PARENTING
27 Maret 2020

8 Persiapan Melahirkan menurut Islam, Yuk Lakukan Moms!

Insya Allah persalinan menjadi mudah dan lancar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Zarah Amala
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap ibu hamil tentunya menginginan proses persalinan yang mudah, lancar, dan aman, kan? Bila Moms saat ini sedang menanti kelahiran Si Kecil, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat persalinan mudah, lancar dan aman.

Salah satunya dengan menjalankan gaya hidup yang sehat selama kehamilan.

Gaya hidup sehat selama hamil, seperti mengonsumsi makanan sehat, sering bergerak, bahkan melakukan gerakan shalat, juga menjadi ikhtiar untuk menyiapkan persalinan yang mudah.

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Menurut Islam, Yuk Ikuti!

Persiapan Melahirkan menurut Islam

berdoa saat hamil-2.jpg

Foto: Shutterstock

Dan sebagai muslim, kita harus berusaha dan berdoa untuk mencapai sesuatu dengan cara yang benar. Karena berusaha saja tidak cukup, dan berdoa tanpa usaha pun tak ada artinya.

Berikut adalah 8 kebiasaan baik sebagai persiapan melahirkan menurut Islam seperti dikutip dari Azislam. Yuk simak Moms!

1. Mengamalkan Doa selama Kehamilan

Selama kehamilan Moms dapat membaca doa di waktu luang. Doa ibu hamil berikut juga dimaksudkan untuk meminta kepada Allah agar Moms diberkati dengan anak-anak yang baik dan saleh, dan mereka yang berbakti kepada orang tua.

Bukan hanya Moms, doa ini juga perlu dibaca oleh suami sebelum persalinan atau selama kehamilan, terutama sesaat setelah melakukan shalat seperti cara Nabi memuliakan istrinya.

“Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota a'yun, waj'alna lil'uttaqina imamaa."

Artinya: "Ya Tuhan kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa) (QS. Al Furqon:74)

Membaca Surah Maryam juga disarankan. Tujuannya agar Moms mendapat kekuatan dan keberkahan saat hamil, seperti kisah Maryam saat mengandung Nabi Isa as.

Selain itu, jangan lupa untuk membaca surah Al-Fatihah. Dalam ayat ini, jelas bahwa hanya Allah tempat untuk meminta bantuan, jadi jika seorang ibu ingin anaknya selalu dilindungi oleh Allah, disarankan untuk membaca Surat Al-Fatihah selama kehamilan.

Ketika Moms sudah merasakan tanda persalinan sudah dekat, sering-seringlah membaca doa sebelum melahirkan. Doa ini dipanjatkan oleh Maaryam saat melahirkan.

"Hannaa Waladat Maryama Wa Maryama Waladat 'Iisaa Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma'buudi"

Artinya: Hana melahirkan Maryam, sedangkan Maryam telah melahirkan ‘Isa. Keluarlah (lahirlah) hai anak dengan sebab kekuasaan Raja (Allaah) yang disembah.

2. Membaca Al-Quran

berdoa saat hamil-1.jpg

Foto: Shutterstock

Allah apapun yang terjadi pada masing-masing hambaNya, dan Allah telah menentukan segalanya sesuai dengan ukurannya. Menurut sebuah penelitian di bidang kedokteran, suara dari luar dalam memengaruhi janin.

Jika suara yang didengar adalah lantunan ayat suci Al-Quran, insya Allah keberkahan dan kebaikan akan memengaruhi janin.

Dalam (Surat Ar-Rad ayat 8), Allah berfirman: “Allah tahu apa yang dikandung oleh setiap wanita, apa yang kurang sempurna, dan apa yang bertambah dalam rahim. Dan segala sesuatu memiliki ukuran di samping-Nya. ”

Dengan selalu membaca ayat-ayat Al-Qur'an, insya Allah, Allah akan memudahkan proses kelahiran sang bayi.

Baca Juga: Cara Bercinta yang Disarankan Menurut Islam

3. Senantiasa Beristigfar

beristigfar.jpg

Foto: Shutterstock

Istigfar atau memohon ampunan kepada Allah juga menjadi amalan bagi seorang muslim yang hendak melahirkan. Ada banyak kebaikan dalam istigfar yang bisa memberi manfaat bagi yang melakkannya.

Salah saru keutamaan istigfar adalah menyederhanakan masalah yang ada, dan dan insya Allah akan memudahkan proses kelahiran si kecil.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW. Berkata: "Dia yang membiasakan diri dengan istighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesulitan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak terduga." (HR. Abu Dauddan Ibn Majah)

4. Hindari Sering Mengeluh

Persiapan melahirkan menurut Islam selanjutnya adalah hindari sering mengeluh. Mengeluh bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Selain tidak ada manfaatnya, lebih baik waktu yang digunakan untuk mengeluh digunakan untuk beristirahat.

Mengeluh juga tidak akan memberikan ketenangan bagi ibu hamil.

5. Berpikiran Positif

Saat hamil dan melahirkan, energi positif untuk sang bayi sangat diperlukan. Sebab, energi positif yang disalurkan ibu ke janin akan memengaruhi janin secara keseluruhan.

Selain itu, berpikiran positif juga dapat membantu menenangkan pikiran dan hati.

6. Mengikuti Saran Dokter

Selama proses kelahiran, percayakan semua pada Allah dan dokter yang menangani. Moms harus mengikuti instruksi yang diberikan oleh dokter yang menangani, karena dokter mengetahui baik dan buruknya keadaan saat melahirkan.

Baca Juga: Anak Suka Menyisakan Makanan? Begini Menurut Pandangan Islam

7. Berbakti pada Orang Tua

berbakti pada orangtua.jpg

Foto: Shutterstock

Orang tua memiliki peran penting dalam kehidupan anak-anaknya hingga akhir hayat. Bila Moms berbakti pada orang tua, maka orang tua pun akan berdoa untuk meminta kemudahan saat Moms melahirkan.

Seperti yang kita tahu, doa orang tua akan selalu diijabah oleh Allah, terutama bila mereka mendoakan kebaikan untuk anak-anaknya.

Nantinya, Moms juga akan merasakan apa yang dulu pernah dirasakan orang tua saat memiliki anak. Karena itu, memuliakan orang tua perlu dilakukan sebagai ikhtiar memudahkan persalinan.

8. Bersikap Baik pada Orang Lain

Sebagai seorang muslim, sangat dianjurkan untuk bersikap baik pada orang lain. Misalnya dengan memberikan sedekah untuk fakir miskin. Atau memelihara, memberi makan, dan memberi minum pada hewan seperti kucing yang kelaparan atau kehausan.

“Sedekah untuk makhluk yang memiliki hati dan hidup akan mendapatkan imbalan kebaikan. Seorang Muslim yang menanam tanaman atau menanam tanaman yang kemudian dimakan burung, manusia, atau hewan, jadi baginya, itu dianggap sebagai sedekah.” (Bukhori, Muslim)

Nah, itulah beberapa persiapan melahirkan menurut Islam. Amalkan yuk Moms. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait