TREN
1 September 2019

Presiden Jokowi Umumkan Pemindahan Ibu Kota ke Dua Kota di Kalimantan Timur

Luas ibu kota negara yang baru setara dengan 3 kali luas DKI Jakarta

Sumber: instagram.com/jokowi

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Ada yang baru di postingan akun Instagram Presiden Joko Widodo. Akhirnya penetapan ibu kota baru Indonesia, telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam akun Instagram-nya, Jokowi post sebuah gambar yang menunjukan lokasi ibu kota yang baru di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Simak Gaya Keluarga Presiden Jokowi Saat Rayakan HUT RI

Mengutip dari Kompas.com, kabar resmi ini juga sudah disampaikan secara resmi oleh Jokowi pada 26 Agustus kemarin, di Istana Negara.

Jokowi menyebutkan bahwa ibu kota baru di Kalimantan Timur ini dibagi dalam dua bagian, yaitu di sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Mengapa Kalimantan Timur?

ibu kota baru

Foto: instagram.com/jokowi

Penetapan lokasi ibu kota baru ini, ditetapkan setelah dilakukan kajian mendalam dan mengintensifkan studinya dalam 3 tahun terakhir.

Penetapan lokasi ibu kota baru ini, ditetapkan setelah dilakukan kajian mendalam dan mengintensifkan studinya dalam 3 tahun terakhir.

Menurut Jokowi, pemindahan ibu kota ini dilakukan karena beberapa alasan. Salah satunya karena penduduk Jakarta yang sudah mencapai 150 juta jiwa atau setara dengan 54% seluruh penduduk Indonesia.

Hal ini dinilai akan memperberat beban Jakarta sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa.

Baca Juga: Deretan Artis dan Musisi Diundang Jokowi ke Istana Bogor, Siapa Saja Mereka?

Selain itu, alasan kepadatan lalu lintas dan risiko bencana alam pun turut dipertimbangkan.

Menurut Jokowi, Kalimantan Timur memiliki risiko bencana yang sedikit. Baik itu bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, dan tanah longsor.

Lebih Luas dari Jakarta

ibu kota baru

Foto: instagram.com/jokowi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pulau-pulau di Kalimantan adalah pulau-pulau terbesar di Indonesia, begitu juga Kalimantan Timur.

Kedua kabupaten di Kalimantan Timur yang resmi menjadi ibu kota baru ini memiliki total luas 3.059.616 hektar.

Kabupaten Penajam Paser Utara seluas 333.306 hektar dan Kabupaten Kutai Kartanegara seluas 2.726.310 hektar.

Baca Juga: Ini Dia Makanan Favorit Jokowi, Ma'ruf, Prabowo, dan Sandi!

Sementara itu juga disebutkan bahwa di Kalimantan Timur sudah tersedia lahan pemerintah seluas 180.000 hektare. Jumlah yang cukup besar dan menjadi salah satu alasan

Bila dibandingkan dengan Ibu kota Jakarta saat ini, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta menyebut, luas ibu kota DKI Jakarta saat ini adalah 66.233 hektare.

Dengan luas lahan pemerintahan 180.000 hektare, jumlah ini hampir setara dengan 3 kali luas DKI Jakarta. Wow, besar sekali ya Moms!

Artikel Terkait