udara segar dan luas. Memang rumah adalah tempat yang nyaman, tapi sesekali mengajaknya ke playground bukanlah hal yang salah.

Melihat anak-anak yang aktif bergerak di playground, bukanlah hal mustahil melakukan hal yang sama dengan Si Kecil. Ajak Si Kecil bergerak bersama atau pantau dia melakukan hal-hal menyenangkan yang bisa dia lakukan.

“Peran taman bermain adalah sebagai sumber daya untuk meningkatkan kesehatan anak-anak melalui gerakan dan permainan di luar ruangan. Untuk investasi yang relatif sederhana sekarang, anak-anak dapat memperoleh manfaat kesehatan yang besar untuk tahun-tahun mendatang, ” kata Mark Hardy, ketua Association of Play Industries (API).

Mengajak anak bermain di ruangan terbuka sejak kecil akan menjauhkannya dari gadget saat mulai tumbuh besar.

Baca Juga: 5 Ide Permainan Sensorik Untuk Bayi 8 Bulan

Sebuah survey yang dilakukan pada 1.111 orang tua dengan anak-anak berusia antara 2 dan 12 tahun menemukan, 9 dari 10 orang tua yang tidak dekat dengan taman bermain mengatakan bahwa memiliki akses akan membuat anak mereka bermain di luar lebih banyak.

Penelitian yang dilakukan oleh Mumsnet yang merupakan situs web terbesar untuk orang tua di Inggris ini, mengungkapkan kekhawatiran orang tua atas meningkatnya pergeseran anak dari bermain di luar dan beralih ke gadget.

69% orang tua dari usia 10 hingga 12 tahun mengatakan anak-anak mereka lebih suka menonton film daripada kegiatan lainnya.

Permainan Bayi di Playground

Jadi, apa saja permain bayi di playground yang bisa dilakukan?

1. Lihat Bayi Meluncur

Ternyata 5 Permainan Ini Bisa Moms Lakukan Bersama Si Kecil di Playground -1.jpg

Foto: gardenerspath.com

Perosotan adalah salah satu permainan di playground yang tepat untuk bayi.

Selain akan membuat bayi senang, bermain dengan perosotan juga dapat memberikan pelajaran sebab-akibat, mirip dengan menjatuhkan barang di sisi kursi tinggi.

Bantu bayi meluncurkan mainannya dari atas perosotan dan lihat reaksinya saat mainan tersebut sampai ke bawah.

Jika memungkinkan dan aman, Moms juga bisa mengajaknya untuk meluncur sendiri atau bersama dengan Moms. Hal itu tentu akan menjadi pengalaman menyenangan untuk Si Kecil.

2. Lihat dan Sentuh

Ternyata 5 Permainan Ini Bisa Moms Lakukan Bersama Si Kecil di Playground- 2.png

Foto: mommynearest.com

Tertarik untuk mengajak bayi memanjat dinding? Mungkin itu akan cocok untuknya pada 7 ada 8 tahun lagi.

Tapi itu tidak berarti Si Kecil tidak bisa merasakan keseruannya saat ini. Faktanya, karena bayi belajar tentang dunia melalui indera sentuhan mereka, seluruh taman bermain adalah tempat yang sempurna untuk tur sentuhan sebagai permainan bayi di playground yang menarik.

Bantu bayi untuk merasakan kasarnya dinding panjat, kemudian kemiringan serodotan logam, merasakan pasir dari kotak pasir.

Tunjukkan juga suara-suara yang ada di playground seperti suara anak-anak tertawa, deru air dari alat penyiram, derak ayunan dan lain sebagainya.

Moms harus memastikan agar Si Kecil tidak kepanasan saat melakukannya dengan memilih waktu sore hari atau memakaikannya topi.

Baca Juga: 5 Mainan Edukatif untuk Perkembangan Bayi di Bawah 1 Tahun

3. Ajak Mengayun di Ayunan

Ternyata 5 Permainan Ini Bisa Moms Lakukan Bersama Si Kecil di Playground -3.jpg

Foto: hags.com

Setelah bayi memiliki kontrol kepala yang cukup baik dan dapat duduk dengan dukungan sekitar usia enam bulan, Si Kecil akan siap untuk mencoba permainan ayunan bayi di playground.

Jangan mendorongnya dari belakang ya Moms. Berdirilah di depannya dan mendoronglah kakinya yang mungil dengan lembut.

Bayi akan senang melihat wajah Moms yang tersenyum dan merasakan sensasi yang menggelitik.

Untuk meningkatkan pengalamannya, angkat sesuatu yang lembut seperti syal atau popok kain yang bisa dia tangkap saat mengayun ke depan.

Mengayun akan mengajarkan keseimbangan dan memberi latihan keterampilan motorik halus saat mencengkeram rantai, keterampilan motorik kasar saat memompa kakin untuk berayun lebih tinggi dan koordinasi saat menyatukan semuanya.

4. Bermain Apa Saja

Ternyata 5 Permainan Ini Bisa Moms Lakukan Bersama Si Kecil di Playground -4.jpg

Foto: luluruns.com

Ini bisa berarti permainan tanpa menggunakan media. Seperti hanya berlarian bersama anak-anak lain.

Saat itu yang sebenarnya terjadi bukan hanya bermain, menurut Understood for Educators, buah hati juga akan belajar berkomunikasi dengan anak-anak lain dan melatih percakapan dan kosa kata.

Playground juga dapat membantunya belajar cara mengikuti dan mengubah aturan, berbagi, dan mengantre sesuai giliran.

“Interaksi sosial semacam ini dapat membantu anak berlatih menangkap isyarat sosial seperti bahasa tubuh dan nada suara,” kata Elizabeth Harstad, MD, MPH, dokter anak perilaku perkembangan di Rumah Sakit Anak Boston.

Baca Juga: 3 Playground Baru yang Seru di Jakarta

5. Bermain Bola

Ternyata 5 Permainan Ini Bisa Moms Lakukan Bersama Si Kecil di Playground -5.jpg

Foto: shutterstock.com

Bawalah bola saat Moms hendak mengajak bayi bermain di playground. Biarkan dia bermain dengan bola tersebut.

Tanpa disadari, bayi menunjukkan keterampilan koordinasi motorik saat bermain. Moms juga bisa merangsangnya dengan mengajaknya bermain merebut atau menangkap bola, memantulkan, atau menggelindingkannya.

Sebenarnya, masih banyak permainan bayi di playground yang bisa dilakukan. Berimajinasilah dan nikmati waktu bersama Si Kecil.

Artikel Terkait