NEWBORN
22 April 2019

Pippa Middleton Kenalkan Anak Berenang di Usia 4 Bulan, Ini 5 Aturan Mengenalkan Bayi Berenang

Moms harus pastikan beberapa aturan ini sebelum mengajak Si Kecil berenang ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Baru-baru ini, Pippa Middleton membagikan pengalamannya saat mengajak sang anak, Arthur, mencoba berenang sejak usianya yang menginjak 4 bulan. Kini saat memasuki usia 6 bulan, Pippa Middleton mengakui bahwa aktivitas favorit anaknya adalah berenang.

Ia mengatakan bahwa berenang sudah menjadi kegiatan favorit anaknya. Kegiatan yang termasuk dalam olahraga ini, membantu anaknya untuk dapat tidur siang dengan lebih nyenyak, serta membantu pencernaan Si Kecil lebih lancar.

Menurut saudari Kate Middleton ini, aktivitas air adalah pilihan yang bagus untuk Moms dan anak berolahraga.

Untuk Moms yang mungkin sedang mencari aktivitas bermanfaat yang dapat dilakukan bersama dengan Si Kecil, ide dari Pippa Middleton ini bisa dijadikan sebagai rekomendasi yang bagus.

Jika Moms bertanya-tanya, usia berapa yang cocok untuk mengajak Si Kecil berenang, jawabannya ada pada orang tua sendiri.

“Pertanyaan mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengajak anak berenang, tergantung dari kemampuan bayi itu sendiri. Orang tua yang harus memutuskan kapan waktu terbaik untuk bayi mulai mencoba baby swimming,” ujar Don Lauritzen, pakar kesehatan dan keamanan anak dari American Red Cross.

Jika Moms dan Dads merasa sudah saatnya buah hati belajar berenang, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan, terutama mengenai aturan mengenalkan bayi berenang.

Agar Moms dapat lebih berhati-hati dan cermat, yuk cari tahu aturannya di bawah ini!

Baca Juga: Mengapa Anak Perlu Diajari Berenang Sejak Dini?

1. Biasakan Anak dengan Air

baby1

Foto: peachandpumpkins.com

Jika Moms ingin mengajak Si Kecil berenang sejak usia dini, Moms tentu harus membiasakan bayi dengan air terlebih dahulu, agar ia tidak kaget.

Caranya dengan memandikan Si Kecil sesering mungkin. Dengan begitu, ia akan mulai terbiasa dan mulai menyukai air.

Rebecca Adlington, juara olimpiade pertama di Inggris mengatakan, bahwa pengalaman pertama membawa anak untuk belajar berenang merupakan saat yang menegangkan. Untuk itu, ia menyarankan melakukannya secara bertahap.


2. Susun Jadwal Berenang

article baby friendly pool

Foto: independent.co.uk

Selain berenang, akan ada banyak kegiatan yang bisa anak lakukan, termasuk sesi untuk mendengarkan musik dan sesi bernapas.

Pastikan Moms menyusun jadwal berenang anak dengan tepat, agar ia bisa mendapatkan berbagai pengalaman dari kegiatan yang berbeda.

Baca Juga: 5 Permainan Favorit Kawa, Menggemaskan!

3. Mempersiapkan Peralatan

baby3

Foto: dhgate.com

Mengenalkan anak pada baby swimming berarti Moms juga harus mempersiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan bayi saat berenang.

“Mulailah dengan membeli popok berenang, pelampung renang, dan baju renang jika dibutuhkan,” ujar Rebecca Adlington, membagikan pengalamannya.


4. Ibu juga Harus Rileks

baby2

Foto: daytonymca.org

Mengajak anak berenang, bukan berarti Si Kecil saja yang perlu ditenangkan. Moms juga perlu merasa rileks, agar ia bisa berenang dengan nyaman.

Jika Moms terlihat menikmatinya waktu menemani bayi berenang, Si Kecil juga akan merasakan hal yang sama.

Baca Juga: 6 Peralatan Renang Supaya Balita Tetap Aman


5. Jangan Terburu-buru, Patikan Si Kecil Benar-benar Siap

baby4

Foto: staugustinesocial.com

Mengajarkan anak aktivitas berenang seja dini memang baik, karena dapat mengajarinya untuk lebih aktif lagi.

Hal ini bukan berarti Moms harus buru-buru melakukannya. Moms perlu memastikan bawa Si Kecil benar-benar siap untuk menerima aktivitas baru ini.

“Berenang memang penting untuk anak, tetapi bukan berarti orang tua harus terbutu-buru mengenalkan anak pada berenang,” ucap Dr. Jeffrey Weiss, penulis utama di Academy of Pediatrics’ Policy Statement on Drowning Prevention dan pedatrik di Rumah Sakit Phoenix Children di Arizona.
Ha-hal di atas penting untuk Moms perhatikan, jika ingin mengajak bayi berenang. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, apalagi jika Moms membawa Si Kecil untuk belajar berenang sendiri, tanpa bantuan ahli.

Ingat untuk memastikan dulu apakah Si Kecil siap untuk berenang atau tidak. Selamat mencoba, Moms!

(ADW/INT)

Artikel Terkait