KESEHATAN
11 Juli 2019

Pipis Terus-Terusan, Apakah Ini Salah Satu Gejala Diabetes?

Apakah hanya mitos atau fakta?
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms pasti sudah tahu, bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang mempengaruhi kemampuan tubuh kita dalam memproduksi atau merespon insulin, sehingga menghasilkan kadar gula darah yang tinggi.

Beberapa orang tidak sadar ia mengidap diabetes karena gejala atau tanda awalnya memang tidak begitu kentara. Jadi mereka menganggapnya sebagai hal sepele yang mungkin terjadi pada siapa saja.

Hal sepele yang biasa menjadi tanda awal diabetes adalah meningkatnya rasa haus dan sering buang air kecil. Mengutip dari Debra Sullivan, PhD, MSN, RN, CNE, COI, ahli keperawatan dari Amerika Serikat, dalam situs Healthline, hal ini dikarenakan terlalu banyak gula dalam darah kita dan sangat membebani ginjal, yang berfungsi untuk memproses gula itu.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Gestational Diabetes Saat Hamil

Ketika ginjal tidak lagi berfungsi, banyak glukosa yang dikeluarkan dari tubuh melalui urin kita. Moms akan sering pipis dan mengalami dehidrasi akibat banyak cairan yang keluar.

"Beberapa penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung, memengaruhi sistem tubuh lain di saluran kemih dan menyebabkan urin tampak keruh," kata Dr. Josh Axe, Clinical Nutritionist di situs webnya.

Awal, kita mungkin akan menganggap lebih sering pipis dari biasanya hal sepele yang mungkin terjadi karena kita terlalu banyak minum. Namun, peringatan utamanya akan mulai dirasakan saat kita sering buang air kecil di tengah malam saat tidur dan hal tersebut menguras energi kita.

Gejala Diabetes Lainnya

gejala diabetes, sering pipis

Foto: medicalnewstoday.com

Sering pipis memang merupakan tanda utama dari gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2, karena pipis terkadang merupakan satu-satunya cara tubuh kita untuk membuang kelebihan gula darah.

Tetapi sering pipis dari biasanya hanyalah salah satu dari gejala diabetes yang ditunjukkan oleh tubuh. Jika Moms masih ragu dan khawatir, ada beberapa gejala umum diabetes lainnya yang harus Moms sadar.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Diabetes Menyusui? Ini Kata Ahli!

  1. Kelelahan, ketidakmampuan sel untuk memanfaatkan glukosa dan mengubahnya menjadi energi, dapat membuat penderita diabetes merasa terkuras tenaganya dan kelelahan sepanjang waktu. Dehidrasi akan memperburuk keadaan ini.
  2. Penurunan berat badan, merupakan kombinasi kadar insulin rendah dan ketidakmampuan untuk menyerap gula dari darah dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cepat pada penderita diabetes.
  3. Penglihatan kabur, adalah efek samping dari dehidrasi yang disebabkan oleh diabetes. Dapat berupa pengeringan mata yang parah, yang dapat mempengaruhi penglihatan.
  4. Gusi bengkak, mereka yang menderita diabetes berisiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi, pembengkakan, atau penumpukan nanah di gusi.
  5. Perasaan geli, hilangnya sensasi pada tungkai, jari, atau jari kaki adalah efek samping umum dari kelebihan gula darah.

Baca Juga: Yuk Ketahui 5 Mitos dan Fakta Seputar Diabetes Pada Anak

Sekarang Moms sudah tahukan apa saja gejala diabetes? Ingat untuk selalu jalani hidup sehat ya.

Artikel Terkait