KESEHATAN
2 Oktober 2019

Sering Merasa Pusing? Mungkin 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya

Banyak hal kecil yang ternyata menjadi penyebab pusing, Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Apa Moms sering merasakan sakit kepala atau pusing tiba-tiba? Ternyata pusing belum tentu karena Moms mengidap sakit yang berbahaya, darah rendah atau tinggi, ataupun sakit-sakit medis lainnya. Banyak hal umum yang dapat memicu kepala menjadi pusing.

Maka dari itu, kenali dulu penyebab pusing dan jangan terburu-buru langsung mengonsumsi obat atau ke dokter. Mungkin saja, penyebabnya hanya karena faktor kecil di sekitar kita.

Simak penyebab-penyebab pusing di bawah ini untuk mengetahui apakah Moms benar-benar membutuhkan obat.

1. Terlalu Banyak Tidur

listicle 1.jpg

Tidur memang diperlukan untuk menjaga stamina tubuh, juga untuk mengisi kembali energi yang sudah banyak dikeluarkan setelah beraktivitas seharian. Namun, ternyata tidur berlebihan itu tidak baik dan malah menjadi penyebab pusing lho!

"Tidur terlalu banyak atau terlalu lama ternyata menjadi pemicu sakit kepala," ungkap Elizabeth McDevitt, PhD, seorang peneliti postdoctoral di Princeton Computational Memory Lab di Princeton University seperti dikutip dari The Healthy.

Pola tidur terbaik untuk menghindari sakit kepala menurut National Sleep Foundation, adalah mendapatkan jumlah tidur yang konsisten setiap malam, dan pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Baca Juga: Pusing Karena Makanan Manis, Ketahui Penyebab dan Cara Menanganinya

2. Menstruasi

gambar utama.jpg

Sebagian besar wanita mengatakan mereka sering mengalami pusing atau sakit kepala saat sedang menstruasi, terutama di hari pertama.

Perubahan kadar estrogen dan progesteron yang berfluktuasi secara drastis selama masa menstruasi, memang dapat memicu sakit kepala.

Setiap orang berbeda, ada yang mungkin mengalami sakit kepala di awal, tengah, atau akhir menstruasi. Namun, sakit kepala sangat umum terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan.

Jika seperti ini Moms cukup beristirahat saja tanpa perlu meminum obat. Tapi apabila pusing selalu terjadi setiap menstruasi, Moms perlu mengonsultasikannya pada dokter.

3. Stres

listicle 3.jpg

Dikutip dari WebMD, para ilmuwan percaya bahwa ketika kita sedang stres, kadar molekul dan hormon tertentu dapat naik atau turun. Pada beberapa orang, perubahan ini bisa menjadi penyebab pusing.

Jadi, hilangkan stres terlebih dahulu untuk menyembuhkan pusing yang Moms alami. Moms dapat menenangkan diri dengan cara berolahraga, berlibur, atau melakukan sesuatu yang disukai.

Yang pasti jangan sampai pusing yang Moms alami dapat berlanjut menjadi penyakit medis lain yang lebih parah.

Baca Juga: 3 Perbedaan Vertigo dengan Pusing Biasa

4. Parfum

listicle 4.jpg

Ternyata sebuah parfum yang meskipun tercium enak wanginya juga dapat membuat Moms sakit kepala. Menurut penelitian Headache Center di Atlanta, hampir 50% penyebab migrain dipicu oleh wewangian yang berasal dari parfum atau pewangi ruangan.

Beberapa orang memang sangat sensitif dengan wewangian, terutama yang berbau kuat. Sehubungan dengan bau, kepekaan ekstra ini disebabkan oleh peningkatan aktivasi reseptor aroma dan rasa sakit tertentu di otak.

Jika Moms salah satu yang sensitif terhadap wewangian yang berbau kuat, cepatlah untuk mencari udara segar untuk meringankan sakit kepala.

5. Perubahan Cuaca yang Ekstrem

listicle 5.jpg

Menurut pakar Mayo Clinic, Dr. Jerry W. Swanson, perubahan cuaca yang ekstrim bisa menjadi penyebab pusing.

"Perubahan cuaca dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada otak, termasuk serotonin, yang dapat memicu migrain," katanya.

"Pemicu yang berhubungan dengan cuaca juga dapat memperburuk sakit kepala yang disebabkan oleh pemicu lain," tambahnya.

Perubahan cuaca ekstrim yang dimaksud disini adalah sinar matahari yang menyengat, panas atau dingin yang ekstrim, udara kering dan cuaca berangin atau badai.

Kondisi saat kita yang terbiasa dengan udara tropis di Indonesia, dan kemudian merasakan udara dingin Eropa, juga bisa memicu pusing atau sakit kepala.

Baca Juga: Tak Hanya Migrain, Ini 8 Jenis Sakit Kepala yang Umum Menyerang

Pusing atau sakit kepala yang dirasakan karena hal ini biasanya tidak bertahan lama, hanya karena penyesuaian yang terjadi pada tubuh kita saja. Tapi untuk beberapa kondisi, pusing juga dapat berlanjut menjadi demam atau penyakit lainnya.

Nah, jadi jangan terburu-buru minum obat ya Moms. Kenali dulu penyebabnya dan konsultasikan ke dokter jika rasa pusing benar-benar mengganggu aktivitas.

(DH)

Artikel Terkait