SELEBRITI
20 Juli 2020

PFI Kecam Kontroversi Pernyataan Anji Tentang COVID-19

Menurut Anji, COVID-19 "tidak semengerikan itu"
placeholder

Foto: Instagram @duniamanji dan @joshirwandi

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Tidak hanya membahas tentang berakhirnya hubungan Jessica Iskandar dan Richard Kyle, media juga tengah ramai membahas pendapat Anji Manji.

Beberapa hari sebelumnya, Anji mengomentari foto seorang wartawan yang memotret jenazah COVID-19 yang dibungkus plastik, dan mengatakan jika penyakit COVID-19 tidak seseram dari foto tersebut.

Lalu, seperti apa pendapat Anji dan bagaimana tanggapan dari pihak terkait, berikut ini informasi lengkapnya.

Kontroversi Pernyataan Anji Tentang COVID-19

Pendapat kontroversi Anji terkait COVID-19 pun mengundang sisi pro dan kontra di masyarakat. Bahkan, dirinya dikecam oleh organisasi PFI (Pewarta Foto Indonesia).

Baca Juga: 3 Fakta Mengharukan Video Klip Bunga Citra Lestari yang Berjudul 12 Tahun Terindah

1. Menulis Ada Dua Kejanggalan

Anjicovid1.jpg

Foto: instagram.com/joshirwandi

Anji mengunggah kembali (repost) potret seorang jenazah COVID-19 yang dibungkus plastik. Selain itu, ia menyebutkan setidaknya ada dua kejanggalan yang ia temukan.

"Foto ini terlihat powerful ya. Jenazah korban cvd. Tapi ada beberapa kejanggalan.

  1. Tiba-tiba secara berbarengan foto ini diunggah oleh banyak akun-akun ber-follower besar, dengan caption seragam. Sebagai orang yang familiar dengan dunia digital, buat saya ini sangat tertata. Seperti ada KOL (Key Opinion Leader) lalu banyak akun berpengaruh menyebarkannya. Polanya mirip. Anak Agency atau influencer/buzzer pasti mengerti.
  2. Dalam kasus kematian (yang katanya) korban cvd, keluarga saja tidak boleh menemui. Ini seorang Fotografer, malah boleh. Kalau kamu merasa ini tidak aneh, artinya mungkin saya yang aneh.

Saya percaya cvd itu ada. Tapi saya tidak percaya bahwa cvd semengerikan itu. Yang mengerikan adalah hancurnya hajat hidup masyarakat kecil.

EDIT : saya menulis cvd karena malas menulis covid," tulisnya Anji di Instagramnya.

Baca Juga: Proses Mengurus Jenazah dan Pemakaman Korban COVID-19 Menurut Kementerian Agama

2. Kritik Keras PFI

kontroversi Anji tentang COVID-19

Foto: instagram.com/duniamanji

Organisasi profesi Pewarta Foto Indonesia (PFI) mengkritik keras pernyataan kontroversial Anji tentang COVID-19 yang ia tulis di Instagramnya, dan bahkan meminta untuk menghapusnya.

Pihak PFI juga sudah melakukan verifikasi kalau kerja yang dilakukan oleh Joshua Irwandi, fotografer yang bekerja untuk National Geographic, yang viral beberapa hari belakangan sudah mengikuti kaidah jurnalistik dan juga protokol kesehatan COVID-19.

Permintaan PFI untuk Anji menghapus unggahan tersebut karena dianggap meresahkan masyarakat, serta Anji dianggap membuat opini jika foto tersebut adalah hasil rekayasa dan hasil karya buzzer, bukan jurnalis.

Tak hanya itu, PFI juga meminta Anji untuk meminta maaf secara terbuka ke publik, seperti dikutip dari rilis yang diterima.

Baca Juga: Anak Bungsu Anji Jatuh Hingga Keningnya Bocor, Begini Kejadiannya

3. Beragam Komentar Warganet

Anjicovid3.jpg

Foto: instagram.com/duniamanji

Dari pernyataan kontroversial Anji tentang COVID-19 tersebut, hadir beragam komentar dari berbagai kalangan, tidak terkecuali para artis. Banyak yang sepakat dengan apa yang diungkapkannya, tetapi ada juga yang tidak sepakat.

Anji pun memberikan tanggapan di Twitter-nya. Dia meminta maaf dan mengklarifikasi bila dirinya tidak sedang mendiskreditkan profesi apapun, termasuk fotografer.

Anji juga tidak setuju kalau dianggap dirinya dianggap tidak peduli dengan penyebaran virus corona tersebut. Diakhir cuitan panjangnya tersebut, Anji juga menyampaikan jika saat ini dirinya percaya jika COVID-19 itu ada tetapi tidak semengerikan yang disampaikan.

"Saya sering mengajak orang untuk olahraga dan menjauhkan ketakutan agak imunitas meningkat. Itu yang saya percaya sebagai obat," katanya.

Artikel Terkait