DI ATAS 5 TAHUN
12 Agustus 2019

Kekinian Banget! Ini Pilihan Kursus untuk Anak yang Lahir sebagai Generasi Alfa

Generasi alfa adalah generasi paling pintar, sehingga perlu kursus
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernahkah Moms mendengar Si Kecil berkata "OK Google!" atau "Hai Siri!" kepada ponsel pintar milik Moms? Setelah itu, Si Kecil akan melanjutkannya dengan kalimat, "Aku mau beli es krim di mana ya?"

Dilansir dari scarymommy.com, inilah salah satu ciri generasi alfa, di mana mereka sudah begitu lekat dengan teknologi. Karena itu, tidak mengherankan, untuk hal-hal sederhana pun, mereka lebih suka bertanya kepada Google atau Siri.

Moms tentu tak bisa serta merta melarang Si Kecil dekat-dekat dengan teknologi. Yang bisa Moms lakukan adalah memfasilitasi Si Kecil dengan berbagai pengetahuan yang dapat membuatnya mampu menggunakan teknologi secara bijak.

Salah satunya dengan kursus. Ini dia empat pilihan kursus untuk anak yang terlahir sebagai generasi alfa.

Baca Juga: Haruskah Anak Ikut Macam-macam Kursus?

1. Kursus Robotik

tenergy-odev-tomo-kids.jpg

Pilihan kursus untuk anak yang terlahir sebagai generasi alfa pertama adalah kursus robotik. Generasi Alfa akan semakin familiar dengan sains, teknologi, matematika, dan robot. Itu sebabnya, tak ada salahnya jika Si Kecil mulai diperkenalkan dengan hal-hal tersebut sejak dini.

Kursus robotik tak sekadar memperkenalkan Si Kecil pada sains dan teknologi, tetapi juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, keterampilan sosial, keterampilan pemecahan masalah atau problem solving, serta melatih kesabaran Si Kecil mengingat belajar robotik akan banyak diwarnai proses trial dan error.

Apa saja yang dipelajari di kursus robotik? Mengutip dari robota.co.id, Si Kecil yang kelas 1-2 SD akan diajarkan untuk membuat berbagai aplikasi sederhana semacam lampu warna-warni, bel rumah, alarm maling sederhana, pengatur kecepatan kipas, detektir hujan, atau robot yang digerakkan dengan cahaya.

Semakin anak besar, pelajaran robotik akan berlanjut membuat berbagai aplikasi berbasis pemograman, misalnya anak akan belajar membuat pendeteksi tsunami, kunci pintu dengan password, hingga pengontrol alat rumah tangga dengan remote. Canggih ya?

2. Kursus Coding

5c6de2dfb6c4dae075f446cd_CODE CAMP JH 0540.jpeg

Pilihan kursus untuk anak yang terlahir sebagai generasi alfa selanjutnya adalah kursus coding. Teknologi digital adalah bagian dari kehidupan generasi alfa, karena mereka dikelilingi oleh ponsel pintar, permainan video, situs web, dan bahkan robot.

Teknologi ini didukung oleh perangkat lunak atau program komputer yang dibuat dengan coding atau pengkodean. Memperkenalkan coding atau pengkodean, akan membuat Si Kecil mengapresiasi tentang bagaimana teknologi digital bekerja.

Ini seperti pentingnya mereka belajar tentang biologi dan kimia untuk memahami unsur-unsur pembangun kehidupan mereka. Mereka perlu menyadari bahwa apa yang terjadi ketika mereka menggunakan teknologi bukanlah sihir, dan mereka sendiri dapat membuat program yang berguna.

Belajar coding sendiri memberi banyak manfaat buat Si Kecil. Dikutip dari clev.io, menurut Bill Gates sang pendiri Microsoft, belajar menulis program dapat memperluas daya pikir, membantu berpikir lebih baik, menciptakan cara pikir yang bermanfaat di semua bidang.

Baca Juga: 6 Hal Pertimbangan Memilih Guru Les

3. Kursus Bahasa

Ini Pilihan Kursus untuk Anak yang Lahir Sebagai Generasi Alfa 3.jpg

Foto: udemy.com

Pilihan kursus untuk anak yang terlahir sebagai generasi alfa selanjutnya adalah kursus bahasa. Yang diperlukan di sini tentu saja kursus bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Sebagai digital natives yang mengenal teknologi sejak dini, penguasaan bahasa asing yang memadai jadi syarat untuk memuluskan proses belajar dan berkarier bagi Si Kecil kelak. Jadi, Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional tak boleh dilewatkan sebagai bahasa wajib untuk dikuasai.

Jika Moms sudah membiasakan Si Kecil berbahasa Inggris di rumah, atau sekolah Si Kecil telah memberinya pelajaran bahasa Inggris yang memadai untuknya, Moms bisa beralih ke bahasa internasional kedua, yaitu bahasa Mandarin.

4. Kursus Art n craft

Ini Pilihan Kursus untuk Anak yang Lahir Sebagai Generasi Alfa 4.jpeg

Foto: pexels.com

Pilihan kursus untuk anak yang terlahir sebagai generasi alfa selanjutnya adalah art n craft. Art n craft bukan sekadar belajar melukis atau menggambar. Imajinasi anak tidak memiliki batas, dan art n craft adalah cara bagi mereka untuk mengeksplorasi imajinasi dan mengubahnya menjadi sesuatu yang produktif.

Art n craft mendorong si kecil untuk menjadi kreatif dan inovatif, yang selanjutnya dapat membuat si kecil mengembangkan bakat artistik serta potensi lain di dalam dirinya.

Baca Juga: Usia Berapa Anak Boleh Ikut Les?

Itulah beberapa pilihan kursus untuk anak yang terlahir sebagai generasi alfa yang bisa Moms tawarkan kepada Si Kecil. Kira-kira, Si Kecil minat yang mana ya?

(VAN)

Artikel Terkait