3-12 BULAN
11 Mei 2020

Berapa Banyak Porsi MPASI Pertama Bayi 6 Bulan?

Jangan sampai salah memberikan porsi MPASI untuk Si Kecil.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Intan Aprilia

Ketika Si Kecil sudah harus mulai makan makanan pendamping ASI (MPASI), Moms tentu dihinggapi pertanyaan apa MPASI pertama yang baik dikomsumsi olehnya. Bukan hanya menu yang tepat, Moms juga perlu tahu berapa banyak porsi MPASI pertama untuk Si Kecil.

Pada usia 6 bulan, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), banyaknya energi tambahan yang diperlukan dari MPASI adalah 200 kilo kalori per harinya. Total energi tersebut bisa didapatkan dari 2 kali makan MPASI sehari dengan porsi 2-3 sendok sekali makan.

Satu hal penting yang harus Moms ingat adalah tetap memberikan ASI, ASI perah (ASIP), atau susu formula saat Si Kecil mulai makan makanan pendamping ASI.

Hal tersebut dikarenakan MPASI yang diberikan untuk bayi 6 bulan hanya sebagai makanan pendamping. MPASI yang dikonsumsi oleh Si Kecil fungsinya bukan menggantikan nutrisi yang ada di dalam ASI atau susu formula (sufor).

Lantas, bagaimana dengan porsi MPASI seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Pertama untuk Bayi 6 Bulan

Porsi MPASI Pertama untuk Bayi 6 Bulan

istock 490693083

Sebelum memberikan MPASI kepada Si Kecil, pastikan Moms sudah mengetahui apa saja syarat dan tanda-tanda bayi siap menerima MPASI pertama. Sementara mengenai porsi, berikut adalah rekomendasi yang diberikan oleh American Academy of Pediatrics:

  • Mulai dengan porsi sekitar 1 sendok teh bubur atau sereal. Campurkan sereal dengan 4 hingga 5 sendok teh ASI atau sufor.
  • Jika Si Kecil sudah terbiasa, tambahkan porsi menjadi 1 sendok makan bubur atau sereal yang dicampur dengan ASI atau sufor. Porsi ini bisa diberikan 2 kali sehari. Perhatikan tingkat kekentalan sereal yang akan Moms berikan padanya ya.

Namun, Moms tidak bisa memaksakan Si Kecil makan MPASI sesuai dengan porsi di atas. Pasalnya, ada beberapa faktor yang juga memengaruhi selera makannya. Hal-hal tersebut bisa membuatnya makan lebih lahap atau justru kehilangan nafsu makannya lho, Moms.

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Diberikan MPASI?

Bayi Tidak Berselera Makan

funny baby eating food on kitchen

Perlu Moms ingat bahwa Si Kecil juga memiliki selera makannya sendiri, layaknya orang dewasa. Selera makan tersebut sangat berpengaruh terhadap seberapa banyaknya MPASI yang dimakan olehnya. Seperti halnya orang dewasa, beberapa bayi makan lebih lahap dibandingkan yang lainnya, atau malah makan lebih sedikit dari bayi lain.

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang perlu Moms perhatikan dalam memberikan MPASI pada Si Kecil:

  • Bayi yang mulai makan MPASI pertama pada usia 4 bulan umumnya cenderung memiliki selera makan yang lebih tinggi dari bayi yang mendapatkan MPASI pertamanya pada usia 6 bulan.
  • Bayi yang mengkonsumsi finger food sebagai makanan padat pertamanya cenderung memiliki selera makan yang lebih rendah dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan MPASI pertama berupa bubur.
  • Bayi yang sedang sakit maupun tumbuh gigi akan kurang selera makan, biasanya dalam waktu beberapa hari kemudian selera makannya akan kembali setelah sembuh.

Baca Juga: 3 Jenis MPASI Ini Paling Ideal untuk Bayi

Peningkatan berat badan yang lambat juga bisa mengindikasikan porsi makanan yang dimakan oleh Si Kecil. Bisa saja pada awalnya nafsu makannya sangat tinggi, namun tiba-tiba ia sama sekali tidak mau makan.

Untuk bayi yang mulai memasuki masa-masa growth spurt juga memiliki nafsu makan yang cenderung menurun.

Nah, ternyata porsi MPASI pertama bayi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor ya, Moms. Tidak melulu soal rasa makanan yang diberikan. Apa makanan MPASI andalan Moms untuk Si Kecil?

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar program hamil dan kehamilan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait