BAYI
21 Juni 2020

5 Pose Yoga untuk Bayi Moms, Yuk Ikuti!

Coba berbagai gerakan yoga untuk bayi ini agar Si Kecil tetap bugar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat Moms sedang berolahraga, biasanya Si Kecil hanya bisa menontonnya. Mulai sekarang, ajak bayi berolahraga di rumah juga Moma. Sebab, The Society of Health and Physical Educators merekomendasikan semua anak harus melakukan semacam aktivitas fisik setiap hari hingga usia 5 tahun.

Jika pernah melakukan yoga, Moms pasti tahu betapa enaknya sedikit rasa dari pose Namaste. Menurut para ahli, bayi juga mendapat manfaat besar dari yoga.

Claire Koepke, guru yoga yang terdaftar dalam yoga prenatal, postnatal dan terapeutik mengatakan, pose yoga dapat membantu meringankan sembelit, kolik, dan kelebihan gas pada bayi.

“Gerakan sederhana namun efisien ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur bayi Anda, dan juga meningkatkan kualitas tidur Anda," ujarnya.

Selain itu, saat bayi melakukan yoga bersama dengan Moms, akan menjadi bonding yang baik.

“Dan seperti halnya yoga membantu orang dewasa menjadi lebih sadar akan tubuh mereka, yoga dapat membantu orang tua menjadi selaras dengan keinginan dan kebutuhan bayi mereka,” kata Helen Garabedian, pendiri Itsy Bitsy Yoga, sebuah studio yoga untuk bayi dan anak-anak.

Baca Juga: 10 Manfaat Yoga untuk Perkembangan Bayi, Yuk Cari Tahu!

Latihan Yoga untuk Bayi

Berikut adalah latihan sederhana untuk mengajarkan yogi pada bayi yang bermanfaat bahkan hingga usia balita.

1. Gerakan Pengenalan Yoga

Ikuti 4 Pose Yoga untuk Bayi Ini Moms -1.jpg

Foto: Educatout.com

Ada dua pose yoga untuk bayi pada tahap pengenalan yoga. Berikut ulasannya.

  • Happy Baby: Ajak bayi berbaring telentang dan angkat kakinya di udara. Selanjutnya, ajak bayi memegang kakinya dan bergoyang-goyang. Jangan khawatir jiga bayi tidak bermain dengan kakinya. “Dengan lutut ditekuk dan terbuka lebar untuk memudahkan peregangan, ini adalah latihan untuk bayi yang sangat baik untuk membuka otot pinggul dan merangsang pencernaan,” kata Claire.
  • Butterfly Twist: Dalam latihan ini, mulailah membaringkan bayi dan angkat kakinya kemudian gerkakkan kedua kakinya hingga seolah membuat bentuk kupu-kupu. Sambil dengan lembut menekan kaki bayi ke arah perutnya, dorong lengan bayi untuk membuka ke samping. Terus pegangi kaki bayi dalam bentuk kupu-kupu, dengan lembut putar kakinya dari sisi ke sisi. Pose yoga seperti ini dapat membantu bayi rileks dan memiliki tidur yang berkualitas.

2. Latihan Memperkuat Leher dan Tummy Time

Ikuti 4 Pose Yoga untuk Bayi Ini Moms -2.jpg

Foto: Backandbodyclinic.co.uk

Untuk latihan memperkuat leher dan tummy time, yuk aja Si Kecil lakukan pose yoga untuk bayi di bawah ini.

  • Tummy time: Letakkan selimut atau matras di lantai dan taruh bayi di atas perutnya. Jika dimulai pada usia sekitar 2 bulan, Moms akan perhatikan bahwa bayi berjuang untuk mengangkat kepalanya. Bahkan gerakan kecil ini membantu memperkuat otot leher. "Posisi ini juga sangat penting dalam mencegah plagiocephaly posisi (bentuk kepala rata)," ujar Sarah Johnson, PT, terapis fisik anak DPT di Riley Children's Health.
  • Football Hold: Pegang tubuh bayi menghadap lantai di bawah lengan Moms. Pastikan lengan Moms sepenuhnya menopang perut dan dada bayi. Saat bayi melihat ke bawah dan sekeliling, bayi akan menguatkan otot lehernya.

Baca Juga: 5 Do's & Don'ts Saat Melakukan Yoga Bersama Bayi

3. Latihan untuk Membantu Bayi Merangkak

Ikuti 5 Pose Yoga untuk Bayi Ini Moms -3.jpg

Foto: Healthline.com

Untuk membantu Si Kecil berlatih merangkak, Moms bisa mencoba pose yoga untuk bayi di bawah ini.

  • Latihan Tangan: Sebelum bisa merangkak, bayi perlu membiasakan telapak tangannya terbuka. Buat bayi nyaman dengan meminta Si Kecil merentangkan tangan dan jari sambil meraih benda. Moms juga dapat memijat tangan bayi dengan handuk di saat mandi. “Tangan yang mengepal membuat eksplorasi yang sangat penting untuk pengembangan awal akan sulit dicapai.,” ujarnya.
  • Latihan Merayap: Ambil handuk dan lipat beberapa kali secara memanjang dan ajak bayi untuk berbaring di atasnya. Dengan kedua tangan, angkat kedua sisi handuk agar dada bayi yang diletakkan di atasnya tidak terlepas. Angkat dada dan perut bayi ke atas saat lengan dan kakinya menjuntai ke lantai. Ini akan membantu bayi terbiasa dengan gerakan merangkak saat Moms bergerak berdampingan dengannya saat bayi bergerak.

4. Latihan Bayi untuk Berjalan

Ikuti 5 Pose Yoga untuk Bayi Ini Moms -4.jpg

Foto: Parentscanada.com

Untuk Si Kecil yang sudah mulai berjalan, yuk coba pose yoga untuk bayi di bawah ini!

  • Duduk di bangku: Pastikan kaki bayi menyentuh lantai saat duduk di bangku dan mintalah bayi berdiri dan mengambil mainan dari lantai lalu duduk kembali. Latihan ini akan membuat bayi berdiri, berlatih keseimbangan dan terbiasa memiliki berat badan di kakinya.
  • Menjelajah: Ajak bayi untuk memegang furnitur dan merasakan jalannya sambil menggerakkan kakinya. Mintalah bayi memegang tangan Moms dan di perabotan secara bersamaan. Akhirnya bayi akan mendapatkan kepercayaan diri untuk melepaskan tangan Moms dan melakukan semuanya sendiri.

Baca Juga: 5 Pose Yoga yang Bisa Moms Lakukan Bersama Bayi

5. Latihan Koordinasi Tangan dan Mata

Ikuti 5 Pose Yoga untuk Bayi Ini Moms -5.jpg

Foto: Parenting.firstcry.com

Latihan koordinasi tangan dan mata juga bisa dilakukan dengan yoga lho. Ini dia pose yoga untuk bayi yang bisa membamtu Si kecil latihan koordinasi tangan dan mata.

  • Tangkap Mainan: Ikatkan pita berwarna cerah ke mainan bayi dan biarkan pita menjuntai di depan Si Kecil. Ini akan membuat bayi bergerak untuk menangkapnya. Hal ini membantu meningkatkan keterampilan koordinasi tangan-mata, sambil membantu bayi belajar keseimbangan saat bayi membungkuk untuk meraihnya.
  • Tatap Gelembung: Coba dudukkan bayi di kursi dan tiup gelembung di depannya. Perhatikan saat bayi mengikuti gelembung. Bayi bahkan mungkin mengangkat tangannya untuk mencoba mendapatkannya. Ini akan membantu menyempurnakan keterampilan motorik dan koordinasi tangan-mata menjadikannya salah satu latihan bayi yang paling sederhana namun efektif.

Kegiatan latihan yoga untuk bayi ini sangat sederhana dan bisa dilakukan di rumah dengan Si Kecil kapanpun.

Artikel Terkait