BALITA DAN ANAK
16 September 2019

Pertolongan Pertama Anak Sesak Napas

Penting untuk memberikan pertolongan pertama
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sesak nafas pada anak biasanya disebabkan karena penyebab yang berbeda. Biasanya dibandingkan memberikan pertolongan pertama untuk Si Kecil, orang tua akan terlihat panik dengan keadaan yang mendadak ini.

Jika Si Kecil tampaknya tidak bisa mendapatkan cukup napas di paru-parunya (sesak napas) atau mengalami kesulitan bernapas, ia mungkin memiliki kondisi medis yang memerlukan perawatan.

Baca Juga: Mengenal Batuk Disertai Sesak Napas (Croup) pada Anak

Bila anak masih bisa berbicara, ia pasti akan memberitahu pada orang tua saat ia mengalami sesak napas. Jika tidak pun, orang tua harus bisa mengenali tanda-tanda yang ditunjukkan oleh anak, yang menunjukkan bahwa mereka sedang kesulitan bernapas.

Yang tidak kalah penting, Moms jangan panik. Sembari menelepon untuk meminta bantuan media, Moms bisa memberikan pertolongan pertama terhadap sesak napas pada anak. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

Baringkan Anak

anak sesak napas

Foto: tellerreport.com

Dilansir dari Very Well Health, hal pertama yang perlu Moms lakukan saat anak sesak napas adalah membaringkan atau mengistirahatkan anak. Mengapa? Karena semakin banyak energi yang dikeluarkan oleh anak, maka akan semakin banyak pula oksigen yang akan dikeluarkan. Alhasil anak pun akan semakin kesulitan untuk bernapas.

Ibaratnya seperti saat kita melakukan olahraga di gym, saat melakukan olahraga dengan cukup keras, tubuh pasti akan kelelahan dan sedikit mengalami sesak napas. Mengatasinya? Tentu dengan beristirahat sejenak.

Baca Juga: Begini Cara Menghadapi Ibu Hamil yang Sesak Napas

Biarkan anak Berada dalam Posisi yang Nyaman

anak sesak napas

Foto: sciencesource.com

Banyak mitos tentang bagaimana posisi tubuh seseorang seharusnya memberikan aliran udara lebih banyak daripada yang lain. Pelatih secara teratur memberi tahu para pemain untuk memegang lengan mereka di atas kepala mereka untuk memaksimalkan ekspansi dada.

Mengutip dari Nicklaus Children Hospital, paramedis menganggap "posisi tripod" duduk di tepi kursi atau tempat tidur dan bersandar ke depan, disangga dengan tangan atau siku berlutut, adalah posisi terbaik bagi anak yang mengalami sesak napas.

Namun tentunya semua orang memiliki posisi yang nyaman masing-masing, jadi saat anak sesak napas, biarkan anak memilihnya.

Gunakan Oksigen

anak sesak napas

Foto: aeroflowinc.com

Mengutip dari Very Well Health, cara ini khusus diperuntukan bagi anak-anak dengan masalah paru-paru kronis. Jika memiliki cadangan oksigen, selama anak sesak napas, Si Kecil harus menggunakan oksigennya sesuai arahan dokter.

Orang tua harusnya sudah diberitahu dokter jika terlalu banyak oksigen atau penggunaannya terlalu lama, dapat menyebabkan lebih banyak masalah.

Baca Juga: Patut Diwaspadai, Ini Gejala Sesak Napas Saat Hamil Akibat Asma

Hubungi Rumah Sakit

anak sesak napas

Foto: familydoctor.org

Jika berbagai cara sudah dicoba dan tidak berhasil, cara mengatasi anak sesak napas selanjutnya adalah dengan menelepon bantuan medis. Sesak napas memiliki banyak penyebab dan beberapa di antaranya cukup serius.

Bisa saja terjadi karena masalah paru-paru yang tiba-tiba atau keracunan yang mengancam jiwa. Jika sudah seperti ini, sebaiknya Moms hubungi rumah sakit.

Itu dia Moms beberapa pertolongan pertama yang dapat kita berikan untuk anak saat Si Kecil mengalami sesak napas.

Artikel Terkait