TRIMESTER 1
21 November 2019

Pigmentasi Kulit Saat Hamil? Atasi dengan 3 Cara Mudah Ini!

Cobalah untuk tidak terlalu sering melakukan aktivitas di luar rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Jika Moms baru hamil, mungkin akan memperhatikan beberapa perubahan besar pada kulit Moms. Perubahan hormon ibu hamil ini dapat menyebabkan peningkatan minyak, keringat, dan peningkatan sirkulasi.

Jika Moms termasuk yang beruntung, makan akan memperoleh apa yang disebut dengan ‘cahaya kehamilan’.

“Lalu sebagian lagi akan mengalami peningkatan minyak dan keringat, jerawat, dan peningkatan sirkulasi, dan bercak kemerahan,” kata Dr Hope Dinh, ahli dermatologi utama dan direktur di Hope Dermatology di Melbourne Selatan.

Baca Juga: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Serupa tapi Tak Sama

Selain itu, ada juga yang terkadang mengalami yang namanya pigmentasi kulit saat hamil. Pigmentasi ini biasanya salah satu masalah kulit yang menimbulkan bercak gelap yang muncul pada kulit.

Mengatasi Pigmentasi Kulit Saat Hamil

Jika Moms mengalami hal pigmentasi kulit saat hamil, bagaimana cara mengatasinya? Simak di bawah ini yuk.

1. Menggunakan Sunscreen

pigementasi kulit saat hamil

Pigmentasi kulit saat hamil dapat menjadi kondisi yang sulit untuk diobati dan seringkali memerlukan segudang lengkap perawatan di rumah, berbagai resep obat, dan prosedur kosmetik yang penting.

“Hal terpenting yang dapat Moms lakukan untuk kulit sebelum kehamilan, selama dan setelah kehamilan adalah memasukkan penggunaan tabir surya dengan SPF 50+ berkualitas tinggi setiap hari ke dalam rutinitas perawatan kulit,” jelas Dr. Hope Dinh.

Baca Juga: Hadapi Cuaca Panas Ekstrem dengan 5 Rekomendasi Sunscreen Ini

2. Menggunakan Produk-produk Khusus Pigmentasi Kulit

skincare (4).jpg

Jika pigmentasi kulit telah muncul, Moms bisa menggunakan produk-produk yang aman untuk kehamilan yang dapat membantu mengurangi masalah kulit ini, seperti vitamin B, antioksidan seperti vitamin C, asam azelaic, dan pengelupas seperti produk AHA/BHA.

Menurut DR. Hope Dinh, beberapa perawatan, seperti menusuk kulit (tanpa anestesi topikal) dan kulit laktat aman selama kehamilan dan menyusui dan merupakan cara yang efektif untuk mengatasi pigmen dan jerawat kecil.

3. Jangan Terlalu Lama Berada di Luar

pigementasi kulit saat hamil

Musuh kulit yang paling jahat, yang mampu menyebabkan pigmentasi kulit bisa dibilang adalah matahari.

Berada terlalu lama di bawah paparan sinar matahari sudah pasti akan membuat warna kulit kita menjadi lebih gelap, bahkan jika kita menggunakan tabir surya sekalipun.

Dilansir dari American College of Obstetricians and Gynecologists, selain menggunakan sunscreen untuk mencegah pigmentasi makin parah, Moms perlu memakai topi yang lebar setiap hari saat berada di luar rumah.

Baca Juga: 3 Langkah Pertolongan Pertama Kulit Terbakar Matahari Pada Balita

Itu dia Moms beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pigmentasi kulit saat hamil. Pastikan Moms bisa menjaga kulit dari pigmentasi atau masalah kulit lainnya ya.

Artikel Terkait