BALITA DAN ANAK
26 September 2019

Pertolongan Pertama untuk Si Kecil yang Mimisan

Ternyata anak-anak paling berisiko mengalami mimisan, Moms! Tangani dengan cara ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Saat Si Kecil jatuh sakit, hampir semua orang tua tentu akan panik dibuatnya. Salah satunya bila Si Kecil tiba-tiba mimisan yang sebelumnya tidak pernah terjadi.

Menurut Karen Gill, MD, FAAP, seorang dokter anak di San Francisco, menyebutkan kalau mimisan memang lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding orang dewasa. Salah satu penyebabnya karena anak-anak lebih sering meletakkan jari di hidung.

Meski umum terjadi, ternyata ada faktor lain yang menjadi penyebab mimisan Si Kecil, yakni gangguan medis. Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya simak info berikut ini!

Baca Juga : Ini Waktu Mimisan Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Mimisan Pada Anak

Pertolongan Pertama untuk Si Kecil yang Mimisan

Foto: Family Doctor

Ada beberapa hal yang jadi penyebab mimisan pada anak, berikut daftarnya!

Suka Mengorek Lubang Hidung

Pasti Moms sudah mengetahui hal ini kalau Si Kecil gemar sekali untuk mengeksplorasi sesuatu yang membuat mereka penasaran. Salah satunya adalah mengorek hidung hingga dalam. Kebiasaan itulah yang memicu mimisan pada Si Kecil.

Terlalu Lelah

Seperti orang dewasa, tubuh Si Kecil juga bisa merasa lelah. Ketika tubuhnya merasa lelah, maka pembuluh darah ikut melemah. Pembulu darah tersebut akhirnya cepat menegang dan bisa pecah. Ketika sudah pecah, itulah yang menyebabkan mimisan terjadi pada Si Kecil.

Merasa Stres

Sekali lagi, tidak hanya orang dewasa yang bisa merasa stres, Moms. Stres yang terjadi pada Si Kecil juga dapat memicu mimisan. Penyebabnyajuga karena pembuluh darah yang menegang, sama seperti efek yang terjadi jika tubuh stres.

Si Kecil Mengalami Benturan

Tidak bisa dipungkiri, khususnya pada usia balita, aktivitas Si Kecil memang susah untuk diatur, sehingga membuat mereka kemungkinan mengalami benturan atau terjatuh saat beraktivitas.

Pembulu darahnya yang masih lemah membuat Si Kecil berisiko mengalami mimisan apabila terjadi benturan.

Baca Juga : Seperti Apa Mimisan Pada Anak yang Harus Diwaspadai?

Cara Untuk Mengatasi Mimisan Si Kecil

Pertolongan Pertama untuk Si Kecil yang Mimisan

Foto: British Red Cross

Posisikan Si Kecil untuk Duduk Tegak

Biasanya para orang tua membaringkan Si Kecil ketika mimisan. Padahal itu adalah merupakan posisi yang salah untuk mengatasi mimisan.

Posisi yang tepay adalah mendudukkan Si Kecil dengan tegak dan arahkan tubuh dan kepalanya ke depan, tidak ke atas atau ke bawah ya, Moms. Posisi ini mampu mencegah darah kembali masuk ke saluran napas sehingga Si Kecil bisa kembali bernapas dengan lancar.

Baca Juga : Mimisan Saat Hamil, Kenali Penyebab dan Bahayanya

Pencet Cuping Hidung Si Kecil Selama 10 Menit

Bila cara pertama juga tidak membuat darah mimisan Si Kecil berhenti, Moms bisa memencet cuping hidung Si Kecil dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk selama 10 menit. Penekanan pada cuping akan menekan titik perdarahan yang mampu membuat darah berhenti mengalir.

Namun, bila kedua cara sudah dilakukan dan tidak kunjung membuat darah mimisan berhenti, segera bawa Si Kecil ke dokter, terutama saat darah terus mengalir lebih dari 20 menit, ya, Moms.

(NA/KM)

Artikel Terkait