JALAN-JALAN
31 Juli 2017

Pertama Kali Menggunakan Jasa Airbnb? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Airbnb alternatif lain selain menyewa hotel saat traveling
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Apakah Mama tahu apa itu Airbnb? Airbnb adalah satu website atau semacam marketplace yang mempertemukan penyewa penginapan dan yang menyewakan penginapan. Pengguna Airbnb pun kini sudah tersebar luas di semua negara. Mulai dari rumah yang masih ditinggali pemiliknya, sampai dengan apartmen yang memang disewakan khusus. Bagaimana sistem kerja Airbnb? Mama hanya membuka situs airbnb dan filter akomodasi yang Mama butuhkan. Mulai dari lokasi, harga, sampai jenis kamar yang diinginkan, lalu pesan sesuai kebutuhan. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat menyewa kamar di airbnb? Berikut informasinya.

  1. Term Condition

Bisa dipastikan, kamar airbnb memang tergolong lebih murah daripada Mama harus menyewa hotel. Ini akan menghemat budget liburan keluarga pastinya. Untuk itu, Mama perlu jeli memperhatikan ketentuan yang tertera pada kamar atau apartmen yang ingin di-booking. Biasanya pemilik penginapan akan memberikan house rules saat menginap di tempatnya. Contohnya: tidak boleh membawa hewan peliharaan, tidak boleh membuat keributan, rumah tidak cocok untuk anak-anak, dan lainnya. Ada pula pemilik penginapan yang memberikan fasilitas seperti air minum gratis atau free antar jemput ke airport. Jangan lupa lihat ketentuan jam check in atau check out serta additional yang ditetapkan apabila Mama overtime.

  1. Baca Review dari Pengguna Sebelumnya

Apabila Mama menginginkan untuk tahu lebih lanjut mengenai penginapan yang diinginkan, selain melihat dari foto-foto yang dipasang oleh pemilik, Mama bisa juuga membaca review dari penyewa-penyewa sebelumnya. Setiap lokasi penginapan akan dilengkapi dengan skor berupa bintang dan komentar dari penyewa, untuk mengetahui seberapa bagus penginapan tersebut. Skor yang disediakan mencakup: accuracy (kesamaan informasi dalam airbnb dengan kondisi aslinya), communication (apakah pemilik cukup komunikatif), cleanliness, location, check in dan value.

  1. Double Check Pembayaran

Setelah Mama setuju dengan ketentuan tempat yang dipilih, saatnya masuk dalam metode pembayaran. Sistem pembayaran airbnb biasanya dengan menggunakan kartu kredit. Untuk menghindari nama Mama tidak terdaftar dalam reservasi karena gagal transaksi, sebaiknya sebelum berangkat pastikan bahwa saldo kartu kredit sudah terpotong untuk pembayaran kamar airbnb. Jika gagal transaksi, bukan tidak mungkin pihak penyewa akan menolak masuk, atau bahkan sudah ter-booking orang lain ,karena Mama dianggap belum melakukan pembayaran.

Baca juga: Ini 4 Cara Menyiapkan Dana Liburan Keluarga

  1. Berikan Detail Informasi Kedatangan

Kamar airbnb memang semuanya milik pribadi. Bukan seperti hotel yang kapanpun kita datang, akan disambut resepsionis. Untuk itu, sangat perlu menginformasikan sedetail mungkin, tentang jam estimasi kita tiba di tujuan. Biasanya pemilik kamar akan menunggu di jam yang sudah disepakati bersama. Untuk itu, apabila ada hal-hal yang menghambat, seperti keterlambatan penerbangan, jangan lupa untuk memberi kabar kepada pemilik penginapan. Jangan sampai Mama harus membayar cancelation fee, karena tidak datang tepat waktu.

  1. Berbaur Dengan Pemilik Rumah

Jika Mama menyewa kamar, dimana rumah tersebut masih dihuni pemiliknya, ini kesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang gaya hidup masyarakat lokal. Ajak anak-anak Mama belajar kebiasaan hidup baru dan saling toleransi karena fasilitas dirumah tersebut dipakai bersama-sama. Seperti pemakaian kamar mandi, dapur, atau ruang keluarga. Tentu sangat menyenangkan liburan bukan hanya mendapat pengalaman baru, tapi juga seperti mendapat keluarga baru.

Apa Mama tertarik menggunakan airbnb untuk liburan?

<LMF>

Artikel Terkait