GAYA HIDUP
11 April 2020

6 Aturan Posisi Duduk saat Bekerja agar Badan Tidak Mudah Pegal saat WFH

Coba posisi ini agar tidak lelah ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Pekerja kantor yang duduk di depan komputer sepanjang hari dapat menimbulkan penurunan kesehatan. Menggunakan komputer akan menyebabkan rasa sakit paling parah di tangan, pergelangan tangan, lengan, dan bagian punggung.

Ada banyak risiko cedera traumatis. Karena itu, kita perlu secara aktif menyesuaikan posisi duduk, terlebih lagi di tengah kondisi WFH seperti ini. Pegal saat bekerja dapat memengaruhi kinerja pekerjaan kita.

Bagaimana posisi duduk yang baik saat WFH?

Baca Juga: Bahaya Mengonsumsi Frozen Food Terus Menerus saat WFH

Posisi Duduk agar Tidak Pegal saat Bekerja

Agar bekerja WFH bisa berlangsung secara aman dan nyaman, beberapa tips berikut ini bisa diterapkan.

1. Sesuaikan Kursi Kita

posisi duduk saat bekerja

Foto: pinterest.com

Jurnal How to Sit at Your Desk Correctly mengajarkan posisi duduk saat bekerja yang tepat adalah dengan menyesuaikan tinggi kursi sehingga kita dapat menggunakan keyboard dengan pergelangan tangan dan lengan lurus dan sejajar dengan lantai. Ini dapat membantu mencegah cedera regangan berulang.

Siku kita harus berada di samping tubuh sehingga lengan membentuk L-shape pada sambungan siku.

2. Dukungan Punggung saat Duduk

posisi duduk saat bekerja

Foto: Orami Photo Stock

Kurangi risiko sakit punggung dengan menyesuaikan kursi sehingga punggung bagian bawah didukung dengan benar.

Kursi yang disesuaikan dengan benar akan mengurangi ketegangan pada punggung. Pilih kursi yang mudah disesuaikan sehingga kita dapat mengubah ketinggian, posisi belakang, dan kemiringan. Lutut harus sedikit lebih rendah dari pinggul. Gunakan pijakan kaki, jika dirasa perlu.

Baca Juga: 9 Gerakan Mudah untuk Mencegah Nyeri Punggung saat Hamil

3. Posisikan Kaki di Lantai

fokus bekerja WFH

Foto: Orami Photo Stock

Letakkan kaki dengan rata di lantai. Jika tidak, tanyakan apakah kita dapat memiliki sandaran kaki, yang memungkinkan untuk mengistirahatkan kaki pada tingkat yang nyaman.

Jangan menyilangkan kaki, karena hal ini dapat menyebabkan masalah terkait postur. Dengan menghindari ini maka kita akan terlepas dari pegal saat bekerja

4. Tempatkan Layar Setinggi Mata

fokus bekerja WFH

Foto: Orami Photo Stock

Posisi duduk saat bekerja selanjutnya adalag dengan menyesuaikan layar. Bagian ini harus diarahkan langsung di depan kita. Panduan yang baik adalah menempatkan monitor sekitar satu lengan jauhnya, dengan bagian atas layar kira-kira setinggi mata.

Untuk mencapai posisi ini, Moms mungkin memerlukan dudukan monitor. Jika layar terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka harus menekuk leher, yang bisa membuat kita jadi tidak nyaman.

Baca Juga: Suami Jarang Memberi Kabar Saat Bekerja, Normalkah?

5. Letakkan Keyboard Lurus di Depan

fokus bekerja WFH

Foto: talklocal.com

Tempatkan keyboard di depan kita saat mengetik. Sisakan jarak sekitar 4 hingga 6 inci (100mm-150mm) di bagian depan meja untuk mengistirahatkan pergelangan tangan di antara waktu mengetik.

Biarkan lengan ditekuk dalam bentuk L dan siku di sisi tubuh. Beberapa orang suka menggunakan sandaran tangan untuk menjaga pergelangan tangan mereka tetap lurus dan sejajar dengan tombol.

6. Mouse Harus Mudah Dijangkau

fokus bekerja WFH

Foto: freepik.com

Posisikan dan gunakan mouse sedekat mungkin dengan kita. Alas mouse dengan bantalan pergelangan tangan dapat membantu menjaga pergelangan tangan tetap lurus dan menghindari tekukan.

Jika Moms tidak menggunakan keyboard, dorong ke satu sisi untuk menggerakkan mouse lebih dekat dengan tubuh. Posisi mouse dengan cara duduk yang tepat saat bekerja akan mencegah pegal.

Baca Juga: 7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, Bisa Beragam

7. Beristirahatlah dengan Teratur

fokus bekerja WFH

Foto: goalcast.com

Jangan duduk dalam posisi yang sama terlalu lama. Pastikan mengubah postur sesering mungkin.

Penting untuk diingat harus sering mengistirahatkan tubuh kita. Berdiri sejenak akan membatu tubuh terlepas dari rasa pegaL saat bekerja.

Dengan mengikuti posisi duduk saat bekerja ini, tubuh akan terlepas dari rasa pegal saat WFH.

Artikel Terkait