TRIMESTER 1
8 Februari 2020

Pilates saat Hamil, Amankah Bagi Ibu dan Janin?

Saat ini pilates saat hamil menjadi sebuah tren kehamilan yang banyak dilakukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, pernahkan memerhatikan artis Shandy Aulia yang tengah hamil? Sejak usia kehamilannya masih hitungan minggu hingga kini sudah mendekati hari persalinan, Shandy rajin melakukan olahraga. Pilates dipilih Shandy sebagai olahraganya selama hamil.

Pilates adalah latihan kehamilan yang pada umumnya aman asalkan dokter telah memperbolehkan. Latihan pilates saat hami membantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan dan mencegah sakit punggung dengan memperkuat dasar panggul dan otot-otot inti (perut), yang mendukung tulang belakang kita.

Pilates melakukan serangkaian gerakan yang terkontrol, gerakannya sangat mudah untuk dimodifikasi di sekitar perut Anda atau rasa sakit yang mungkin Moms rasakan.

Menurut International Forum For Wellbeing in Pregnancy, studi terbaru menunjukkan bahwa pilates kehamilan adalah cara yang efektif untuk mengurangi sakit selama kehamilan.

Baca Juga: Shandy Aulia Tetap Rajin Pilates Meskipun Sedang Hamil, Ini 3 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil

Hal Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Pilates saat Hamil

Meskipun sebagian besar gerakan pilates sangat lembut dan aman, Moms tetap harus berhati-hati untuk tidak berlebihan. Menurut parenting.com berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diingat sebelum Moms melakukan pilates saat hamil.

1. Lakukan Gerakan dengan Nyaman

Pilates Saat Hamil, Amankah Bagi Ibu dan Janin.jpg

Foto: aalayapilates.com

Melakukan gerakan yang nyaman adalah hal wajib yang perlu Moms lakukan ketika pilates saat hamil. Ligamen di sekitar sendi Moms jauh lebih longgar sekarang karena hamil (berkat peningkatan produksi hormon relaxin), yang membuatnya lebih mudah untuk menyakiti diri sendiri.

Jadi jangan lakukan gerakan apa pun yang terasa tidak nyaman atau menekan sendi kita.

2. Hindari Gerakan Berbaring Terlentang dan Tetap Tenang

Pilates Saat Hamil, Amankah Bagi Ibu dan Janin 2.jpg

Foto: nearsay.com

Ketika melakukan pilates saat hamil, Moms harus menghindari gerakan berbaring terlentang. Hindari gerakan yang mengharuskan Moms berbaring telentang, karena ini dapat mengganggu suplai darah bayi.

Instruktur Moms bisa membantu menemukan cara yang tepat untuk memodifikasi gerakannya sehingga nyaman dan aman untuk Moms lakukan.

Pilates sangat fokus pada kekuatan inti, adalah mungkin untuk melatih otot-otot perut Moms, suatu kondisi yang dikenal sebagai diastasis. Jadi saat melakukan gerakan ini ingatlah untuk tetap tenang.

Baca Juga: Multiguna, Mari Mengenal Manfaat Pilates untuk Pra-Kehamilan, Kehamilan, dan Pasca Kehamilan

3. Tetap Berhati-hati

Pilates Saat Hamil, Amankah Bagi Ibu dan Janin 3.jpg

Foto: ironbutterflypilates.com

Meskipun melakukan pilates aman selama kehamilan, tapi, saat perut semakin besar, sulit untuk Moms menyeimbangkan diri.

Jika ini terjadi, berhati-hatilah saat melakukan gerakan dengan bola keseimbangan jika Moms menggunakannya, kemudian hati-hati juga saat melakukan gerakan bangun dan turun.

4. Gunakan Pakaian yang Tepat

Pilates Saat Hamil, Amankah Bagi Ibu dan Janin 4.jpg

Foto: sheppardmethodpilates.com

Menurut Instruktur Bidan dan Prenatal Pilatus, Nikki Williams-Quamina, selama sesi pilates kehamilan Moms disarankan untuk memakai bra dan pakaian pendukung yang sesuai, nyaman, dan aman. Jangan lupa juga untuk minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil

Jika Moms ingin melakukan pilates saat hamil, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi Moms dan bayi.

Meskipun pilates saat hamil dianggap sebagai bentuk latihan yang aman, tetapi dianjurkan bahwa hal itu dilakukan di bawah pengawasan dan bimbingan seorang instruktur pilates yang berpengalaman dan terlatih secara tepat dalam pilates selama periode kehamilan dan perinatal.

Artikel Terkait