2-3 TAHUN
2 April 2018

Pilihan Buku Yang Cocok Digunakan Oleh Balita

Inilah buku yang cocok untuk balita Anda
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

   

Bukumemang dikenal sebagai jendela pengetahuan. Lewat buku, anak mampu menyerap banyak pengetahuan. Tapi buku untuk balita apa yang paling cocok digunakan, itulah yang Moms harus cari tahu.

  

Usia 7-12 bulan

Saat rentang usia tersebut, balita mulai bisa mengucapka sepatah dua kata seperti mama, papa, atau susu. Oleh karena ini, pilihan buku yang tepat untuk usia ini adalah buku dengan gambar objek atau orang sangatlah cocok.

Lewat ilustrasi buku yang Moms bacakan, balita akan menyerap sebuah benda atau objek yang terdapat dalam buku tersebut, dan menyimpan kata-kata tersebut dalam otaknya.

Buatlah si kecil seolah-olah ikut dalam cerita buku tersebut dengan ekspresi kata-kata Moms baik lewat mimik wajah, suara, hingga gerakan. Selain itu, pilihlah buku yang berbahan tebal, ringan, serta tidak mengandung bahan kimia sehingga aman saat digunakan oleh balita.

    
Usia 13-18 bulan

Balita mulai banyak mengenali kata hingga kalimat yang Moms ucapkan. Saat usia tersebut, Moms dapat memperkenalkan buku yang lebih kaya kata dan kalimat disetiap halamannya.

Ceritakan pada balita Moms secara ekspresif. Jika perlu tirukan suara-suara tokoh yang ada dalam cerita tersebut, misalkan kisah binatang maka ajaklah dia berinteraksi bagaimana menirukan suara kucing atau anjing.

Tanyakan pula objek pada gambar tersebut misalnya mobil atau benda lain yang pernah balita pelajari sebelumnya. Jenis buku untuk anak ini sangatlah cocok digunakan.
  

Usia 19-24 bulan

Saat balita berusia 19-24 bulan, dia mulai bisa mengingat segala kegiatan rutin yang berulang-ulang termasuk halnya membaca buku. Ketika Moms membacakan buku yang dia minta berulang kali, membuat balita mampu memahami cerita secara mendalam serta mengingat kata-kata baru dengan baik.

 

Beberapa jenis buku unik yang bisa Moms gunakan untuk balita, antara lain:

Busy Book

busy book 1

Model buku ini bertemakan berbagai macam film animasi anak. Misalnya buku, “The Good Dinosaur”. Jadi, Moms dapat membacakan cerita sambil memainkan berbagai karakter bersama balita anda di atas playmat yang disediakan.

 

Pop Up Book 

pop up book

Pop Up Book menghadirkan banyak gambar serta ilustrasi pada setiap halamannya. Jadi Moms bisa membacakan cerita kepada balita dengan berbagai macam cara seperti berhitung, bermain tebak-tebakan, dan mengenal ragam benda dan binatang kepada balita tanpa membuatnya cepat merasa bosan.

 

Buku Piano

piano book

Jika balita Anda menyukai musik, buku ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Tangga nada serta tuts piano pada buku ini digambarkan lewat warna tertentu, sehingga anak dapat memainkan lagu secara mudah.

 

Jadi, manakah pilihan buku Moms yang cocok dipilihkan untuk balita anda?

 

(PIA)

Artikel Terkait