KELUARGA
8 Juli 2020

Selama di Rumah, Ini 5 Posisi Seks yang Juga Berfungsi Sebagai Olahraga Kardio

Selama di rumah, buat hubungan rumah tangga makin erat dengan posisi seks ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Amelia Puteri

Bagi Moms dan Dads yang tidak bisa kemana-mana selama wabah COVID-19, tetapi terbiasa pergi ke gym atau berolahraga di luar rumah, pasti merasa jenuh dan kurang olahraga.

Tenang saja, ada beberapa posisi seks bisa menjadi pengganti olahraga kardio dan latihan otot di gym lho, Moms!

Sebuah penelitian dari jurnal National Library of Medicine yang mengukur detak jantung responden, menemukan bahwa rata-rata detak jantung seseorang akan mencapai puncaknya pada awal orgasme, kemudian kembali normal setelah 10-20 menit kemudian.

Yuk, cari tahu posisi seks apa saja yang juga berfungsi sebagai olahraga kardio berikut ini.

Posisi Seks yang Juga Berfungsi Sebagai Olahraga Kardio

Meskipun tidak dapat menggantikan peran latihan kardio sepenuhnya, tetapi posisi seks ini cukup untuk kebutuhan latihan kardio harian Moms dan Dads selama di rumah saja.

1. Doggy Style

Posisi Seks yang Berfungsi Juga Sebagai Kardio 1.jpg

Foto: freepik.com

Posisi ini mengharuskan Moms menjaga keseimbangan pada empat titik tumpuan, yaitu kedua lengan dan kaki. Normalnya, posisi ini dapat membantu melatih otot perut dan lengan atas.

Untuk memberikan manfaat lebih pada otot bahu dan badan atas, Moms dapat melakukan variasi dengan meletakkan tangan di dinding daripada di ranjang.

Baca Juga: Sudah Lama Menikah, Coba 5 Posisi Seks Ini untuk Mengembalikan Gairah

2. Missionary

Posisi Seks yang Berfungsi Juga Sebagai Kardio 2.jpg

Foto: freepik.com

Dengan sedikit inisiatif, posisi seks klasik ini ternyata bisa membantu Moms melatih kardio dan otot-otot perut dan bokong, lho. Posisi missionary juga bisa menjadi olahraga kardio.

Jika biasanya posisi ini membuat Moms lebih pasif, cobalah untuk membalas dorongan dengan menggerakkan pinggul seirama dengan Dads. Usahakan menggunakan otot perut untuk mengangkat pinggul, bukan dari punggung bawah.

Melansir Bustle, bagi Dads yang tidak mau ketinggalan, selama melakukan posisi ini Dads bisa menahan berat tubuh dengan lengan seperti pada plank.

3. Cowgirl

Posisi Seks yang Berfungsi Juga Sebagai Kardio 3.jpg

Foto: freepik.com

Pada dasarnya, posisi woman-on-top ini mewajibkan Moms bergerak lebih banyak, sehingga cukup banyak memompa jantung dan cepat melelahkan. Hal ini menjadikan posisi cowgirl juga bisa sebagai latihan kardio.

Jika ingin membuat posisi ini bermanfaat untuk lebih mengencangkan otot paha, Moms bisa menaruh kaki di samping tubuh Dads sehingga membentuk posisi seperti squat dan berikan variasi dengan menggerakkan pinggul ke atas dan bawah.

Ketika merasa otot sudah lelah, Moms tinggal kembali ke posisi cowgirl yang biasa, yaitu bertumpu pada lutut dan kaki terlipat rileks.

Baca Juga: 5 Jenis Latihan Olahraga Agar Lebih Menikmati Posisi Seks Woman on Top

4. Standing

Posisi Seks yang Berfungsi Juga Sebagai Kardio 4.jpg

Foto: freepik.com

Bila tinggi Moms dan Dads tidak berbeda terlalu jauh, selain untuk olahraga kardio, posisi seks berdiri dapat melatih otot perut, kaki, dan tangan.

Untuk latihan otot bagian kaki dan perut, posisi ini dapat dilakukan dengan satu kaki yang memeluk dan satunya lagi menjaga keseimbangan serta menahan tubuh tetap tegak.

Jika Moms memutuskan untuk mengangkat kedua kaki dan memeluk tubuh, maka otot tangan yang bergelantung menahan berat tubuh akan bekerja lebih banyak.

5. Bridge

Posisi Seks yang Berfungsi Juga Sebagai Kardio 5.jpg

Foto: freepik.com

Bagi Moms yang sering mengikuti yoga, posisi bridge pasti sudah tidak asing. Tetapi, posisi seks ini akan menjadi tantangan tersendiri karena cukup sulit dipertahankan dengan mengandalkan kekuatan otot lengan, kaki, dan bokong.

Untuk membantu beban tubuh, Moms bisa meletakkan bantal di bawah punggung. Kemudian dari posisi terlentang, secara perlahan angkat badan dengan bantuan kaki dan dorongan tangan dari samping telinga.

Mengutip Shape, kecuali Moms memang sudah terlatih, posisi ini tidak dianjurkan untuk dilakukan terlalu lama.

Baca Juga: 4 Posisi Seks Mudah Tapi Bisa Berikan Sensasi Baru, Yuk Coba!

Meskipun posisi seks di atas juga bisa menjadi olahraga kardio, tetapi sama seperti latihan olahraga pada umumnya, jangan paksakan tubuh untuk mencapai posisi yang diinginkan, agar menghindari cedera pada otot.

Bila memungkinkan, lakukan stretching sebagai pemanasan dan pendinginan setelah melatih otot cukup keras. Tidak perlu terlalu serius berlatih karena hubungan seks sebaiknya dinikmati bersama pasangan ya, Moms.

Artikel Terkait