PROGRAM HAMIL
20 Desember 2018

5 Persiapan Penting Sebelum Berenang Saat Hamil

Saatnya berolahraga renang saat hamil!
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Berenang saat hamil adalah kegiatan yang tidak dilarang oleh dokter kecuali Moms memiliki masalah kesehatan serius.

Jika Moms ingin berenang saat hamil, pastinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan termasuk urusan persiapannya.

Dalam buku “What to Expect When You're Expecting” karya Heidi Murkoff and Sharon Mazel, terdapat beberapa persiapan berenang saat hamil yang wajib Moms ketahui. Apa saja ya?

Persiapan Berenang Saat Hamil

swimmingduring pregnancy

Memeriksa Keamanan Air

Memeriksa keamanan air adalah yang utama untuk mencegah tertular penyakit yang terbawa air.

Moms harus memilih kolam renang umum yang bersih dan juga dijamin airnya.

Setelah keluar dari kolam renang Moms juga harus ekstra hati-hati.

Area sekitar kolam renang biasanya licin dan perut yang membesar saat hamil dapat mengganggu keseimbangan.

Perhatikan Suhu Air

Selain kualitas air, Moms juga harus memperhatikan suhu.

Sebisa mungkin menghindari berendam pada air yang terlalu panas.

Berendam pada air dengan suhu 40 derajat celcius selama 10 menit dapat menaikkan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius.

Berendam air panas terlalu lama tadi ternyata dapat meningkatkan risiko keguguran dan masalah pada perkembangan janin. Apalagi jika terjadi di trimester awal kehamilan.

Hal ini bukan berarti Moms tidak boleh mandi air hangat. Moms boleh mandi dengan air hangat asalkan tidak dalam waktu lama dan tidak dengan suhu yang terlalu tinggi.

Baca Juga: Perhatikan 8 Hal Ini Setiap Berenang di Kolam Renang Umum

Jangan Pilih Kolam Dalam

Saat masuk ke kolam renang, Moms harus rileks dan santai pada saat berenang.

Jangan berenang pada kolam yang terlalu dalam karena perubahan fisik tubuh saat hamil dapat berpotensi adanya masalah saat melakukan gerakan berenang.

Jangan pula menahan napas yang berlebihan karena janin membutuhkan oksigen.

Jadi, pastikan untuk selalu menjaga napas tetap stabil saat berenang.

Harus Tetap Terhidrasi

Jangan lupa untuk tetap terhidrasi karena saat berenang Moms tak menyadari keringat yang keluar.

Pastikan minum 500 ml air putih dalam kurun dua jam sebelum berenang.

Jangan lupa untuk minum di sela-sela kegiatan renang.

Makan Makanan Ringan

Setelah berenang, Moms perlu mempersiapkan makanan ringan yang berenergi misalnya susu, buah atau roti panggang.

Makanan ringan kaya protein dan serat dapat memberikan energi yang maksimal saat berenang.

Jangan lupa untuk memberi jarak antara makan dengan berenang, paling tidak 30 menit.

Manfaat Berenang untuk Kehamilan

nmb2019 zwanger zomer1100x700

Melihat berbagai persiapan sebelum berenang saat hamil, Moms juga perlu tahu aneka manfaatnya.

Ternyata, jenis latihan aerobik saat hamil dapat memperkuat hati dan membuatnya lebih efisien dalam memompa darah.

Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh dan meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Berenang juga mengurangi risiko cedera. Saat hamil Moms mungkin mengalami masalah nyeri otot karena pertambahan berat badan. Namun, olahraga renang tak meningkatkan risiko tersebut.

Berenang juga dapat memperkuat otot terutama perut dan punggung.

Namun, perlu diingat bahwa kondisi ini terjadi bila melakukan olahraga ringan.

Berenang mampu menjaga berat badan yang ideal dan sehat dan mengurangi pembengkakkan di lengan dan kaki. Apakah Moms senang berolahraga saat hamil?

(GSA)

Artikel Terkait