BALITA DAN ANAK
3 Januari 2020

Picky Eater dan Bagaimana Menanganinya?

Jangan memberinya makan dalam porsi besar, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Picky eater adalah kondisi di mana anak menjadi pemilih saat makan. Ia akan memilih makanan yang itu-itu saja, bahkan hal ini bisa berlangsung sampai ia tumbuh dewasa.

Cara Menangani Picky Eater

picky eater

Foto: huffpost.com

Ketika Moms menginginkan pertumbuhan anak sehat yang sempurna, maka terlebih dahulu harus mengatasi masalah ketika anak menjadi picky eater.

Ada 6 hal yang dijelaskan oleh dr. Cut Hafiah Halidha M.Gizi. SpGK pada event Orami Parenting Festival di fX Sudirman (28/12), yang bisa Moms terapkan untuk menangani anak yang picky eater, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Moms harus cari menu yang bervariasi, supaya anak tidak jenuh makan. Carilah menu makanan yang bentuknya unik atau berwarna-warni
  2. Mengurangi snack diantara jam makan, kurangi minum susu diantara selingan makan. Tujuannya adalah untuk menjaga tingkat laparnya, jadi frekuensi laparnya bisa Moms kendalikan
  3. Mempercantik tampilan makanan. Di mana anak usia balita sangat suka warna dan bentuk. Pilih warna yang berbeda-beda dalam satu piring
  4. Memerhatikan kondisi psikologis anak, Moms jangan menekannya untuk makan, Moms bisa menyetel musik atau mengontrol nafsu makannya terlebih dahulu
  5. Moms harus mengetahui apakah Si Kecil ada penyakit tertentu, misal alergi makanan, diare, ada gangguan bibir sumbing atau riwayat operasi
  6. Biarkan anak makan sendiri, biasanya di usia lebih dari 2 tahun. Supaya Moms bisa memberinya target untuk anak menghabiskan makanannya.

Menurut penelitian Borah-Giddens & Falciglia, 1993 yang pada laman Cleveland Clinic: Health Essential, menjelaskan bahwa Moms mungkin cenderung menyiapkan makanan yang itu-itu saja, sehingga anak lebih akrab hanya dengan kelompok makanan tersebut.

Padahal, Moms bisa memberikan jenis kelompok makanan lain dan keakraban anak dengan makanan adalah kunci, karena seorang anak mungkin perlu melihat makanan baru lebih dari 10 kali sebelum ia mencobanya.

Baca Juga: Hati-Hati Dampak Buruk Anak Pilih-Pilih Makanan! Ini 10 Cara Mengatasi Picky Eater

Trik Lain dalam Menangani Picky Eater

picky eater

Foto: id.pinterest.com

Selain itu, porsi menjadi faktor yang sangat penting diperhatikan bagi si picky eater. Jangan terlalu banyak makanan dalam waktu yang bersamaan, misal Moms terbiasa memberi buah, brokoli, wortel, cornflakes dalam satu piring. Sebaiknya bagi menjadi dua, pertama untuk makan siang dan kedua untuk camilan sore.

Lalu, ajak ia mengenal rasa. Moms bisa menaruh berbagai macam jenis makanan dalam porsi yang kecil dalam satu wadah atau piring. Biarkan si picky eater mencobanya sendiri satu per satu, dengan begitu ia akan tahu mana rasa yang enak.

Cobalah untuk mengganti kalimat ajakan makan, misalnya; “kamu harus makan tomat biar matanya sehat”, coba diganti dengan “siapa yang bisa makan tomat paling cepet”, dsb.

Baca Juga: 4 Kesalahan Orang Tua yang Membuat Anak jadi Picky Eater

Jadi Moms, ketika ingin memenuhi kebutuhan nutrisi anak sehat, perlu diperhatikan pula berbagai faktor lainnya, seperti penanganan ketika anak sudah menjadi picky eater. Solusinya pun sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, Moms hanya perlu mengubah beberapa kebiasaan makan anak sejak dini ya. Selamat mencoba, Moms!

Artikel Terkait