GAYA HIDUP
18 September 2019

Perut Mual Setelah Minum Kopi, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Pernah mengalami perut mual setelah minum kopi? Sebenarnya, ada penyebab yang mendasarinya. Lengkapnya, baca di sini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Kopi menjadi salah satu minuman favorit yang banyak digemari orang terutama untuk memulai hari.

Maraknya tren kopi susu saat ini pun ikut mengubah persepsi kopi yang tidak melulu dekat dengan rasanya yang pahit. Kopi menjadi minuman yang enak dan menyegarkan, ya, Moms.

Namun, pernahkah Moms merasa perut menjadi mual setelah minum kopi? Sebenarnya, apa penyebab yang mendasarinya?

Sebelum mengupas lebih dalam tentang penyebab kopi bikin perut mual, ketahui kalau kopi menjadi salah satu minuman yang sebenarnya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Kopi mengandung kafein yang berguna untuk meningkatkan stamina, penghilang rasa sakit, baik untuk kesehatan jantung, dan dapat mengobati sakit kepala migrain.

Selain itu, rutin minum kopi dapat menurunkan risiko terkena depresi, penyakit Diabetes Tipe 2, parkinson, hingga penyakit dalam organ hati.

Melihat banyaknya manfaat kopi untuk kesehatan, nyatanya pada beberapa orang, kopi dapat membuat perut terasa mual.

Hal ini bisa diakibatkan karena terlalu banyak minum kopi atau keadaan perut yang belum siap menerimanya.

Perlu Moms ketahui, sistem pencernaan akan menjadi sensitif ketika minum kopi karena mengandung asam. Hal ini akhirnya yang dapat membuat perut terasa mual dan mulas.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Kecanduan Kopi

Faktor Pemicu Perut Mual karena Minum Kopi

Perut Mual setelah Minum Kopi, Kenapa-1.jpg

Foto: healthline

Kopi mengandung kafein dan tidak semua dapat dengan mudah menerima kafein masuk ke dalam tubuhnya. Untuk itu, ada beberapa faktor pemicu yang membuat perut terasa mual setelah minum kopi, di antaranya yaitu:

1. Perut Sensitif Terhadap Asam yang Dikandung Oleh Kopi

Kopi dapat membuat asam lambung menjadi naik, terutama jika Moms memang memiliki kondisi perut yang sensitif terhadap asam yang dikandung kopi.

Gejalanya seperti perut kembung, kerap bersendawa, dan perut terasa mual serta mulas. Namun, bukan berarti Moms tidak bisa menikmati minum kopi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan Moms seperti mengonsumsi kopi yang rendah asam dan ramah di perut. Selain itu, minum kopi dalam kondisi dingin nyatanya dapat mengurangi asam sebanyak 66% dibandingkan mengonsumsinya saat masih hangat.

2. Minum Kopi Saat Perut Masih Kosong

Perut Mual setelah Minum Kopi, Kenapa-2.jpg

Foto: healthline

Cara menghindari perut mual setelah minum kopi adalah menghindari minum kopi saat perut masih kosong. Ingat, kopi mengandung asam sehingga dapat membuat perut menjadi sensitif.

Minum kopi saat perut masih kosong membuat perut mudah menjadi mual dan mulas. Jika Moms ingin minum kopi di pagi hari, sebaiknya sediakan juga sereal, roti, atau pisang sebagai energi tambahan selain kopi.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Kopi Susu Hits di Jakarta, Sudah Coba?

3. Perut Sensitif Terhadap Kafein

Jika kamu mengalami perut mual tidak hanya setelah minum kopi, namun juga minuman berkafein lainnya seperti teh, minuman berenergi, atau cola, maka bisa dikatakan perut Moms sensitif terhadap kafein.

Minuman berkafein memang memaksa sistem pencernaan untuk bekerja lebih cepat, namun untuk beberapa orang justru hal ini yang menimbulkan masalah seperti perut mual dan mulas.

Sebaiknya, batasi konsumsi kafein dan coba konsumsi pisang untuk mencegah rasa mual yang ditimbulkan kopi.

Ternyata, mengonsumsi kopi saat tubuh sedang mengalami kelelahan, stres, kurang tidur, atau sedang punya penyakit lambung juga dapat menyebabkan perut mual dan terasa mulas.

Jadi, sebaiknya selalu perhatikan kesehatan tubuh sebelum mengonsumsi kopi. Selain itu, pastikan tidak mengonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir setiap harinya.

Kopi memang bermanfaat untuk kesehatan, namun tetap perhatikan porsi yang diminum, ya!

(DG/CAR)

Artikel Terkait