KESEHATAN
21 Agustus 2019

Polusi Udara Buruk, Jaga Kesehatan Paru dengan 5 Cara Ini

Mulailah dengan menjalani pola hidup sehat
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kondisi udara di Indonesia sedang tidak kondusif. Dilansir dari liputan6.com, kondisi udara di Jakarta, sedang mengalami yang namanya polusi udara dengan tingkat sangat mengkhawatirkan.

Bahkan menurut data dari laman Air Visual per 1 Agustus 2019, kualitas udara di Indonesia adalah yang terburuk. Hal ini menandakan bahwa udara yang di hirup masyarakat Jakarta sudah tidak sehat.

Kondisi udara seperti ini tentu dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah kesehatan paru-paru.

“Dampak polusi udara sangat berbahaya terhadap kesehatan paru-paru. Sebagai organ pernapasan paling akhir, paru-paru menjadi tempat bersarangnya partikel-partikel sangat kecil dan berbahaya yang terkandung dalam polusi udara,” tutur dr. Feni Fitriani Taufik, dokter spesialis paru dan pernapasan konsultan paru kerja dan lingkungan di RS Pondok Indah - Bintaro Jaya.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan organ paru, agar tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Moms juga harus menjaga kesehatan paru keluarga. Seperti apa cara menjaga kesehatan paru yang bisa dilakukan? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Kanker Paru, Penyakit yang Merenggut Nyawa Sutopo Purwo

1. Mulai Jalani Hidup Sehat

menjaga kesehatan paru

Foto: .dailypowerwalk.com

Selain udara, makanan juga berpengaruh pada kesehatan paru kita. Makanya sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, mulailah jalani pola hidup yang sehat. Caranya tentu dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga rutin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Bukankah mencegah itu jauh lebih baik dibandingkan dengan mengobati? Jika bisa mencegah, mengapa tidak dicegah terlebih dahulu?

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Hal Sederhana Yang Mendukung Kehidupan Balita Sehat

2. Stop Merokok

menjaga kesehatan paru

Foto: medium.com

Jika Moms atau Dads adalah seorang perokok aktif, berhentilah dari kebiasaan merokok.

“Udara yang kita hirup kualitasnya sudah sangat buruk, jangan diperparah dengan kebiasaan merokok,” tutur dr. Feni Fitriani Taufik.

Bahkan asap yang dihasilkan oleh rokok tidak hanya berbahaya bagi si perokok, namun juga terhadap orang-orang di sekitarnya, walaupun adalah seorang perokok pasif, yang hanya menghirup saja,

3. Masker itu Penting

menjaga kesehatan paru

Foto: hellosehat.com

“Gunakan masker, apabila keluar rumah saat kualitas udara tidak sehat,” ucap dr. Feni Fitriani Taufik.

Meskipun namanya hanya masker, masker juga memiliki berbagai jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing lho.

Masker yang ideal adalah dengan tipe N95 yang efektif menangkal partikel PM2.5 hingga 95 persen karena dilengkapi dengan lapisan penyaring khusus, penggunaannya harus secara benar, tidak ada kebocoran sehingga fungsi perlindungannya juga optimal.

Namun ada kekurangan pada penggunaan masker N95 yaitu rasa tidak nyaman bagi penggunanya karena pemasangannya harus rapat.

Baca Juga: Cegah Risiko Akibat Polusi Udara, Ini Cara Pemilihan Masker yang Tepat

4. Usahakan Hindari Aktivitas di Ruang Terbuka

menjaga kesehatan paru

Foto: parents.com

Untuk menjaga kesehatan paru, Moms dan keluarga harus menghindari terlalu lama berada di luar ruangan, terutama pada daerah berpolutan tinggi atau pada saat kadar polutan tinggi.

Menurut dr. Feni Fitriani Taufik, kita disarankan untuk mengunduh aplikasi Air Visual atau semacamnya, sebelum bepergian ke suatu daerah untuk mengecek kualitas udara di daerah tersebut. Keren ya!

5. Cek Berkala Kesehatan Paru

menjaga kesehatan paru

Foto: webtenerife.co.uk

Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti dari ahlinya, sebaiknya Moms dan keluarga rutin untuk cek kesehatan paru secara berkala. Meskipun sudah mengikuti tips-tips di atas, tidak menutup kemungkinan jika paru kita akan terbebas dari masalah kesehatan.

Makanya, memeriksakan kesehatan paru itu sangat penting. Jika bisa, jangan hanya kesehatan paru saja. Periksa keseluruhan tubuh pun bisa.

Itulah beberapa cara terbaik untuk menjaga kesehatan paru Moms dan keluarga. Usahakan untuk sering memakai masker, jika banyak beraktivitas di luar ruangan ya Moms. Selamat mencoba!

Artikel Terkait