NEWBORN
16 Oktober 2018

Bagaimana Posisi Anak yang Benar Saat Imunisasi?

Moms harus memastikan posisi bayi nyaman saat dilakukan imunisasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Anak-anak seringkali menolak untuk dilakukan imunisasi. Hal ini disebabkan karena perasaan takut mereka terhadap jarum suntik yang dianggap sakit bila mengenai lokasi tempat suntikan. Orang tua pun harus membantu anak pada saat imunisasi diberikan.

Beberapa anak ada yang mengalami tantrum atau bergerak aktif saat dilakukannya imunisasi, sehingga orang tua harus ekstra tenaga untuk menahan anak. Lalu, bagaimanakah posisi yang benar bagi anak saat imunisasi?

Baca Juga: 6 Tips Efektif Atasi Demam Anak Setelah Imunisasi

Posisi Anak yang Benar Saat Imunisasi

shutterstock 683747140

Rasa sakit pada saat dilakukannya imunisasi memberikan dampak fisik dan psikologis pada anak. Oleh karena itu, beberapa metode memposisikan anak saat penyuntikan imunisasi seringkali dilakukan.

Namun, belum ada posisi yang pas yang ditemukan untuk bayi atau anak yang akan diimunisasi.

Pada bayi usia 2 bulan posisi bayi telentang mengurangi rasa nyeri bila dibandingkan dengan posisi bayi ditegakkan.

Jika posisi ini dilakukan sambil menyusui, diharapkan dapat menjadi salah satu kombinasi yang dapat dilakukan oleh orang tua saat anak mereka diimunisasi.

Baca Juga: Mengapa Anak Perlu Mendapatkan Imunisasi Ulang?

shutterstock 332360336

Posisi lain yang dapat dilakukan orang tua adalah posisi memeluk anak dari samping. Posisikan bayi dalam kondisi duduk menyamping di paha Moms, satu tangan menahan kaki anak dan tangan yang lainnya menahan kedua lengan anak.

Keuntungan dari posisi ini adalah bagian lengan dan kaki dapat ditahan bila anak bergerak, anak juga akan merasa nyaman karena kontak langsung dengan orang tuanya.

Selain posisi ini, posisi memeluk dari depan dengan cara mendudukkan anak di atas paha anda sambil memeluknya dari depan juga dapat dilakukan.

Pada bayi yang baru lahir, posisi bayi dengan kaki dilipat dapat dilakukan saat imunisasi. Penelitian mengemukakan bahwa bayi yang baru lahir dengan posisi kaki dilipat pada saat imunisasi bila dibandingkan dengan bayi baru lahir dengan posisi terlentang akan lebih tenang dan mengurangi nyeri saat dilakukan imunisasi. Jadi, pastikan posisi anak nyaman sehingga vaksinasi dapat dengan aman diberikan.

Sumber:

1. Yin HC, Cheng SW, Yang CY, Chiu YW, Weng YH. Comparative survey of holding position for reducing vaccination pain in young infant. Pain Research and Management. 2017.

2. World Health Organization. Immunization in practices.

3. Kucukoglu S, Kurt S, Aytekin A. The effect of facilitated tucking position in reducing vaccination-induced pain in newborns. Italian Journal of Pediatric.

Artikel Terkait