BALITA DAN ANAK
14 Oktober 2019

Perut Buncit pada Anak, Wajar atau Tidak?

Anak kecil dengan perut buncit dan pipi tembam memang lucu, tapi apakah ini normal?
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Banyak orang yang menganggap anak kecil yang punya pipi tembam, badan ‘berisi’, dan perut buncit itu lucu. Apalagi, jika Si Kecil masih tergolong balita. Saat melihatnya, mungkin Moms akan merasa gemas sendiri.

Namun, benarkah anak yang perut buncit itu sehat dan normal? Ataukah sebenarnya sang anak kelebihan berat badan? Moms sebaiknya harus memahami perbedaan perut buncit yang normal dan yang tidak.

Apakah Anak dengan Perut Buncit Itu Sehat?

Si Kecil Kelebihan Berat Badan? Ini 6 Aturan Diet untuk Anak Obesitas

Menurut Kids Health, bayi yang memiliki perut buncit itu sebenarnya normal. Perut buncitnya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan.

Namun, jika Si Kecil telah beranjak besar dan masih memiliki perut buncit, Moms perlu waspada. Pasalnya, sama seperti orang dewasa, anak dengan perut buncit sebenarnya tidak sehat. Hal ini menandakan bahwa ia memiliki tumpukan lemak di area perutnya.

Hal ini bisa terjadi akibat gaya hidup Si Kecil. Misalnya saja, Moms sering memberikannya dia makanan manis yang tinggi kalori atau camilan yang kaya akan lemak.

Belum lagi sekarang ini kebanyakan anak-anak lebih memilih bermain dengan gadget-nya ketimbang beraktivitas di luar ruangan.

Menurut Mayo Clinic kebiasaan tidak sehat seperti itu akan memengaruhi kadar lemak di dalam tubuh Si Kecil dan akhirnya membuat ia kelebihan berat badan.

Umumnya, anak yang kelebihan berat badan tak hanya terlihat dari perutnya yang buncit tapi postur tubuhnya juga cenderung lebih besar daripada anak-anak sepantarannya.

Baca Juga: 5 Cara Menenangkan Anak Rewel Karena Sakit Radang Tenggorokan

Hal yang Harus Dilakukan Jika Perut Anak Buncit karena Overweight

Saatnya Berhenti Menyuapi Anak, Ini Manfaat Si Kecil Makan Sendiri 4.jpg

Jika memang sang buah hati overweight atau bahkan obesitas, biasanya dokter dan ahli gizi akan menganjurkan pola diet tertentu.

Diet ini bertujuan untuk mengembalikan berat badan Si Kecil pada angka normal. Tak perlu khawatir, meski menjalani diet, kebutuhan nutrisi sang buah hati akan tetap terpenuhi dengan baik.

Menurut WebMD, Moms sebaiknya membiasakan Si Kecil makan lebih banyak serat dan mengajaknya beraktivitas di luar ruangan supaya ia terus bergerak. Dengan begitu dapat mempercepat berat badannya kembali normal.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Anak

Tidak Kelebihan Berat Badan, Tapi Perut Anak Buncit

artikel hero mengurangi perut kembung

Sedikit berbeda dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, jika Moms menemukan perut si kecil tiba-tiba buncit atau membesar bisa jadi ada masalah pada pencernaannya.

Bila memang sang buah hati tidak memiliki postur tubuh yang besar atau overweight, tapi perutnya besar, Moms juga mesti waspada. Menurut Living Bumps, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Konstipasi atau sembelit. Anak susah BAB membuat sisa-sisa makanan yang harusnya keluar justru menumpuk di dalam usus. Akhirnya membuat perut terlihat lebih besar dari sebelumnya.
  • Usus buntu. Hal lain yang mungkin membuat perut anak buncit tiba-tiba adalah usus buntu. Hal ini membuat perut sang buah hati kembung dan tidak nyaman.

Baca Juga: Berbagai Gejala Diare Pada Bayi yang Tak Boleh Diremehkan

Umumnya semua kondisi ini disertai dengan rasa sakit pada perut. Bila Si Kecil mengalami keluhan ini, jangan tunda untuk membawanya ke dokter.

(IA/ERN)

Artikel Terkait