3-12 BULAN
25 Juli 2019

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membuat Nursery Room

Pastikan nursery room fungsional namun tetap enak dipandang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Sudah akrab dengan nama nursery room? Kita mengenalnya dengan kamar anak saja, namun ternyata ada sedikit perbedaan di dalamnya. Nursery room merupakan kamar tidur yang digunakan untuk bayi dan balita yang berasal dari budaya di Amerika.

Agar anak nyaman dan memiliki waktunya sendiri, biasanya nursery room berukuran kecil dan nyaman bagi anak. Saat memiliki ruangan sendiri sejak kecil, biasanya anak akan lebih mandiri.

Buat Moms yang masih belum paham mengenai nursery room, yuk kita cermati beberapa tips dari kami sebelum mulai membuat nursery room untuk Si Kecil.

Baca Juga: Bolehkah Menggunakan Cat untuk Kamar Bayi?

1. Pastikan Semua yang Moms Butuhkan Mudah Dijangkau

membuat nursery room 1.jpg

Foto: thebump.com

Tips pertama untuk membuat nursery room adalah memastikan semua yang Moms butuhkan mudah dijangkau. Pikirkan popok, tisu, keranjang cucian, tempat sampah diapers, dot, dan beberapa benda penting lainnya berada dalam tempat yang berjarak dekat.

Selain akan memudahkan, hal ini juga akan meminimalisir risiko seperti anak terjatuh dari changing table, popok yang berceceran, atau bahkan anak terjatuh karena menginjak tisu basah bekas pakai.

Buat zona aman di sekitar tempat tidur dengan memposisikannya jauh dari jendela, pemanas, lampu, hiasan dinding, dan kabel. Simpan furnitur yang bisa digunakan bayi jauh dari ranjang.

2. Hindari Kekacauan

membuat nursery room 2.jpg

Foto: nipponpaint.com

Pastikan perabot tidak menyusahkan saat beraktivitas di nursery room. Pastikan semua mainan dimasukkan lagi pada tempatnya, agar menghindari Moms atau Si Kecil kesakitan saat tak sengaja menginjaknya.

Pastikan juga Moms memiliki banyak ruang penyimpanan fungsional, sehingga memiliki tempat yang mudah untuk menyelipkan barang ketika selesai menggunakannya, alih-alih meninggalkannya berserakan di lantai.

Baca Juga: Bayi Sekamar Dengan Orang Tua? Perhatikan Ini!

3. Jangan Takut Gelap

membuat nursery room 3.jpeg

Foto: apartmenttherapy.com

Tak usah takut jika nursery room gelap. Hal itu akan membantu Si Kecil untuk membedakan siang dan malam hari. Dalam jangka waktu lama, Si Kecil tidak akan lagi kesulitan untuk tidur. Itu berarti Moms bisa menutup tirai kamar saat waktunya tidur siang.

Jika terlalu pekat, Moms bisa saja membeli lampu malam. Apalagi saat ini lampu malam memiliki bentuk yang bermacam-macam, ini akan menambah cantik dekorasi nursery room, tanpa meninggalkan fungsinya sebagai lampu tidur.

4. Pilih Tema

membuat nursery room 4.jpg

Foto: mummybebe.com

Moms bisa memilih tema saat membuat nursery room sesuai dengan berbagai tema seperti hewan, luar angkasa, warna-warni, dan lainnya.

Tanpa gambar pun nursery room akan tetap cantik jika diberi sentuhan warna yang lembut dan hangat. Pastikan warna-warna tersebut tidak terlalu mencolok yang dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan Si Kecil saat tidur.

Baca Juga: Ingin Memasang AC di Kamar Bayi? Perhatikan 8 Tips Ini!

5. Tetap Sederhana

cara membuat nursery 5.png

Foto: westofmaindesign.com

Tetap sederhana dan putuskan untuk memilih tema yang akan tetap sesuai dengan tumbuh kembang Si Kecil. Itu bisa saja berupa perabot atau barang-barang di dalamnya. Jika Moms menggunakan latar belakang netral dan memadukan aksesori yang sesuai usia, Moms mungkin tidak perlu mendekor ulang setiap beberapa tahun.

Wallpaper adalah alternatif yang murah dan mudah untuk diaplikasikan. Dapatkan inspirasi warna dan dekorasi lewat media sosial. Mengunjungi langsung toko wallpaper atau toko cat juga tidak ada salahnya. Moms mungkin akan menemukan campuran warna yang sebelumnya tidak terpikirkan.

Itu dia beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuat nursery room. Moms mau membuat nursery room yang seperti apa?

(FAR)

Artikel Terkait