NEWBORN
6 Oktober 2020

Ini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir, Wajib Tahu!

Bayi ternyata tidak perlu dimandikan setiap hari lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Cara memandikan bayi baru lahir memang agar berbeda. Moms dan Dads, terutama yang jadi orang tua, baru wajib tahu. Memandikan bayi akan menjadi rutinitas baru bagi para orang tua yang baru saja memiliki anak.

Hal ini percaya atau tidak, bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus menegangkan bagi Moms dan Dads. Bayangkan tangan kita memegang tubuh bayi yang masih mungil dan lunak, untuk dimandikan.

Beberapa dokter anak merekomendasikan untuk menunda mandi bayi pertama hingga mereka berusia beberapa hari. Itu karena setelah lahir bayi masih ditutupi vernix, yang merupakan zat lilin pada kulit yang melindungi bayi dari kuman di lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: 3 Tips Mandi untuk Bayi Berkulit Sensitif

Cara memandikan bayi baru lahir yang paling aman bisa dengan menggunakan waslap saja atau spons. Moms dapat membersihkan kepala, tubuh, dan area popok bayi. Ini adalah cara paling aman untuk memandikan bayi hingga tali pusarnya terlepas.

Ingat untuk tidak memandikan bayi setiap hari, karena bisa membuat kulit Si Kecil kering. Moms bisa memandikannya beberapa kali, selebihnya gunakan lap untuk membersihkan tubuh Si Kecil.

Persiapan Memandikan Bayi Baru Lahir

memandikan bayi

Foto: kidspot.com.au

Untuk mandi pertama bayi, Moms dapat menggunakan waslap. Pilih tempat yang hangat dengan permukaan yang datar seperti meja tempat ganti popok.

Lalu, tutupi permukaan meja dengan handuk tebal dan pastikan suhu ruangan setidaknya 23 derajat celcius karena bayi mudah kedinginan.

Peralatan bayi yang perlu disiapkan:

  1. Waslap bersih
  2. Handuk mandi bayi yang bersih
  3. Popok
  4. Pakaian bersih
  5. Air hangat (bukan air panas)

Penting: Jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di bak mandi!

Pigeon New Born Pure Body Wash 200 Ml

26% Rp218.900
Rp161.500
Pigeon New Born Pure Body Wash 200 Ml

Baca Juga: 5 Tips Memandikan Bayi dengan Aman dan Nyaman

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Waslap

memandikan bayi

Foto: bubhub.com.au

Cara memandikan bayi baru lahir yang pertama adalah dengan waslap. Mandi dengan waslap merupakan cara yang paling tepat untuk beberapa minggu pertama sampai tali pusar bayi terlepas gunakan cara mandi busa.

Tahapan Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Waslap:

1. Bukan Pakaian

Pertama, buka pakaian bayi lalu gendong kepala bayi dengan satu tangan. Biarkan popok terpakai karena kita akan membersihkannya pada bagian terakhir. Bungkus bayi dengan handuk kecuali area badan yang akan dibersihkan.

2. Bersihkan Satu per Satu

Dengan menggunakan waslap bayi, bersihkan satu per satu bagian tubuhnya. Mulailah dari belakang telinga, lalu pindah ke leher, siku, lutut, di antara jari tangan dan kaki. Perhatikan lipatan di bawah lengan, di belakang telinga, di sekitar leher.

3. Bagian Rambut Terakhir

Bagian rambut sebaiknya dibersihkan pada bagian akhir agar bayi tidak kedinginan. Jika bayi tidak memiliki banyak rambut, Moms cukup memercikkan air pada rambutnya tanpa menggunakan sampo. Supaya mata bayi tidak terkena air, tundukkan kepala bayi sedikit ke belakang.

4. Lepas Popok

Sekarang saatnya untuk melepaskan popok dan membersihkan area perut bayi, bagian bawah, dan alat kelamin dengan waslap.

5. Cuci Area Intim dengan Seksama

Cuci secara perlahan dari depan ke belakang. Jika ada sedikit keputihan pada bagian kelamin, Moms tidak perlu khawatir dan jangan mencoba untuk membersihkan semuanya. Untuk bayi laki-laki yang tidak disunat, bersihkan kemaluannya secara perlahan. Jika disunat, kita tidak perlu mencuci kepala penis hingga sembuh.

6. Keringkan

Keringkan tubuh bayi dengan cara menepuk-nepuk lembut menggunakan handuk dan jangan digosok karena akan menimbulkan iritasi.

Baca Juga: Tidak Selalu Demam, Ini 5 Penyebab Kepala dan Tubuh Bayi Terasa Panas

Waktu mandi selesai dan bayi kecil Ibu yang segar siap untuk dipakaikan popok dan pakaian bersih!

Little Palmerhaus Mason WashMitt Grey

18% Rp33.400
Rp27.300
Little Palmerhaus Mason WashMitt Grey

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Menggunakan Bak Mandi

memandikan bayi

Foto: thestir.cafemom.com

Cara memandikan bayi baru lahir selanjutnya adalah dengan bak mandi. Untuk bayi yang berusia beberapa minggu, atau telah mengalami puput pusar, cara memandikannya berbeda dengan memandikan bayi baru lahir.

Setelah tali pusar puput (terlepas) dan pusar benar-benar sembuh, kini saatnya untuk mandi menggunakan bak mandi.

Tidak semua bayi menyukai perubahan, jadi jika bayi rewel kita bisa memandikan bayi dengan waslap seperti sebelumnya selama seminggu atau lebih. Kemudian, coba lagi mandi dengan menggunakan bak. Memandikan bayi adalah proses penyesuaian untuk bayi dan orang tua.

Hal yang perlu dipersiapkan:

  • Belilah bak mandi bayi yang terbuat dari plastik tebal dengan ukuran yang sesuai dengan bayi. Pilihlah bak yang memiliki tempat untuk menyandarkan bayi sehingga kepala bayi tidak terendam air. Penting juga untuk memilih bak mandi yang anti selip agar bak mandi tidak tidak bergerak selama memandikan bayi.
  • Jangan mencoba menggunakan kursi mandi. Kursi mandi ini diperuntukkan bagi bayi yang sudah lebih besar dan sudah dapat duduk sendiri.

Baca Juga: Bak Mandi Bayi Ini Dilengkapi Timbangan dan Termometer, Untuk Apa?

Tahapan Memandikan Bayi Baru Lahir di Bak Mandi:

1. Lakukan dengan Tepat

Lakukan mandi pertama di bak secara cepat. Isi bak dengan 5 - 7 cm air hangat (bukan air panas). Gunakan satu tangan untuk menopang kepala bayi, lalu perlahan turunkan.

2. Basahi Muka dan Rambut dengan Waslap

Basahi muka dan rambut bayi menggunakan waslap mandi bayi. Saat membasuh, lindungi mata bayi dengan tangan Ibu. Gunakan sedikit sabun dan air untuk memandikan bagian-bagian tubuh bayi.

3. Gunakan Sabun Khusus Bayi

Gunakan sabun khusus untuk bayi. Jika rambut bayi sudah mulai tumbuh, Ibu bisa mencoba sampo bayi yang lembut.

4. Jaga Bayi Tetap Hangat

Untuk menjaga bayi tetap hangat selama mandi, tangkupkan tangan Ibu untuk mengambil segenggam air lalu tuangkan pada dada bayi.

5. Keringkan dengan Menepuk

Keringkan tubuh bayi dengan menepuk-nepuk lembut menggunakan handuk bersih. Lalu, oleskan losion bayi ke seluruh tubuh untuk menjaga kelembapan.

6. Segera Bungkus dengan Handuk

Waktu mandi sudah selesai, segera bungkus bayi dengan handuk hingga kepala bayi tertutup agar tetap hangat. Selamat mempraktikkan cara memandikan bayi baru lahir ini!

Vtech Bath Toys - Splash and Learn Duck

19% Rp324.600
Rp260.000
Vtech Bath Toys - Splash and Learn Duck

Setelah Memandikan Bayi Baru Lahir

memandikan bayi

Foto: orami Photo Stock

Waktu mandi bayi tidak perlu terlalu lama. Sebisa mungkin dibuat singkat tapi tetap harus teliti dan bersih ya Moms. Setelah selesai dan bayi dibungkus handuk, segera ikuti langkah-langkah berikut.

Tahapan setelah Memandikan Bayi Baru Lahir:

1. Hindari Bedak Bayi

Gunakan lotion bayi dengan mudah dan hindari bedak. Kulit yang cantik dan sangat sensitif tidak perlu banyak, jika ada, dalam cara lotion, minyak atau krim, meskipun sedikit lotion yang aman untuk bayi tidak apa-apa.

Dan hindari bedak bayi, yang dapat mengiritasi saluran pernapasan bayi. Namun, jika praktisi Anda memiliki alasan yang baik untuk merekomendasikan satu (yaitu bayi Anda memiliki kulit kering atau rawan eksim), pijat lotion hypoallergenic ke kulitnya, setelah terlebih dahulu menghangatkannya di antara telapak tangan Anda.

2. Popok dan Pakaian

Selipkan pada popok baru dan dandani bayi baru Anda dengan pakaian bersih. Jika ia perlu sedikit menenangkan setelah mandi, membungkusnya dengan selimut, lalu duduk meringkuk dengan bayi yang bersih dan berbau harum.

My Baby Telon Plus 85ml

5% Rp20.000
Rp19.000
My Baby Telon Plus 85ml

Nah, itulah beberapa cara memandikan bayi baru lahir yang bisa Moms dan Dads lakukan. Sesi pertama mungkin tidak sempurna. Tapi, tentu harus ada langkah pertama untuk bisa memberikan sesi mandi yang sempurna untuk Si Kecil!

Selamat mencoba!

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Sumber: sehatq.com

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait