KELUARGA
30 Agustus 2020

5 Posisi Seks untuk Membakar Kalori, Bikin Tubuh Makin Fit!

Posisi seks yang cukup menantang bisa membuat tubuh membakar lebih banyak kalori
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kegiatan seksual membuat jantung berdegup kencang dan merilis hormon-hormon positif seperti endorphin dan oxytocin di otak yang membuat Moms dan Dads merasa bahagia dan memberikan dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan.

Sebagai aktivitas yang sama-sama membuat Moms dan Dads berkeringat, apakah berhubungan seks juga sama seperti berolahraga?

Posisi Seks untuk Membakar Kalori

Penelitian yang berjudul Energy Expenditure during Sexual Activity in Young Healthy Couples menunjukkan indikasi pengeluaran energi saat melakukan kegiatan seksual, mulai dari foreplay hingga mencapai klimaks minimal satu kali, adalah sekitar 85 kCal atau 3,6 kCal per menit pada pasangan muda yang sehat.

Menurut peneliti, hasil ini dapat menjadi pertimbangan bahwa kegiatan seksual dapat dianggap sebagai olahraga. Jadi, bisa disimpulkan, berhubungan seks dapat menjadi kegiatan yang membakar kalori dengan cara yang menyenangkan.

Lalu apa saja posisi seks untuk membakar kalori lebih banyak? Berikut daftarnya!

Baca Juga: 5 Posisi Oral Seks Terbaik untuk Perempuan, Coba Dads!

1. Cowgirl

posisi seks untuk membakar kalori 1.jpg

Foto: Pixabay.com

Dalam jangka waktu 30 menit, pada posisi seks ini rata-rata wanita akan membakar sekitar 122 kCal dengan gerakan yang moderat (tidak lambat dan tidak terlalu cepat). Jika ingin membakar lebih banyak kalori, Moms bisa melakukan posisi seks Cowgirl dengan berjongkok. Cara ini dapat membakar hingga 172 kCal, lho.

Jika Moms memiliki energi yang cukup banyak dan melakukan posisi sisi dengan gerakan yang cepat, kalori yang terbakar dapat mencapai 220 kCal per 30 menit.

2. Standing

posisi seks untuk membakar kalori 2.jpg

Foto: Freepik.com

Jika Moms dan Dads pernah mencoba posisi seks yang sambil berdiri, mungkin akan sadar posisi ini cukup melelahkan. Ternyata posisi seks sambil berdiri dapat membakar hingga 165 kCal per 30 menit untuk Moms dan 220 kCal untuk Dads.

Tidak mengherankan mengingat berdiri selama 30 menit saja sudah cukup membuat pegal, apalagi sambil berhubungan seks, bukan?

3. Doggy Style

posisi seks untuk membakar kalori 3.jpg

Foto: Freepik.com

Posisi seks Doggy Style yang populer ini juga dapat menjadi pilihan sebagai posisi untuk membakar kalori. Normalnya, Dads akan membakar sekitar 150 kCal per 30 menit dan Moms membakar sekitar 100 kCal.

Untuk membakar lebih banyak kalori, Moms dapat ikut menggerakkan otot perut dan kaki, membuat pinggul bergerak maju dan mundur sesuai irama dibandingkan hanya bertumpu pada kedua kaki dan tangan serta menerima penetrasi saja. Cara ini dapat membuat Moms membakar hingga 135 kCal per 30 menit.

Baca Juga: 6 Posisi Seks untuk Wanita yang Lebih Tinggi dari Suami

4. Boink and Bounce

posisi seks untuk membakar kalori 4.jpg

Foto: Pixabay.com

Moms yang ingin sekaligus full body workout juga bisa mencoba posisi seks untuk membakar kalori ini. Dads bisa duduk di lantai dengan kaki terlipat dan tangan di lantai sebagai tumpuan tubuh yang bersandar ke belakang.

Lalu, Moms duduk di atasnya dengan kaki berada di lantai, tangan bertumpu pada lutut atau paha depan Dads untuk menjaga keseimbangan. Lalu, penetrasi dapat dilakukan sambil bergerak ke atas dan ke bawah. Pada posisi seks ini, otot triceps, perut bawah, dan paha belakang Moms akan bekerja dan membuat tubuh terasa lebih kencang.

5. Kneeling Wheelbarrow

posisi seks untuk membakar kalori 5.jpg

Foto: Freepik.com

Bukan tanpa alasan posisi seks ini termasuk posisi untuk membakar kalori. Mirip gerakan yoga, posisi ini melatih keseimbangan dan otot sekaligus.

Kneeling Wheelbarrow dimulai dengan Moms bertumpu pada kedua tangan dan kaki seperti pada posisi seks doggy style, kemudian Dads yang berlutut di belakang Moms membantu mengangkat kaki Moms satu per satu.

Disarankan Dads memegang kaki Moms pada area atas lutut. Setelah kedua kaki Moms berada di tangan Dads dan terangkat, Moms akan bertumpu mengandalkan kekuatan tangan dan punggung bawah, seperti saat planking dan lakukan penetrasi.

Baca Juga: 6 Posisi Seks untuk Pria Buncit, Wajib Tahu!

Posisi Seks Terbaik untuk Bakar Kalori

posisi seks bakar kalori

Foto: Orami Photo Stock

Posisi seks terbaik untuk membakar kalori telah terungkap dalam penelitian. Dikutip dari Dailymail.co.uk, GolfSupport.com melakukan survei terhadap 112 pasangan dengan Fitbits, untuk mengetahui posisi seks mana yang menghasilkan latihan terbaik.

Hasilnya mengungkapkan bahwa wanita membakar kalori paling banyak selama The Squat, antara 188 dan 224 kalori, tergantung pada 'kecepatan dan intensitas' mereka.

Posisi seks squat melibatkan wanita yang melakukan posisi latihan populer di atas pria, yang berbaring rata.

Wanita yang tenggelam dalam posisi ini dan melakukannya dengan kecepatan yang lebih cepat dan intens kehilangan hingga 224 kalori. Sedangkan pria hanya membakar 50 kalori pada posisi tersebut.

Posisi kedua dalam daftar untuk wanita adalah posisi yang lebih maju lagi, Butter Churner. Diketahui bahwa mereka yang cukup berani untuk mencobanya dapat kehilangan sekitar 179 dalam 30 menit.

Baca Juga: 5 Posisi Seks untuk Suami Istri dengan Perbedaan Tinggi Badan yang Jauh

Untuk pria, posisi ini membakar lebih banyak kalori, karena mereka lebih terkontrol. Faktanya, seorang pria bisa membakar sekitar 211 kalori sambil melakukan posisi Butter Churner, menjadikannya olahraga seks terbaik untuk mereka.

Posisi ini mengambil namanya dari Butter Churner, perangkat kuno dengan alat jenis kocok yang diletakkan di atas mentega dan dicelupkan ke dalamnya untuk memecahnya.

Posisi seks melibatkan pria yang berdiri di atas wanita, dan 'jongkok dan menyodorkan', sedangkan wanita berbaring di bawah pria dengan kaki ditekuk ke belakang.

Sementara itu, penelitian lebih lanjut menemukan Kneeling Wheelbarrow membakar sekitar 149 kalori untuk wanita, sedangkan pria akan membakar sekitar 167 kalori.

Satu lagi yang mendukung pemberani adalah posisi berdiri. Faktanya, ini adalah posisi paling intens kedua untuk pria, yang membakar sekitar 198 kalori untuk mencoba bersenang-senang sambil tidak menjatuhkan pasangannya.

Wanita juga perlu berusaha untuk tidak jatuh, membuat mereka membakar sekitar 145 kalori dalam posisi ini.

Baca Juga: 7 Posisi Seks Unik untuk Mencapai Multiorgasme

Tapi Spooning dan The Eagle adalah posisi yang paling sedikit membakar kalori untuk wanita, kurang dari 150, sedangkan pria paling sedikit berusaha selama Cowgirl dan reverse Cowgirl, kurang dari 140.

Sementara Misionaris tidak masuk 12 posisi teratas untuk wanita, ia mendekati di nomor 13, dengan wanita kehilangan sekitar 47 kalori dalam posisi ini.

Namun pria kehilangan hampir tiga kali lipat jumlah kalori selama Misionaris, sekitar 144 kalori.

Kegiatan seksual tentunya terasa lebih menyenangkan daripada berlari di treadmill selama 30 menit. Sama-sama membakar kalori, Moms dan Dads dapat berolahraga bersama dengan lebih menyenangkan. Jadi, tertarik melakukan posisi seks untuk membakar kalori yang mana, nih? Jangan lupa stretching, ya!

Artikel Terkait