KELUARGA
20 April 2020

Pokok Ajaran Kong Hu Cu untuk Mendidik Anak, Yuk Terapkan!

Apa yang bisa orang tua ajarkan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Konfusianisme adalah nama yang diberikan kepada seperangkat kepercayaan yang diajarkan oleh aliran Konfusius atau yang dikenal dengan Kong Hu Cu.

Agama Kong Hu Cu mengajarkan pada orang-orang bagaimana mereka harus bersikap terhadap satu sama lain, itulah sebabnya Konfusianisme dianggap sebagai cara hidup bagi banyak orang daripada agama.

Kong Hu Cu sendiri sebenarnya adalah seorang ahli Filsafat Cina yang terkenal sebagai pengembang sistem memadukan alam pikiran dan kepercayaan orang Cina yang mendasar.

Ajarannya menyangkut kesusilaan perorangan dan gagasan bagi pemerintah agar melaksanakan pemerintahan dan melayani rakyat dengan teladan berperilaku yang baik.

Agama Kong Hu Cu di Indonesia sudah diakui, hal ini dicantumkan dalam Keputusan Presiden No. 1 tahun 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama.

Baca Juga: 3 Tips Mendidik Anak Agar Bebas Drama, Mudah Ditiru

Kebajikan dalam Ajaran Kong Hu Cu

ajaran kong hu cu

Foto: gominno.com

Ajaran Kong Hu Cu mengandung unsur pembentukan akhlak yang mulia bagi bangsa Tiongkok. Kong Hu Cu selalu menghindari pembicaraan tentang metafisika, ketuhanan, jiwa, dan berbagai hal yang ajaib.

Namun ia tidak meragukan tentang adanya Tuhan Yang Maha Esa yang dianut masyarakatnya.

Melansir laman School Work Helper, lima kebajikan dalam ajaran Kong Hu Cu adalah:

  • Yen, yang mengacu pada niat baik, empati, dan kemurahan hati. Yen mengandung suatu pengertian hubungan ideal diantara sesama manusia. Setiap manusia harus terdapat dalam dirinya suatu kebaikan, budi pekerti, cinta dan kemanusiaan.
  • Li, berhubungan dengan perbuatan dan kepatutan yang benar, tunjukkan sikap batin kita dengan ekspresi lahiriah. Dengan kata lain Li artinya keserangkaian antara perilaku, ibadah, adat istiadat, tata krama dan sopan santun.
  • Yi, maksudnya adalah menjunjung kebenaran, yang menjadi tugas sebagai penjaga alam dan kemanusiaan.
  • Chih, mengajarkan tentang kebijaksanaan.
  • Hsih, mengajarkan kesetiaan dan kepercayaan.

Kebajikan-kebajikan ini merupakan persyaratan bagi semua orang, terutama mereka yang memimpin.

Baca Juga: 6 Cara Mendidik Anak Agar Supel dan Humoris

Mendidik Anak dengan Ajaran Kong Hu Cu

ajaran kong hu cu

Foto: aplustopper.com

Ajaran Kong Hu Cu mengajarkan orang bagaimana berperilaku dalam kehidupan pribadi mereka serta aturan pemerintahan yang baik berdasarkan cinta, keadilan, rasa hormat, kebijaksanaan dan ketulusan.

Salah satu nilai yang penting dalam Kong Hu Cu adalah nilai-nilai keluarga. Anak-anak diajarkan untuk menghormati orang tua mereka dan melakukan apa yang diperintahkan.

Ketika anak-anak masih sangat muda, mereka belajar dari kepercayaan dan perilaku orang tua mereka, para pengasuh, dan orang lain di sekitar mereka

Untuk menghindari menstimulasi ide-ide buruk pada seorang anak sehingga ia tidak menjadi orang jahat, sangat penting untuk berhati-hati meninggalkan perilaku kekanak-kanakan seperti kenakalan main-main hingga ke anak itu sendiri, dan tidak memaksakan pendapat orang tua kepada anak.

Hal paling mudah yang bisa kita ajarkan anak berdasarkan ajaran Kong Hu Cu adalah sikap menghormati dan sopan santun. Ajarkan pada Si Kecil bahwa dalam kehidupan sosial, nilai-nilai ini sangat penting dan tidak pandang bulu.

Moms dan Dads bisa mencontohkannya dengan sikap saling menghormati. Tidak saling mencela, tidak saling mengumpat, hormat kepada orang tua dan siapa saja yang berada di sekitar kita. Sekalipun mereka adalah asisten rumah tangga kita.

Baca Juga: 3 Cara Mendidik Anak yang Suka Mencuri

Tunjukan hal-hal ini kepada anak, maka secara tidak langsung, nilai kesopanan dan saling menghormati akan tertanam di dalam diri Si Kecil.

Artikel Terkait